Tips dan Strategi Pemasaran Bisnis Online yang Bisa Dicoba

Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran bisnis online yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan.
Marketing (Foto:Tagar/Pixels/CottonBro)

Jakarta - Bisnis online menjadi salah satu bidang yang paling banyak diminati di era digital ini. Jika Anda termasuk salah satu pebisnis online, Anda tentu paham bagaimana pesatnya perkembangan bisnis ini dalam beberapa tahun belakangan. 

Dalam menjalankan bisnis online, penting untuk memiliki strategi pemasaran online yang jitu, mengingat Anda juga akan berhadapan dengan banyak kompetitor di dalam bisnis online. Jika tidak mampu bersaing, mungkin bisnis anda hanya akan jalan di tempat.

Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran bisnis online yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan.


1. Content marketing

Content marketing merupakan salah satu strategi pemasaran online yang paling populer di kalangan pebisnis online. Anda bisa menjadikan ini sebagai pilihan untuk menjangkau lebih banyak pengunjung ke situs bisnis yang dimiliki, sehingga peluang terciptanya penjualan yang lebih besar juga mungkin didapatkan. 

Content marketing bisa disajikan dalam beberapa bentuk, seperti: video, artikel, gambar dan yang lainnya. Pada umumnya content marketing ini dikemas dengan sedemikian rupa, sehingga menarik minat banyak orang.


2. Mobile marketing

Anda harus membuat tampilan dan desain website yang menarik, sekaligus user friendly bagi para pengguna smartphone dan tablet. Hal ini akan memudahkan mereka mengakses situs bisnis dan melakukan transaksi pembelian dengan cepat.


3. Continuous marketing

Sistem pemasaran yang berkelanjutan juga sangat dibutuhkan dalam bisnis online. Hal ini bisa dilakukan melalui pemasangan iklan serta aktivitas lainnya di media sosial, seperti: Facebook, Twitter, dan juga Instagram.

Anda bisa membangun komunikasi yang baik dan berkelanjutan dengan para pelanggan serta calon pelanggan. Hal ini memungkinkan Anda memahami pelanggan dan memperbaiki bisnis sehingga lebih maksimal dan memenuhi harapan para pelanggan tersebut.


4. Integrated digital marketing

Langkah yang satu ini termasuk strategi pemasaran online yang komplit dan efektif. Pada strategi yang satu ini, Anda akan memanfaatkan semua sistem pemasaran online sekaligus dengan sebaik mungkin.

Misalnya, membangun blog atau situs bisnis dan melakukan kegiatan promosi melalui Facebook serta Instagram bisnis. Untuk melakukan strategi pemasaran online yang satu ini, Anda bisa saja membutuhkan bantuan seseorang yang ahli di bidang tersebut.


5. Visual marketing

Sebagian orang berpendapat jika gambar akan lebih mudah menarik perhatian dan dipahami oleh banyak orang, jika dibandingkan dengan penggunaan teks. Hal ini juga banyak digunakan dalam pemasaran online, di mana bisnis dipasarkan melalui gambar-gambar yang menarik.


6. Personalized marketing

Strategi yang satu ini merupakan pilihan yang tepat, jika menginginkan konsumen yang tertarget di dalam bisnis. Hal ini bisa dilakukan dengan membedakan konsumen melalui beberapa kriteria, misalnya: usia, domisili, hobi, aktifitas, dan yang lainnya.

Strategi pemasaran yang satu ini bertujuan untuk mendapatkan target pasar yang paling tepat, sehingga peluang terciptanya penjualan juga semakin besar.[]


(Ratu Mitha Amelia)

Baca Juga:

Berita terkait
Dinsos Magelang Latih Disabilitas Bisnis e-Marketing
Dinsos Kota Magelang memberi pelatihan e-Marketing kepada 22 penyandang disabilitas.
Ipuk dan Warga Diskusi Digital Marketing UMKM Tahu
Bakal calon Bupati Banyuwangi Ipuk merencanakan untuk melakukan digital marketing bagi pusat UMKM Tahu di Kecamatan Rogojampi.
Mengenal Apa Itu Influencer Marketing Platform
Influencer marketing platform adalah wadah bagi mereka yang memiliki kekuatan di media sosial untuk dipertemukan dengan merek dagang.
0
Parlemen Eropa Kabulkan Status Kandidat Anggota UE kepada Ukraina
Dalam pemungutan suara Parlemen Eropa memberikan suara yang melimpah untuk mengabulkan status kandidat anggota Uni Eropa kepada Ukraina