9 Jus Terbaik untuk Sakit Perut dan Gangguan Pencernaan

Kesehatan perut dapat ditingkatkan melalui konsumsi jus sayur dan buah yang membersihkan, membuang racun dan menenangkan lapisan dalam perut.
Ilustrasi aneka jus

Jakarta - Pencernaan adalah salah satu fungsi terpenting yang diperlukan agar Anda tetap hidup dan sehat, pencernaan yang lemah dapat menimbulkan beberapa komplikasi kesehatan. Dalam beberapa kasus, pencernaan yang lemah merupakan indikasi dari kelompok besar penyakit yang tampaknya tidak terkait, diantaranya sakit perut. 

Sakit perut dan gangguan pencernaan dapat disebabkan oleh berbagai alasan seperti pola makan yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, kurangnya buah dan sayur dalam makanan, tidur yang terbatas, makan berlebihan, dan asupan air yang tidak mencukupi.

Namun, ada beberapa pengobatan rumahan yang dapat membantu pencernaan Anda dan meredakan gangguan pencernaan dan masalah perut ringan lainnya.

Studi menunjukkan bahwa seseorang dapat meningkatkan kesehatan perut mereka melalui konsumsi jus sayur dan buah yang membersihkan, membuang racun dan menenangkan lapisan dalam perut.

Dilansir dari Boldsky, berikut beberapa jus atau smoothie alami yang membantu melancarkan pencernaan dan mencegah gangguan pencernaan, serta meredakan sakit perut.


1. Jus apel, mentimun dan selada

Jus ini meningkatkan pencernaan, membantu meredakan sembelit, menenangkan perut dan usus [5]. Ini juga merupakan sumber probiotik (bakteri baik) yang baik, yang menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat. Ini juga membantu untuk mengeluarkan dari saluran pencernaan dan baik untuk mulas, hiperasiditas dan gastritis.

Cara membuat 

Bahan: 3 buah mentimun (kupas), 3 buah selada organik hati dan 2 buah apel (buang bijinya), ½ buah lemon.

Petunjuk: Kupas mentimun dan apel lalu cuci bersih selada dan potong ujungnya. Tambahkan ketiga bahan ini ke dalam mixer atau juicer dan peras lemon di atasnya. Sajikan segera.

2. Jus jeruk, lidah buaya dan bayam

Jus ini kaya vitamin C dan asam sitrat yang membantu meningkatkan media asam lambung dan dengan demikian, membantu pencernaan. Ini mengobati sembelit dan membersihkan saluran pencernaan. Ini juga menenangkan bisul dan mengurangi pendarahan internal di saluran pencernaan karena efek astringent dari lidah buaya, dan juga membantu meningkatkan metabolisme.

Cara membuat

Bahan: 1 gelas air jeruk (peras segar), 1 gelas bayam segar dan ½ gelas daging lidah buaya.

Petunjuk: Campurkan jus jeruk, bayam, dan lidah buaya ke dalam blender dan haluskan hingga konsistensinya halus. Tuang ke dalam gelas dan minum segera, atau dinginkan di lemari es.


3. Brokoli, pepaya dan mint

Kombinasi sayuran dan buah yang sehat dengan ramuan ini mengandung enzim yang membantu pencernaan. Ini mengobati masalah gas dan kembung dan baik untuk kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Mint yang ada dalam jus ini menenangkan dan merilekskan otot perut dan juga meningkatkan produksi empedu dan dengan demikian juga meningkatkan pencernaan lemak yang sangat lambat.

Cara membuat

Bahan: ½ cangkir brokoli mentah, 1 cangkir potongan pepaya, ½ cangkir es batu, 1 sdm madu, 1 sdm air jeruk nipis dan 8 lembar daun mint segar.

Petunjuk: Campurkan semua bahan dalam blender. Blender hingga halus.

4. Anggur merah, kubis dan seledri

Kombinasi anggur, kubis, dan seledri yang sehat membantu membersihkan saluran pencernaan dengan meningkatkan pergerakan usus. Ini juga baik untuk diare dan membantu mengurangi radang lambung dan usus. Ini kaya akan antioksidan yang mengeluarkan racun dari saluran pencernaan.

Cara membuat

Bahan: 2 cangkir kubis ungu (cincang), 2 cangkir anggur merah / hitam, 1 sdm air jeruk nipis, 2 batang seledri kecil-sedang dan 1,5 gelas air.

Petunjuk: Campurkan semua bahan (kecuali jus lemon) ke dalam blender. Blender hingga halus dan tambahkan jus lemon dan blender lagi. Simpan sisa jus di lemari es dan konsumsi dalam beberapa hari.


5. Ubi jalar, wortel dan paprika

Meskipun kombinasinya mungkin tidak begitu menggugah selera seperti sebelumnya, jus ini membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan Anda karena mengandung wortel. Selain itu, membuat jus mengekstrak rasa manis dan mikronutrien dari ubi jalar dan menghilangkan pati. Smoothie ini membantu pencernaan dan mengobati sembelit. Ini mengurangi peradangan dan nyeri perut dan mengobati sakit maag dan menenangkan lapisan dalam perut.

Cara membuat

Bahan: 1 ubi jalar kecil atau sedang (potong dadu), 2 wortel, 1 paprika merah besar (atau dua kecil), 2 batang seledri besar dan 2 sdm jahe (parut).

Petunjuk: Campurkan semua bahan dalam juicer dan sajikan segera.


6. Jus pir, seledri dan jahe

Campuran herbal dan buah ini membantu melancarkan pencernaan, menenangkan perut dan membuang racun dari saluran pencernaan. Serat yang ada dalam jus ini membuat pergerakan usus halus dan dengan demikian membantu membersihkan sistem. Jus ini kaya akan antioksidan dan dapat membantu mengurangi risiko tukak.

Cara membuat

Bahan: 2 buah pir kecil, 2 batang seledri dan 1 buah jahe kecil (parut). Potong pir, seledri, dan irisan jahe kecil-kecil.

Petunjuk: Campurkan semua bahan dalam juicer, dinginkan dan sajikan. Anda bisa menambahkan sedikit madu dan menambahkan sedikit air untuk membuatnya sedikit encer.

7. Jus kubis, mint dan nanas

Smoothie ini adalah salah satu solusi alami terbaik untuk membantu pencernaan karena merangsang sekresi cairan pencernaan. Ia juga kaya akan berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan. Selain itu, ia mengandung asam folat yang dibutuhkan untuk kesehatan pencernaan yang baik dan bermanfaat bagi penderita anemia.

Cara membuat

Bahan: ¼ kol merah ukuran sedang, ¼ buah nanas matang (kupas, potong dadu) dan 8 lembar daun mint segar.

Petunjuk: Jus kubis, nanas dan daun mint dalam juicer, aduk rata.


8. zucchini, selada dan jeruk

Kombinasi hijau dengan jeruk dari jeruk membantu melembabkan tubuh Anda dan membantu mengeluarkan racun. Salah satu smoothie terbaik untuk membersihkan usus, jus ini juga membantu mengobati sembelit dan membantu pencernaan [14]. Ini mengurangi risiko kanker usus besar karena menghilangkan zat penyebab kanker dari usus.

Cara membuat

Bahan: 1 buah zucchini (potong dadu), 1 cangkir jus jeruk, 1 cangkir selada (cincang) dan 5 buah es batu.

Petunjuk: Masukkan zucchini, es batu, jus jeruk, dan selada ke dalam blender. Tutup, dan haluskan sampai halus (selama kurang lebih 1 menit)

9. Jus swiss chard, nanas, dan mentimun

Salah satu jus terbaik untuk gangguan pencernaan, kombinasi ini dapat membantu mengatasi hampir semua masalah pencernaan mulai dari gangguan pencernaan hingga gastritis. Ia memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan karena kaya akan vitamin C, A, dan karotenoid dan membantu meredakan ketidaknyamanan lambung dan sakit perut.

Cara membuat

Bahan: 1 gelas swiss chard (cincang), 1 gelas (beku) potongan nanas, ½ ketimun, 1 gelas air dingin dan segenggam es batu.

Petunjuk: Masukkan bahan ke dalam blender dan blender sampai semuanya halus dan lembut. []


Berita terkait
Cara Menghilangkan Sakit Perut Akibat Makan Pedas
Rasa sakit pada perut setelah makan pedas umumnya dipicu oleh senyawa kimia yang disebut capsaicin. Berikut cara mengatasinya dengan mudah.
Kenali Gejala Sakit Perut yang Harus Segara Diperiksa
Sebagian dari manusia tentu pernah merasakan yang namanya sakit perut apalagi ketika ingin BAB. Berikut gejala sakit perut yang harus diperiksa.
Kenali Tanda Sakit Perut yang Tidak Biasa
Sakit perut biasanya terjadi ketika Anda mengalami gangguan pencernaan atau penumpukan gas akibat asupan karbohidrat.
0
5 Aturan Diet Makanan Mentah dan Manfaatnya untuk Kesehatan
Metode diet ini diklaim dapat memberikan Anda energi lebih banyak, memperbaiki penampilan dan kesehatan kulit.