Waskita Karya

4 Cara Meredakan Stres dan Kecemasan

Seiring bertambahnya usia perempuan lebih rentan mengalami stress dan tingkat kecemasan yang tinggi. Berikut tips untuk mengatasi hal tersebut.
Ilustrasi - Stres dan cemas berlebihan. (Foto: Tagar/Shutterstock)

Jakarta - Seiring bertambahnya usia perempuan lebih rentan mengalami stress, yang disebabkan mulai dari beban pekerjaan di kantor, kewajiban mengurus keluarga dan rumah, atau sekadar perubahan hormon yang terjadi setiap bulan.

Berdasarkan The New York Times, dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan The Journal of Brain & Behavior disebutkan bahwa perempuan dua kali lebih mudah mengalami stress dan kecemasan dibanding laki-laki.

Bahkan, pada laporan yang diterbitkan The American Psychological Association, dari tahun ke tahun, tingkat stress dan kecemasan perempuan cenderung lebih tinggi daripada laki-laki.

Jika dibiarkan selalu merasa cemas dan stres tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui kiat-kiat untuk meredakan stress dan kecemasan. Berikut 4 cara sederhana yang bisa Anda lakukan.


1. Mengunyah permen karet

Berdasarkan healthline, sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengunyah permen karet cenderung lebih tenang dan mengalami tingkat stres yang lebih rendah.

Sebab, saat mengunyah permen karet, otak akan mengirimkan sinyal bahwa kita sedang rileks. Hal ini dapat meningkatkan aliran darah ke otak menjadi lebih lancar, sehingga Anda dapat merasa lebih tenang.


2. Berendam atau Mandi

Bukan sekadar rutinitas, kegiatan mandi yang berkualitas ternyata mampu menghilangkan gejala kecemasan dan stress. Saat mandi, tubuh akan melemaskan otot dan meningkatkan mood. 

Tak hanya itu, bila menggunakan sabun yang tepat, mandi juga menjadi cara untuk menjaga kesehatan dan kecerahan kulit. Kulit yang sehat dan cerah tentu berpengaruh pada kepercayaan diri Anda.


3. Menulis hal-hal yang membuat Anda cemas dan stress

Walaupun terlihat sederhana, menuliskan hal-hal yang mengganggu pikiran Anda dapat mengurangi rasa stres. Sebab, saat menulis, Anda dapat mengetahui penyebab kecemasan dan mempelajari cara untuk mengontrolnya dengan lebih baik.

Anda dapat memilih catatan polos atau jurnal, lalu luangkan beberapa menit untuk menulis setiap hari. Tuangkan apa saja yang mengganggu pikirkan Anda seolah-olah sedang bercerita kepada teman terdekat.


4. Olahraga

Selain membuat daya tahan tubuh lebih kuat, melakukan aktivitas fisik bisa menjadi cara untuk mengelola stres. Olahraga teratur dapat menurunkan hormon stres dalam jangka panjang. Cobalah untuk meluangkan waktu berolahraga selama 30 sampai 60 menit, minimal tiga kali seminggu.

Olahraga juga meningkatkan kualitas tidur Anda. Bila kualitas tidur baik, kecemasan dan stres cenderung lebih mudah dikelola.

Nah itulah cara pintas untuk dapat mengatasi stress dan kecemasan pada usia yang mulai bertambah. []

Berita terkait
Cara Mengatasi Stres Agar Tidak Mudah Sakit
Pemberitaan virus Corona bisa membuat masyarakat stres. Bagaimana cara mengatasi stres biar tidak mudah sakit?Berikut Tagar berikan ulasannya.
Makanan dan Minuman Lezat Mengatasi Stres dan Cemas
Makanan dan minuman lezat ternyata ampuh mengatasi stres dan cemas. Berikut makanan yang cocok dikonsumsi untuk mengatasi persoalan tersebut.
Tips Mengatasi Stres Kena PHK Akibat Pandemi Corona
Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan yang diakibatkan pandemi Corona membuat mereka berada dalam kondisi stres atau depresi.
0
4 Cara Meredakan Stres dan Kecemasan
Seiring bertambahnya usia perempuan lebih rentan mengalami stress dan tingkat kecemasan yang tinggi. Berikut tips untuk mengatasi hal tersebut.