9 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Lagi Hits dan Kekinian

Yogyakarta sudah punya puluhan tempat wisata baru yang lagi hits, kekinian, dan Instragramable buat dikunjungi. Inlah deretannya.
Teras Kaca Pantai Nguluran. (Foto: Tagar/iSt)

TAGAR.id, Jakarta - Berkunjung ke Yogyakarta cuma mampir ke Malioboro atau Pantai Parangtritis aja. Padahal, Yogyakarta sudah punya puluhan tempat wisata baru yang lagi hits, kekinian, dan Instragramable buat dikunjungi.

Berikut tempat wisata di Yogyakarta untuk referensi liburanmu selanjutnya, mulai dari ujung utara hingga selatan. Dijamin gak pengin pulang, deh!


1. Kaliadem

Kalau pernah liat posting-an temanmu berfoto dengan latar Gunung Merapi yang gagah tepat di belakangnya, itu pasti di kawasan Kaliurang. Tepatnya di Bungker Kaliadem.

Selain bisa belajar banyak tentang sejarah letusan Gunung Merapi, kamu juga bisa menemukan innerpeace, karena hawanya sejuk, sepi, dan bisa banget buat melepas penat. Kalau kamu sudah bisa foto seperti di atas ini, selamat level petualanganmu baru saja naik satu tingkat!


2. Museum Ullen Sentalu

Turun sedikit dari kawasan Kaliurang, kamu bisa mampir ke Museum Ullen Sentalu. Meski bukan tergolong wisata baru, museum ini jadi destinasi wisata antimainstream.

Gak cuma bangunan museumnya saja yang unik, kamu juga bisa menemukan karya seni dari seniman-seniman Yogya di masa lalu. Menariknya lagi, kamu juga bisa belajar sejarah tentang Kerajaan Mataram yang masyhur itu. Seperti kata Bung Karno, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya.


3. Taman Pelangi

Masih di utara Yogyakarta, kamu bisa menikmati suasana malam bersama ratusan lampion di sini. Taman Pelangi masih satu kawasan dengan Museum Monumen Jogja Kembali di Jalan Ring Road Utara, Sariharjo, Kabupaten Sleman.

Kamu bisa mengunjunginya saat malam. Jadi gak cuma ke Alun-alun Kidul atau Malioboro yang sudah ramai pengunjung, deh.


4. Wisata Kalibiru

Lokasinya ada di bagian barat Yogyakarta. Buat kamu yang gak alergi dengan ketinggian, tempat ini jadi destinasi yang seru banget.

Kamu bisa berfoto di atas ketinggian dari sebuah panggung dan pohon berlatar belakang jurang. Tenang, kamu bakal dibekali dengan alat pengaman ketika naik panggung tinggi, kok. Jadi tetap nyaman dan aman saat berfoto ria.


5. Air Terjun Kedung Pedut

Suasananya pasti bikin betah, karena warga sekitar yang ramah membuat atmosfer di wisata air terjun ini jadi super nyaman. Di sekitar tempat wisata ada banyak warga yang menjual hasil panennya, seperti durian yang manis hasil perkebunan lokal.

Meski di desa, tapi fasilitas di sini lengkap, seperti tempat ibadah, toilet umum, hingga gazebo untuk beristirahat. Kamu juga boleh main air sepuasnya, tapi tetap hati-hati ya! Kalau penasaran bisa langsung menuju desa Jatimulyo, Kulon Progo.


6. Embung Nglanggeran Gunung Kidul

Dari barat kita bergeser ke timur Yogyakarta, tepatnya di daerah Gunung Kidul. Embung Nglanggeran merupakan danau buatan yang dulunya diperuntukkan sebagai irigasi masyarakat sekitar.

Namun potensi wisata yang besar, membuat danau dengan pemandangan sangat menawan ini jadi tempat pelesiran favorit di Gunung Kidul. Kamu bisa ke sini kapan saja, karena buka 24 jam. Lokasinya berada di Nglanggeran, Patuk, Yogyakarta


7. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti cukup populer di deretan pantai eksotis timur Yogyakarta. Pasir putih dan pemandangannya yang indah menjadi andalannya.

Harga makanan dan sewa tikar plus payung yang terjangkau jadi alasan kenapa banyak wisatawan menyukainya. Fasilitasnya pun lengkap, seperti tempat ibadah, toilet bersih, dan penginapan dengan harga bervariasi.


8. Teras Kaca Pantai Nguluran

Nah, ini dia tempat wisata di Yogyakarta yang lagi hits banget di Gunung Kidul, namanya Teras Kaca. Wisata baru yang terletak di Pantai Nguluran ini wajib dikunjungi para pemburu spot epik demi feed Instagram yang estetik.

Apa sih yang bikin epic ? Tentu saja teras kaca yang berdiri di atas pantai curam ini. Meski dijamin aman oleh pengelola, tapi butuh keberanian ekstra buat bisa bergaya di sini.


9. Tebing Breksi

Bekas lokasi tambang ini berubah jadi destinasi aestetik yang tak pernah sepi pengunjung. Dari sini kita bisa menikmati pemandangan kota Yogyakarta, Candi Prambanan, dan Gunung Merapi.

Lokasinya mudah dicapai dan gak jauh dari Kota Yogyakarta, yakni di kawasan Sambirejo, Prambanan. Jangan lupa bawa payung waktu berkunjung siang bolong, karena mataharinya terik sekali.

( Iskandar Isnan )

Berita terkait
5 Destinasi Wisata Libur Lebaran di Jabodetabek
Ada sejumlah tempat menarik di sekitar ibu kota yang bisa didatangi untuk melepaskan rasa suntuk selama pandemi dan menjadi bahan bakar semangat.
Inilah 7 Destinasi Wisata Religi di Vatikan
Negara terkecil di dunia yang berbatasan dengan Roma, Italia ini merupakan Kota Suci sekaligus rumah Paus, pemimpin tertinggi Gereja Katolik.
5 Destinasi Wisata Bandung yang Nggak Nguras Kantong
Tiap akhir pekan, ada ribuan atau bahkan puluhan ribu masyarakat Jakarta yang memilih Kota Bandung sebagai destinasi liburan pendek mereka!
0
9 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Lagi Hits dan Kekinian
Yogyakarta sudah punya puluhan tempat wisata baru yang lagi hits, kekinian, dan Instragramable buat dikunjungi. Inlah deretannya.