Mengenal Alergi Biduran dan Cara Mengatasinya

Meskipun biduran sering dikaitkan dengan alergi, namun kondisi ini ternyata timbul akibat berbagai faktor.
Ilustrasi gatal-gatal (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Tercatat sekitar 20% orang di dunia pernah mengalami biduran, paling tidak sekali dalam seumur hidupnya. Biduran dalam istilah medis disebut urtikaria yang merupakan munculnya ruam kemerahan pada kulit.

Meskipun biduran sering dikaitkan dengan alergi, namun kondisi ini ternyata timbul akibat berbagai faktor. Di antaranya stres, gigitan serangga, suhu dingin, panas, infeksi, dan efek samping obat.

Gejala biduran terlihat ketika munculnya ruam-ruam merah pada kulit atau bentol yang terasa gatal. Biasanya gejala ini muncul secara tiba-tiba dibagian tubuh manapun dan akan hilang dengan sendirinya dalam waktu kurang leih 24 jam.

Berikut adalah cara mengatasi biduran yang timbul pada tubuh.


1. Kompres Dingin

Kompres dingin mampu meredakan iritasi kulit. Kamu dapat mengompresnya dengan menggunakan es batu dingin yang dibalut dengan handuk. Hal tersebut dapat mengurangi iritasi dan meredakan rasa gatal. Setidaknya lakukan selama 10-15 menit dan ulangi 4 kali sehari.


2. Jauhi Faktor Pemicu

Menjauhi faktor pemicu biduran adalah langkah yang dilakukan guna mencegah biduran muncul secara tiba-tiba. Jika biduran muncul ketika stres, sebaiknya hindari melakukan aktivias yang membuat stres atau melakukan relaksasi sejenak. Jika muncul karena suhu dingin, sebaiknya tetap jaga suhu tubuh tetap stabil.


3. Mengonsumsi atau Mengoleskan Obat

Jika beberapa cara tersebut kurang efektif, kamu dapat mengonsumi obat-obatan anjuran dokter. Seperti obat golongan antihistamin dan losion kalamin. Selain itu kamu juga bisa mengoleskan salep atau lotion di tempat yang timbul biduran. Obat dan losion tersebut biasanya dijual bebas di apotek.


4. Mandi dengan Larutan Anti Gatal

Rasa gatal yang berlebih dapat membuat tubuh tidak nyaman. Kamu bisa mengatasinya dengan mandi menggunakan larutan anti gatal. Kamu dapat menggunakan oatmeal (khusus dipasarkan sebagai produk oatmeal koloid untuk mandi) atau satu genggam soda kue. Hindari juga beberapa jenis sabun yang mengandung pewangi dan dapat membuat kulit kering sehingga menimbulkan rasa gatal.


5. Jaga Suhu Tetap Sejuk

Penyebab biduran berbeda pada tiap orang. Sebaiknya hindari suhu yang begitu panas dan dingin agar terhindar munculnya ruam. Gunakan pakaian yang ringan dan longgar serta berbahan nyaman dan menyerap keringat. Hindari terpapar sinar matahari secara langsung atau mandi air panas untuk mencegah kambuhnya biduran.


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Gejala Alergi Lobster dan 4 Cara Mencegah Kambuh
Alergi lobster merupakan jenis lain dari gangguan kesehatan akibat mengonsumsi makanan. Ada 4 cara untuk mencegahnya kambuh.
Kenali Alergi Matahari dan Pencegahannya Seperti Park Ji sun
Komedian asal Korea Selatan yang baru saja wafat sempat disebut memiliki alergi ultraviolet atau sinar matahari. Kenali pencegahannya.
Alergi Susu Formula Bisa Ganggu Kesehatan Bayi
Susu formula yang diberikan pada bayi seiring pertumbuhannya ternyata bisa menimbulkan efek buruk salah satunya muncul ruamh kemerahan di kulitnya.
0
Mengenal Alergi Biduran dan Cara Mengatasinya
Meskipun biduran sering dikaitkan dengan alergi, namun kondisi ini ternyata timbul akibat berbagai faktor.