UNTUK INDONESIA
Lima Menu Sarapan Pagi yang Menggugah Selera
Sarapan pagi dibutuhkan untuk mengisi energi tubuh agar lebih prima untuk beraktivitas sebelum bekerja. Terdapat lima makanan lezat khas Indonesia.
Nasi liwet. (Foto: Instagram/@tmcatering_)

Jakarta - Sebelum memulai rutinitas padat seharian, sarapan pagi sebaiknya jangan sampai terlewatkan untuk menjaga pola hidup sehat.

Bukan hanya soal mengisi perut, sarapan juga memiliki beragam manfaat penting bagi tubuh. Tak hanya bagi anak, tapi juga orang dewasa. 

Sarapan dibutuhkan agar lebih berenergi dalam menjalani aktivitas.

Berikut Tagar informasikan lima kuliner pagi yang menggugah selera, khas Indonesia:

1. Nasi Uduk

Nasi udukNasi uduk. (Foto: Instagram/@jualfoodie)

Nasi uduk merupakan makanan asli Indonesia, utamanya di Jakarta, ada menu nasi uduk Betawi.

Berbahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan, sehingga rasanya sangat legit, makin nikmat apabila diguyur kuah semur telur dan tahu. Cocok untuk energi pagi. 

2. Nasi Pecel

Nasi pecelNasi pecel. (Foto: Instagram/@jogjabikinlaper)

Kuliner khas Jawa Timur dan Jawa Tengah ini menjadi makanan yang sangat menyehatkan karena banyak mengandung serat.

Paduan nasi, sayuran hijau, tahu, tempe yang disiram sambal kacang pedas manis, menjadikan menu ini pas untuk sarapan pagi.

3. Nasi Kuning

Nasi kuningNasi kuning. (Foto: Instagram/@ssfoodtravel)

Nasi kuning tentu salah satu makanan asli Indonesia yang bisa ditemukan di beberapa daerah seperti Jawa, Bali hingga Sulawesi.

Berbeda dengan nasi putih biasa, nasi berwarna kuning ini dimasak dari beras yang dicampur dengan kunyit, dibubuhi santan dan rempah-rempah lainnya, sehingga terasa lebih gurih dari nasi biasa.

Terlebih apabila ditambah teri kacang, telur, ayam, makin nikmat saja rasanya. Jangan lupa, cocol dengan sambal untuk tambah nafsu makan. 

4. Nasi Liwet

Nasi liwetNasi liwet. (Foto: Instagram/@tmcatering_)

Tidak hanya terkenal sebagai kota lahirnya Presiden Jokowi, kuliner khas Solo yang cukup populer hingga ke seantero daerah adalah nasi liwet.

Dimasak dengan paduan santan, daun pandan, daun salam, lengkuas dan rempah lainnya, membuat nasi liwet menjadi sangat gurih apabila ditambah lagi dengan ayam goreng atau ikan nila goreng.

5. Bubur Ayam

Bubur ayamBubur ayam. (Foto: Instagram/@amazingmalangeats)

Makanan ini  bisa dijumpai di seluruh pelosok negeri seperti Jakarta, Surabaya, Medan dan juga daerah lainnya di Indonesia.

Disajikan dengan potongan suwiran daging ayam, seledri, cacahan cakwe, dan kacang kedelai, membuat bubur ayam memiliki cita rasa yang lezat dan sangat pas untuk dinikmati saat pagi hari. []

Berita terkait
Enam Kuliner Maknyoss Asal Surabaya
Surabaya merupakan kota yang indah. Selain terkenal dengan sebutan kota pahlawan, kota ini juga memiliki beraneka ragam khas makanan.
Enam Makanan Khas Malang
Jika sudah berada di Malang, jangan ragu untuk mencoba makanan khas yang ada di sana. Selain bakso Malang, ada makanan lain yang enak.
5 Masakan Khas Kutai Kartanegara, Ibu Kota Indonesia
Selain memiliki kekayaan alam, budaya, dan seni, ibu kota baru Indonesia Kutai Kartanegara juga terkenal dengan 5 masakan tradisionalnya.
0
Nabi Hud AS, Sebelum Angin Membinasakan Segala
Kenapa angin bertiup sehebat-hebatnya selama tujuh malam delapan hari membinasakan Ad, kaum bertubuh besar dan kuat pada zaman Nabi Hud AS.