Diet Sehat Dengan Labu Siam

Labu mampu mengontrol berat badan menjadi lebih terkendali.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Berwarna hijau, labu siam sering kali diolah ke dalam masakan sehari-hari seperti ditumis atau direbus hingga menjadi sup.

Sayuran yang berasal dari famili Cucurbitaceae ini dipercaya memiliki sejumlah manfaat, termasuk salah satunya untuk membantu menurunkan berat badan.

Labu mampu mengontrol berat badan menjadi lebih terkendali.

Kandungan yang padat nutrisi, labu siam juga rendah kalori, nol lemak, dan natrium. Oleh karena itu, labu siam cukup sehat untuk dikonsumsi sebagai menu makanan diet.

Salah satu manfaat labu siam untuk diet yaitu bisa mengontrol sekaligus meningkatkan berat badan dengan cara sehat. Labu siam berukuran 203 gram menyediakan 39 kalori dan 4 gram serat. Serat tersebut dapat memperlambat laju pengosongan perut sehingga membuat kenyang lebih lama.

Disisi lain, manfaat labu siam sangat rendah karbohidrat namun tinggi serat larut yang berfungsi mengatur kadar gula darah.

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam labu siam berperan dalam meningkatkan sensitivitas terhadap insulin. Hal itu juga sangat memengaruhi aktivitas enzim terkait dengan kontrol gula darah yang buruk serta penyakit diabetes tipe 2.

Dalam setiap labu siam terdapat kandungan antioksidan quercetin, myricetin, morin, dan kaempferol. Antioksidan adalah senyawa untuk melindungi dari kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan menurunkan stres di dalam tubuh. Selain itu, labu siam termasuk sumber vitamin C yang sangat baik dan berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

Dengan perbanyak konsumsi buah dan sayuran seperti labu siam saat diet dapat meningkatkan fungsi pencernaan lebih maksimal. Terlebih, saluran pencernaan sangat bertanggung jawab atas berbagai fungsi penting, termasuk detoksifikasi, kekebalan, sampai penyerapan nutrisi.

Hasil penelitian menyatakan bahwa labu siam kaya flavonoid untuk membantu enzim pencernaan saat proses ekskresi di saluran cerna. []


Baca Juga

9 Jus Terbaik untuk Sakit Perut dan Gangguan Pencernaan 

Cara Menjalani Hidup Sehat dengan 6 Hal Ini 

7 Jenis Teh Herbal untuk Mengobati Sembelit, Mudah Dibuat 

17 Makanan Terbaik untuk Mengatasi Stres di Masa Pandemi 

Berita terkait
5 Tips Diet untuk Dapatkan Tubuh Ideal Ala Maria Vania
Mendaptakan tubuh ideal dengan diet sehat butuh perjuangan.
Program Diet yang Dilakukan Jeon Somi untuk Comeback Terbaru
Somi berhasil menurunkan berat badannya menjadi 46,6 kg. Padahal dia sangat menyukai camilan sejak kecil.
Diet Sehat ala Sunny Dahye yang Diakui oleh Ahli Gizi
Anda tetap perlu memperhatikan jenis makanan apa saja yang dikonsumsi. Selain itu, olahraga yang cukup pun dapat membantu menurunkan berat badan.
0
7 Pelajaran Bisnis yang Tidak Ada di Pelajaran Sekolah
Bisnis kita akan sukses apabila terus belajar dari pengalaman dan bekerja dengan cara terbaik.