Cara Mengatasi Anxiety Disorder, Lakukan dengan 6 Tips Ini

Namun jika kamu mengalami rasa cemas yang berlebihan, mungkin saja kamu mengalami Anxiety Disorder.
Ilustrasi anxiety disorder (Foto: Tagar/Pexels)

Jakarta - Rasa cemas yang melanda tiap manusia adalah hal yang wajar dirasakan. Namun jika kamu mengalami rasa cemas yang berlebihan, mungkin saja kamu mengalami Anxiety Disorder. Anxiety perlu diwaspadai karena sulit dikendalikan dan terkadang muncul tanpa sebab.

Selain mengalami rasa kecemasan berlebih, penderita anxiety disorder biasanya juga mengalami rasa khawatir dan takut berkepanjangan. Perasaan tersebut didalangi oleh beberapa faktor diantaranya karena kondisi fisik lelah, stres, dan tidak seimbangnya kadar kimiawi dalam tubuh.

Berikut tips meredakan anxiety agar tubuhmu lebih tenang yang telah dirangkum.

1. Istirahat/Tidur yang Cukup

Istirahat atau tidur seringkali disepelekan oleh banyak orang. Padahal tubuhmu juga butuh beristirahat setelah melakukan aktivitas yang padat. Beristirahat juga mampu mengurangi resiko terserangnya berbagai macam penyakit. Setidaknya, dibutuhkan waktu sekitar 7 jam per hari agar kebutuhan tidurmu tercukupi.


2. Rutin Berolahraga

Dengan rutin berolahraga akan meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Menurut penelitian, olahraga mampu mengeluarkan hormon neurotransmiter serotonin dan norepinefrin dari tubuh.

Hormon tersebut mampu menimbulkan rasa bahagia dan mood yang membaik. Melakukan olahraga ringan juga dapat mengatasi rasa kecemasan, namun tetap harus konsisten dilakukan setiap hari.


3. Meditasi

Banyak orang yang menganggap enteng meditasi. Namun kenyataannya, meditasi sangat ampuh untuk menenangkan pikiran yang sedang kacau atau cemas. Menurut penelitian, melakukan meditasi selama 10 menit per hari dapat mengurangi rasa cemas berlebih. Selain itu, meditasi dipercaya dapat membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan fokus, terlebih jika dilakukan di ruangan sunyi dengan menghirup aromaterapi.


4. Makan dan Minum Secara Teratur

Ketika mengalami kecemasan, seseorang akan mengabaikan jadwal makannya atau bahkan memakan makanan yang tidak bergizi. Oleh sebab itu mulailah makan makanan yang mengandung banyak serat seperti sayuran dan buah-buahan.

Seorang yang cemas juga biasanya dipengaruhi oleh gula darah yang rendah karena terlambat makan. Selain itu dengan kekurangan minum atau dehidrasi, akan membuat detak jantung semakin cepat dan menimbulkan rasa cemas


5. Lakukan Kegiatan Favorit

Melakukan kegiatan favorit atau hobi merupakan suatu hal yang dapat mengurangi rasa cemas berlebih. Ketika melakukan kegiatan favorit, tubuh kita melepas hormon oksitosin yang merupakan pereda stres dan kecemasan alami.


6. Berpikir Positif

Salah satu hal yang menyebabkan rasa cemas berlebih adalah overthinking. Kamu terlalu sibuk memikirkan hal lain yang seharusnya tidak kamu pikirkan berlebihan. Oleh sebab itu, mulailah berpikir positif, karena dengan berpikir positif dapat menghilangkan kecemasan yang kamu alami.[]

(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Cara Memilih Jajanan Pasar yang Sehat di Tengah Pandemi
Jajanan pasar yang sehat tentu dapat mendukung pola hidup sehat yang sedang Anda jalani, oleh sebab itu Anda harus tahu cara memilih jajanan pasar.
Tips Menjaga Kesehatan Tiroid Secara Alami
Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu, organ kecil, terletak di depan leher, tampak membungkus tenggorokan (trakea).
Cara Mudah Untuk Membuat Tubuh dan Pikiran Lebih Sehat
Meditasi bukan satu-satunya cara untuk mengatasi stres dan membuat tubuh lebih sehat.
0
Cara Mengatasi Anxiety Disorder, Lakukan dengan 6 Tips Ini
Namun jika kamu mengalami rasa cemas yang berlebihan, mungkin saja kamu mengalami Anxiety Disorder.