5 Buah-buahan yang Baik untuk Diet

Buah merupakan makanan rendah kalori dan tinggi serat yang dapat membantu menurunkan berat badan.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta – Buah adalah makanan yang memiliki kandungan menyehatkan seperti vitamin, serat, dan nutrisi lain yang mendukung pola makan sehat. Sebab, buah merupakan makanan rendah kalori dan tinggi serat yang dapat membantu menurunkan berat badan. Faktanya, makan buah seringkali dikaitkan dengan menurunkan berat badan, mengurangi risiko diabetes, tekanan darah tinggi, kanker dan menyehatkan jantung.

Salah satu alasan buah bisa membantu menurunkan berat badan adalah karena kandungan seratnya. Hal itu membuat rasa kenyang lebih lama dan menekan rasa lapar. Dilansir dari berbagai sumber, berikut buah-buahan yang baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.


1. Jeruk bali

Setengah jeruk bali mengandung 39 kalori dan menyediakan 65 persen dari asupan harian untuk vitamin C. Selain itu, jeruk bali memiliki indeks glikemik (IG) rendah, yang dapat melepaskan gula ke aliran darah menjadi lebih lambat. Diet rendah indeks glikemik membantu penurunan berat badan atau menjaga berat badan stabil. Kandungan air pada jeruk bali mencapai 90 persen, sehingga membuat cepat kenyang dan dapat menekan rasa lapar.


2. Apel

Buah apel merupakan buah yang dapat membantu menurunkan berat badan karena tinggi serat dan rendah kalori. Senyawa pektin yang terkandung di dalam apel mampu memperlambat proses pencernaan, sehingga membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Berdasarkan penelitian, untuk memaksimalkan kandungan apel, lebih baik mengonsumsinya dengan dimakan secara langsung.


3. Kiwi

Kiwi merupakan jenis buah yang memiliki sedikit kalori. Dalam satu buah kiwi dengan ukuran sedang, kalori yang terkandung hanya 48 kalori. Dengan kandungan kalori yang rendah membuat kiwi sangat baik untuk dijadikan makanan untuk diet. Cara mengonsumsinya bisa langsung dimakan atau dibuat berbagai olahan minuman seperti jus. Namun, untuk memaksimalkan manfaat dari kiwi, jangan tambahkan gula pada olahan minuman tersebut karena akan menyebabkan bertambahnya kalori saat dikonsumsi.


4. Jeruk

Buah jeruk merupakan buah yang rendah kalori dan tinggi vitamin C, sehingga dapat dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, jeruk juga kaya akan kandungan serat alami yang membuat tidak merasa cepat lapar usai mengonsumsinya.


5. Pisang

Beberapa orang menghindari pisang karena kandungan gula dan kalorinya yang tinggi, tetapi sebenarnya pisang kaya akan nutrisi, menyediakan potassium, magnesium, mangan, serat, antioksidan, vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C.

Pisang juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga dapat mengontrol kadar insulin dan mengatur berat badan. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi dua buah pisang berukuran sedang sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian. []

(Fadhil Ramadhan)


Baca Juga

4 Buah-buahan Ini Bisa Membuat Badan Gemuk

 Tips Membersihkan Sayur dan Buah Saat Pandemi Corona 

 Ternyata Pisang Bukan Buah, Ini Penjelasannya 

 Lima Buah Ini Mampu Cegah Serangan Virus Corona 







Berita terkait
Guys, Inilah 5 Manfaat Mengonsumsi Buah Naga Bagi Kesehaan
Buah naga merupakan jenis buah-buahan yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. karena hanya tumbuh di daerah tropis dan subtropis saja.
5 Buah untuk Cegah Sembelit dan Melancarkan BAB
Sembelit dapat dicegah dengan mengatur pola makan, salah satunya dengan mengkonsumsi buah.
Orang dengan Diabetes Bisa Makan Buah Tanpa Khawatir
Anda harus makan buah jika Anda menderita diabetes karena itu sehat!
0
MenKop UKM: Sirkuit Mandalika Diyakini Bangkitkan UMKM
Menkop UKM Teten Masduki berharap dengan adanya event Internasional di Nusa Tenggara Barat (NTB) maka akan mampu menaikkan kelas UMKM lokal.