5 Bahaya Tiduran Setelah Makan

Produksi asam lambung juga mulai menurun karena lambung telah selesai menggiling makanan.
Tiduran Setelah Makan (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Tiduran sehabis makan memang sangat lah enak, tetapi melakukan hal itu memiliki efek yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Hal ini karena akan memperburuk kondisi kesehatanmu dan memicu kemunculan sejumlah penyakit.

Berikut 5 bahaya tiduran sehabis makan.


1. Gerd

Kebiasaan tidur setelah makan dapat memicu gastroesophageal reflux disease atau Gerd. Annisa menjelaskan, ketika kita tidur produksi saliva atau air liur akan berkurang.


Padahal, saliva akan membantu makanan turun ke bawah ke kerongkongan, menurunkan asam, memperbaiki motilitas, hingga memperlancar pencernaan.


2. Sesak nafas

Perut yang penuh dapat menghambat dan menekan pergerakan oksigen yang akan masuk melalui paru paru. akibatnya nafas tersengal sengal dan membuat dad terasa sesak.


3. Asam lambung naik kerongga dada ( Refluks asam)

Efek gula, efek pedas, efek asam pada makanan dan efek panas akan berputar putar dilambung dan sulit dicerna sedangkan keasaman lambung meningkat dan akhirnya akan keluar menuju rongga dada. Akibatnya dada terasa seperti terbakar.


4. Bobot tubuh bertambah

Pencernaan butuh waktu 2 jam untuk memproses penghancuran makanan. Jika langsung tidur setelah makan makan pencernaan tidak bisa mencerna makanan dengan lancar, akibatnya penimbunan lemak ditubuh tak dapat dihindari, Bobot tubuh anda akan naik seketika. Jika ini terjadi terus menerus anda akan mengalami kegemukan atau obesitas.


5. Stroke

Menurut sebuah studi di University of Ioannina Medical School, Yunani, tidur sehabis makan dapat meningkatkan risiko stroke. Orang yang memiliki jeda paling lama antara waktu makan dan tidur justru berisiko paling rendah untuk mengalami penyakit ini.

Setelah makan malam, tunggulah sedikitnya selama tiga jam sebelum Anda berbaring. Selama periode ini, makanan yang Anda konsumsi telah melewati proses pencernaan dalam organ lambung dan siap bergerak menuju usus halus.

Produksi asam lambung juga mulai menurun karena lambung telah selesai menggiling makanan. Meski proses pencernaan belum sepenuhnya selesai, setidaknya lambung kini telah kosong dan makanan hanya perlu melewati proses penyerapan zat gizi.[]


(Erlangga)

Berita terkait
Makan Kacang Akan Menimbulkan Jerawat, Mitos atau Fakta?
Oleh sebab itu, selalu perhatikan bagaimana pola makan karena secara tidak langsung dapat berefek ke kesehatan kulit Anda.
5 Makanan untuk Redakan Kolesterol Tinggi
Mengubah pola makanan dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan lemak yang mengambang melalui aliran darah Anda.
Sarapan Pagi, Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini
Banyak makanan untuk sarapan yang tidak memenuhi kriteria, sehingga membuat Anda merasa lapar setelah makan atau merasa tidak nyaman saat kenyang.
0
5 Bahaya Tiduran Setelah Makan
Produksi asam lambung juga mulai menurun karena lambung telah selesai menggiling makanan.