Ini Tips untuk Mengurangi Rasa Cemas

Terjadinya perasaan cemas umumnya berhubungan dengan rasa stres yang bertumpuk dan dapat menyebabkan hal yang sangat fatal.
Ilustrasi Cemas (Foto:Tagar/Freepik)

Jakarta - Rasa cemas adalah hal yang terbilang biasa terjadi pada semua orang. Umumnya perasaan cemas terjadi ketika seseorang menghadapi sesuatu di luar dugaan atau merasa melebihi kapasitas.

Namun, jika rasa cemas yang timbul sudah berlebihan, Anda harus segera mengatasinya. Terjadinya perasaan cemas umumnya berhubungan dengan rasa stres yang bertumpuk dan dapat menyebabkan hal yang sangat fatal. 

Sehingga berpotensi menyebabkan kelainan jiwa pada seseorang. Berikut ini beberapa aktivitas yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa cemas.


1. Bernapaslah dengan tenang

Bernapas dengan tenang merupakan teknik yang baik untuk mengendalikan kecemasan. Dengan teknik ini, Anda bisa mengontrol bagaimana udara masuk dan keluar dari paru-paru. Ketika kita tertekan, pernapasan menjadi dangkal, tersendat dan sulit.


2. Berjalan ke luar ruangan

Hal yang dapat dilakukan selanjutnya seperti pergi ke taman, kebun , atau bahkan hanya melihat ke luar jendela untuk sementara waktu sambil berlatih pernapasan dalam. Penelitian menunjukkan bahwa hanya dekat dengan ruang hijau alami, bisa dikaitkan dengan berkurangnya depresi dan gejala kecemasan


3. Menyingkiran tekanan dalam diri sendiri

Kecemasan muncul ketika kita meminta terlalu banyak hal dari diri sendiri. Kesempurnaan dalam pekerjaan membuat tubuh merasa tidak tenang dan sulit menerima kegagalan.

Untuk itulah, lebih baik menerima bahwa terkadang hal-hal dalam hidup tidak seperti yang kita harapkan. Lebih baik, tanyakan pada diri sendiri tentang apa yang salah dan apa yang bisa diubah untuk membuatnya lebih baik.


4. Buat hati dan pikiran lebih positif

Cara untuk mengatasi kecemasan berikutnya, adalah dengan membuat hati dan pikiran menjadi lebih positif. Singkirkan suara atau bisikan batin dalam hati atau pikiran yang menyebabkan kecemasan.

Ketika rasa cemas berlebihan muncul pun, sebaiknya jangan mendengarkan suara hati dan pikiran negatif sehingga rasa cemas tidak semakin parah.


5. Meditasi

Jika Anda merasakan rasa cemas dan ingin lepas dari perasaan tersebut, meditasi mungkin dapat Anda lakukan. Karena dengan meditasi membantu mengelola kecemasan, depresi, dan rasa sakit. Dengan memusatkan perhatian pada napas melalui meditasi, seseorang akan lebih mampu untuk mengatasi kecemasan di dalam diri.

Itu dia serba-serbi mengatasi kondisi rasa cemas yang menyerang. Semoga berguna![]

(Indi Lusiani)

Baca Juga:

Berita terkait
Cara Mengenali 9 Tanda dan Gejala Gangguan Kecemasan
Waspadalah ketika kecemasan Anda mulai berdampak negatif pada hidup Anda.
4 Cara Meredakan Stres dan Kecemasan
Seiring bertambahnya usia perempuan lebih rentan mengalami stress dan tingkat kecemasan yang tinggi. Berikut tips untuk mengatasi hal tersebut.
15 Tips Aman ke Rumah Sakit Selama Pandemi Covid-19
Selain menangani pasien virus corona, rumah sakit juga berupaya memberikan perawatan kepada pasien lain yang membutuhkan.
0
Ini Tips untuk Mengurangi Rasa Cemas
Terjadinya perasaan cemas umumnya berhubungan dengan rasa stres yang bertumpuk dan dapat menyebabkan hal yang sangat fatal.