Diet Sehat ala Sunny Dahye yang Diakui oleh Ahli Gizi

Anda tetap perlu memperhatikan jenis makanan apa saja yang dikonsumsi. Selain itu, olahraga yang cukup pun dapat membantu menurunkan berat badan.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Bukan rahasia umum lagi bila kebanyakan orang Korea Selatan terutama artisnya memiliki badan yang ramping. Beberapa diantaranya sempat mengungkapkan makanan yang biasa dikonsumsi pada unggahan di kanal Youtube mereka.

Seperti member ITZY, Yuna mengatakan dia mengonsumsi buah tomat ceri saat pagi dan member dari Treasure, Mashiho, mengonsumsi telur rebus di pagi hari karena sedang diet. Ada juga, tips diet dari penyanyi solo, IU, yang mengaku pagi hari hanya mengonsumsi apel dan pada malam hari menggantinya dengan ubi-ubian.

Ragam cara untuk menurunkan berat badan di atas menandakan bahwa setiap orang memiliki caranya masing-masing yang disesuaikan dengan kemampuan mereka.

Angel Jovi, seorang ahli gizi, sempat mengomentari program diet beberapa artis dan influencer, salah satunya adalah Sunny Dahye, Youtuber asal Korea Selatan yang besar di Indonesia. Angel menonton video tips diet dari Sunny dan menggaris bawahi beberapa poin penting dari apa yang dia konsumsi, sebagai berikut.


1. Mengurangi makanan yang mengandung garam

Diet yang rendah garam merupakan cara yang bagus, hal ini dapat menghindari Anda dari penyakit hipertensi dan jantung.


2. Menghindari minuman manis

Sunny mengganti kebiasaannya mengonsumsi minuman manis menjadi iced americano sebab dia merupakan pecinta kopi dan menjaganya agar tidak mudah mengantuk.

Angel mengatakan cara ini baik untuk dilakukan karena mengonsumsi terlalu banyak gula dapat berpotensi menderita penyakit obesitas hingga diabetes.


3. Mengganti nasi dengan nasi konjac

Banyak kejadian saat melakukan diet, mereka menghindari mengonsumsi nasi karena mengandung karbohidrat. Padahal karbohidrat itu dibutuhkan oleh tubuh walaupun bentuknya tidak harus nasi. Risiko jika tidak mengonsumsi makanan berkarbohidrat adalah cepat lapar dan lemas.

Sunny mengganti nasi putih menjadi nasi konjac atau brown rice. Nasi konjac diketahui memiliki kalori yang rendah, namun mengandung serat yang tinggi.


4. Mengonsumsi chickpeas (kacang arab)

Chickpeas aman dan bagus untuk dikonsumsi saat diet. Namun, sebelumnya Anda perlu memastikan komposisi di balik kemasannya apakah mengandung sodium dan gula di dalamnya. Jika kandungan keduanya cukup tinggi, maka chickpeas tersebut tidak masuk kategori makanan untuk diet.


5. Mengganti mie dengan mie tofu

Mie tofu cocok diaplikasikan pada program diet karena kalorinya yang rendah. Sunny Dahye mengonsumsi mie tofu dengan bumbu mie goreng kemasan, jadi rasanya tetap seperti mie pada umumnya.

Dalam menjalankan diet sebenarnya tidak perlu menggunakan program-program yang menyiksa karena pada dasarnya tubuh manusia membutuhkan makanan. Jadi jangan sampai menghambat apa pun yang hendak Anda makan.

Tetapi Anda perlu memperhatikan jenis makanan apa saja yang dikonsumsi. Selain itu, olahraga yang cukup pun dapat membantu menurunkan berat badan. Olahraga yang dianjurkan adalah 150 menit seminggu atau sekitar 30 menit sehari dengan 2 hari istirahat. []

(Sekar Aqillah Indraswari)








Berita terkait
Tips Diet Ala Yulia Baltschun
Banyak orang gagal diet bukan karena tidak mendapatkan hasil, melainkan karena durasi yang tidak rasional.
6 Macam Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan
Boleh saja melakukan program diet, asalkan pastikan tubuh kita tetap mendapatkan asupan nutrisi harian yang cukup.
5 Buah-buahan yang Baik untuk Diet
Buah merupakan makanan rendah kalori dan tinggi serat yang dapat membantu menurunkan berat badan.
0
Diet Sehat ala Sunny Dahye yang Diakui oleh Ahli Gizi
Anda tetap perlu memperhatikan jenis makanan apa saja yang dikonsumsi. Selain itu, olahraga yang cukup pun dapat membantu menurunkan berat badan.