Kenali 5 Efek Samping Diet Karbo Sebelum Menjalaninya

Menurut penelitian, diet karbo yang berlebihan ternyata dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta – Diet karbo dilakukan dengan cara mengurangi asupan karbohidrat atau menghindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi untuk menurunkan berat badan. Contoh makanan berkarbohidrat adalah pasta, roti, nasi, sereal, serta buah dan sayur yang mengandung karbohidrat.

Menurut penelitian, diet karbo yang berlebihan ternyata dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan. dilansir dari berbagai sumber, berikut efek samping diet karbo yang perlu Anda ketahui.


1. Kolesterol

Pada dasarnya, tubuh memerlukan karbohidrat. Dengan mengurangi asupan karbohidrat biasanya mereka yang menjalani diet ini akan menggantinya dengan makanan lain. Makanan yang bisa dimakan untuk menggantikan karbohidrat yaitu lemak. Tetapi, konsumsi lemak yang berlebihan justru menimbulkan masalah kesehatan lain karena bisa menaikkan kadar kolesterol pada tubuh.


2. Flu rendah karbohidrat

Mereka yang mulai menjalani diet karbo yang sangat rendah setelah mereka terbiasa makan banyak karbohidrat dapat menderita flu rendah karbohidrat. Gejala flu ini seperti kelelahan, kabut otak, dan sakit kepala.

Kondisi ini dapat diminimalkan dengan memastikan untuk tetap terhidrasi dan memiliki cukup garam. Hal ini karena flu rendah karbohidrat biasanya merupakan hasil dari tubuh yang mengeluarkan cairan dan garam dari tubuh selama berminggu-minggu di awal diet.


3. Serangan jantung

Akibat mengonsumsi lemak atau menggantikan karbohidrat dengan lemak bisa menyebabkan timbunan lemak. Timbunan lemak ini akan menyebabkan munculnya kolesterol yang berbahaya untuk kesehatan. Dampak dari kolesterol dalam tubuh yang terlalu tinggi adalah serangan jantung dan penyakit jantung lain.


4. Kekurangan nutrisi

Biasanya banyak orang yang menjalani diet karbohidrat menjadi lebih sehat, tetapi tidak selalu demikian. Diet rendah karbohidrat dapat menyebabkan kekurangan nutrisi, meskipun hal ini kecil kemungkinannya terjadi.


5. Sembelit

Ketika Anda merubah pola makan secara signifikan ke diet karbo, maka hal yang umum terjadi adalah masalah pencernaan. Namun, efek samping seperti ini akan segera pergi ketika tubuh Anda sudah terbiasa dengan perubahan tersebut. Jadi jangan khawatir jika Anda mengalami gejala seperti sembelit dalam proses diet karbo. []

(Fadhil Ramadhan)


Baca Juga

Berita terkait
Ancaman Mengintai, Berikut Penyakit Akibat Diet Keto
Risiko penyakit yang ditimbulkan oleh diet ketogenik mungkin lebih besar daripada manfaatnya
5 Makanan Sehat yang Harus Dikonsumsi saat Diet Ketogenik
Diet ketogenik biasanya membatasi karbohidrat dari 20 hingga 50 gram per hari.
7 Bahaya Diet Keto, Pertimbangkan Sebelum Mencobanya
Jika Anda berniat untuk melakukan diet ketogenik ini sebaiknya konsultasikan pada dokter dan ahli gizi.
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.