6 Macam Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

Boleh saja melakukan program diet, asalkan pastikan tubuh kita tetap mendapatkan asupan nutrisi harian yang cukup.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta – Mempunyai berat badan yang ideal merupakan impian banyak orang. Sebab, berat badan yang ideal tidak hanya berdampak pada bentuk tubuh, tetapi juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan membiasakan hidup sehat.

Program diet harus dilakukan dengan benar agar hasil yang didapatkan optimal dan tidak membuat tubuh terserang penyakit. Idealnya saat melakukan program diet harus dipastikan tubuh tetap mendapatkan asupan nutrisi harian yang cukup. Mungkin terkadang Anda bingung melakukan diet apa saja yang dapat mencukupi nutrisi sehari-hari. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 6 macam diet sehat untuk menurunkan berat badan.


1. Diet Atkins

Pola diet ini berfokus pada pola makan yang tinggi lemak dan protein. Diet ini dibagi dalam empat tahapan, yaitu tahap induksi, ongoing weight loss, pre-maintenance, dan lifetime maintenance. Saat diet atkins Anda disarankan untuk mengurangi asupan gula dan karbohidrat. Oleh karena itu pilihan makanan seperti ayam, ikan, daging, serta telur bagus untuk Anda konsumsi.


2. Zone Diet

Zone diet merupakan program diet yang memperbolehkan Anda untuk mengonsumsi semua jenis makanan. Namun, Anda harus mengurangi asupan makan yang mengandung karbohidrat dan lemak.

Diet ini mengharuskan Anda untuk membagi makanan dalam porsi yang sesuai. Dalam satu makanan asupan yang diperlukan, yakni 40 persen makanan karbohidrat, 30 persen makanan protein dan 30 persen makanan lemak. Oleh karena itu, jenis diet ini mewajibkan Anda untuk mengetahui jumlah kalori setiap menu makanan Anda.


3. Diet Paleo

Diet paleo adalah diet sehat yang menekankan Anda untuk mengonsumsi makanan yang telah mengalami proses alami, seperti dibakar, direbus atau dikukus. Makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi antara lain seperti makanan laut, rempah-rempah, buah-buahan, sayuran hijau dan zaitun.

Alasan zaitun termasuk makanan yang direkomendasikan, karena zaitu memiliki kandungan untuk menurunkan kolesterol dan lemak jahat pada tubuh. Pada intinya makanan pada diet paleo ini memiliki kandungan tinggi protein dan rendah karbohidrat.


4. Diet Vegan

Diet vegan merupakan jenis diet yang tidak memperbolehkan Anda mengonsumsi produk olahan hewani sama sekali, termasuk madu dan telur. Diet ini menganjurkan Anda untuk mengatur pola makan yang rendah lemak dan tinggi serat, sehingga efektif untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, diet ini juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan Alzheimer.


5. Diet Mediterania

Seperti namanya, diet mediterania ini mengacu pada kebiasaan makan masyarakat Mediterania atau Eropa Selatan. Jenis diet ini menekankan Anda untuk mengonsumsi sayur-sayuran. Lalu, sumber utama lemaknya bergantung pada kacang-kacangan, serealia, biji-bijian, minyak zaitun, serta produk susu seperti keju dan yoghurt.

Diet ini juga memperbolehkan Anda untuk mengonsumsi ikan dan unggas dalam jumlah yang sedang. Tujuan dari diet ini ini adalah untuk mengurangi risiko penyakit kronis, seperti diabetes, jantung dan kanker.


6. Diet Mayo

Diet mayo merupakan salah satu diet yang populer. Jenis diet ini menekankan Anda untuk mengurangi konsumsi garam, baik itu makanan yang diolah menggunakan garam atau berbagai makanan asin lainnya yang memiliki kandungan garam.

Saat menjalani diet ini Anda akan kehilangan asupan garam dan juga kandungan air dari dalam tubuh, sehingga berat badan Anda akan turun dengan cepat. Hal itu disebabkan karena garam memiliki sifat yang mengikat air, maka jika Anda tidak mengonsumsi garam tubuh akan melepaskan banyak air. []

(Fadhil Ramadhan)


Baca Juga

9 Jus Terbaik untuk Sakit Perut dan Gangguan Pencernaan 

Cara Menjalani Hidup Sehat dengan 6 Hal Ini 

7 Jenis Teh Herbal untuk Mengobati Sembelit, Mudah Dibuat 

17 Makanan Terbaik untuk Mengatasi Stres di Masa Pandemi 

Berita terkait
Intip Diet Sederhana Setelah Melahirkan ala Citra Kirana
Apa saja rahasia yang berhasil Citra Kirana dapatkan, hingga memiliki tubuh langsing? Berikut Tagar rangkum informasi selengkapnya.
5 Tips Diet Sukses Ala Yulia Baltschun yang Wajib Diketahui
Kurangnya rasa kepercayaan diri membuat mereka berlomba-lomba untuk mencoba berbagai jenis diet dan olahraga demi mencapai target. Ini tipsnya.
Kenali 6 Tipe Diet Vegatarian, Punya Ciri Khas Tersendiri
Kamu pasti berpikir bahwa diet vegetarian adalah orang yang menghindari segala jenis daging, ikan, dan unggas
0
6 Macam Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan
Boleh saja melakukan program diet, asalkan pastikan tubuh kita tetap mendapatkan asupan nutrisi harian yang cukup.