Beberapa Olahraga yang Membantu Menurunkan Berat Badan

Seiring berjalannya waktu, durasi dan intensitas olahraga yang Anda lakukan bisa bertambah dan proses pembakaran lemak dalam tubuh meningkat.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Olahraga untuk diet perlu Anda lakukan jika ingin menurunkan berat badan. Anda tak perlu khawatir karena ada banyak jenis olahraga yang mudah dicoba, apalagi jika Anda pemula. Beberapa jenis olahraga juga bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Memilih olahraga yang mudah bisa jadi salah satu cara membangun kebiasaan.

Seiring berjalannya waktu, durasi dan intensitas olahraga yang Anda lakukan bisa bertambah. Dengan begitu, proses pembakaran lemak dalam tubuh pun meningkat.

 Tidak hanya rutin melakukan jenis olahraga di bawah ini, program diet juga akan berhasil jika Anda mengatur makanan yang Anda konsumsi.

Bila Anda merasa kesulitan untuk menerapkan pola hidup sehat seperti apa supaya berat badan turun, tak ada salahnya untuk konsultasi dulu dengan dokter. Berikut beberapa olahraga yang dapat membantu untuk menurunkan berat badan.


1. Berjalan

Berjalan termasuk salah satu opsi olahraga untuk diet yang mudah dicoba. Telebih lagi, berjalan selalu dilakukan manusia setiap harinya. Anda bisa berjalan secara perlahan selama lima menit pertama.

Setelah itu, tingkatkan kecepatan berjalan dan lakukan selama 20 menit. Selanjutnya, Anda bisa kurangi kecepatan berjalan selama lima menit.


2. Bersepeda

Jenis olahraga untuk turunkan berat badan berikutnya adalah bersepeda. Olahraga ini tentu bisa dilakukan oleh siapa saja. Bisa dibilang bersepeda merupakan olahraga paling santai dan yang paling penting mampu meningkatkan sistem kardiovaskular, kesehatan pembuluh darah, dan jantung.

Perlu diketahui juga bersepeda ini menurunkan trik penurunan berat badan secara alami yang paling aman dilakukan. Hal ini disebabkan karena olahraga bersepeda sangat bisa membakar kalori lebih efektif sekaligus sangat baik untuk membangun massa otot terutama pada bagian betis dan paha.


3. Loncat tali

Selain naik turun tangga, jenis olahraga untuk menurunkan berat badan lainnya adalah dengan loncat tali ataujumping rope. Melakukan loncat dalam satu jam bisa membakar sekitar 667-990 kalori.

Jika hanya 15 menit melakukannya berarti sudah banyak juga kan kalori yang terbakar. Jika ingin juga membentuk tubuh bagian lengan, gunakan tali dengan beban tambahan.


4. Naik turun tangga

Jenis olahraga untuk turunkan berat badan selanjutnya adalah naik turun tangga. Aktivitas ini memang terbilang selalu dilakukan setiap hari, khususnya untuk orang yang tinggal di rumah yang bertingkat. Olahraga ini tidak kalah efektif dan mudah dibanding olahraga lain dalam bantu turunkan berat badan.

Dengan naik turun tangga selama 10 menit ternyata sangat mampu membantu menurunkan kalori dalam tubuh. Bisa dilakukan di tempat kerja atau juga di rumah setiap harinya.


5. Boxing

Olahraga boxing seperti thai boxing (muay thai) ternyata juga bisa menurunkan berat badan. Muay thai ini merupakan salah satu jenis olahraga gabungan dari teknik bela diri dan latihan otot. Dan olahraga ini memang sedikit identik dengan unsur kekerasan.

Namun kamu tidak perlu khawatir karena olahraga ini juga aman dilakukan bahkan bisa menjaga kebugaran tubuh juga. Aman karena sekarang olahraga ini disertai dengan pengaman. Misalnya saja, seperti helm, sarung tinju, dan pelindung dada untuk meminimalkan risiko cedera.

Gerakan dalam olahraga muay thai ini memang melibatkan seluruh bagian tubuh untuk bergerak. Mulai dari kaki, tangan, lutut, siku, sangat aktif akan menjadi sangat aktif melakukan gerakan. []

(Hosea Leonard Hutabarat)



Baca Juga


Berita terkait
4 Jenis Olahraga untuk Menghilangkan Rasa Sedih
Beberapa orang tetap memilih berolahraga untuk mengurangi perasaan negatif. Ketahui apa yang terjadi pada tubuh ketika Anda olahraga saat sedih.
4 Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga
Jika bosan dengan air putih dan minuman olahraga, berikut ini adalah rekomendasi minuman setelah olahraga yang bernutrisi dan dapat menjaga tubuh.
5 Olahraga yang Efektif Kurangi Gejala Asam Lambung
Olahraga dengan ketahanan dengan intensitas tinggi dapat meningkatkan gejala asam lambung, berikut olahraga untuk penderita asam lambung.
0
Penduduk Asli Pertama Amerika Jadi Bendahara Negara AS
Niat Presiden Joe Biden untuk menunjuk Marilynn “Lynn” Malerba sebagai bendahara negara, yang pertama dalam sejarah Amerika Serikat (AS)