8 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga dan Diet

Perut buncit juga harus diiwaspadai karena merupakan salah satu tanda yang mengarah pada masalah kegemukan atau obesitas.
Ilustrasi menghilangkan perut buncit

Jakarta - Memiliki perut buncit tentu sangat mengganggu penampilan, dan terkadang membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Perut buncit juga harus diiwaspadai karena merupakan salah satu tanda yang mengarah pada masalah kegemukan atau obesitas.

Pada umumnya, perut buncit ini bisa diatasi dengan cara melakukan olahraga kardio seperti berlari dan berenang , ini sangat ampuh untuk mengecilkan perut buncit karena akan menggerakan seluruh bagian tubuh. Sementara, gerakan push up dan sit up bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengecilkan perut buncit karena banyak mengunakan otot perut.

Selain itu, olahraga angkat beban juga bisa menjadi pilihan karena tidak hanyak akan membakar lemak, tapi juga menambah massa otot. Lalu, bagaimana dengan cara mengecilkan perut buncit selain berolahraga? Jika ingin mendapatkan perut yang rata tanpa olahraha, dilansir dari Healthline, Anda bisa mencoba melakukan beberapa upaya pengaturan makan berikut ini:


1. Kunyah makanan pelan - pelan

Seberapa cepat Anda menyelesaikan makanan juga dapat memengaruhi berat badan. Sebuah tinjauan dari 23 studi observasional melaporkan bahwa orang yang makan yang lebih cepat lebih cenderung menambah berat badan daripada mereka yang makan yang lebih lambat. Sehingga orang yang makannya cepat cenderung mengalami obesitas. Untuk membiasakan makan lebih lambat, hitunglah berapa kali kamu mengunyah setiap gigitan.


2. Gunakan piring yang lebih kecil untuk makanan tidak sehat

Menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu kamu makan lebih sedikit dengan membuat porsinya terlihat lebih besar.

Di sisi lain, piring yang lebih besar dapat membuat penyajian terlihat lebih kecil, sehingga menyebabkan kamu menambahkan lebih banyak makanan. Anda dapat memanfaatkan ini untuk keuntungan sendiri dengan menyajikan makanan sehat di piring yang lebih besar dan makanan yang kurang sehat di piring yang lebih kecil.


3. Memasak menggunakan minyak kelapa

Tidak semua minyak goreng memiliki efek buruk bagi kesehatan. Minyak kelapa misalnya. Minyak ini justru baik digunakan dalam diet untuk mengecilkan perut buncit. Minyak ini tinggi kalori sehingga baik sebagai pengganti bahan makanan berlemak.


4. Makan Makanan Kaya Serat

Makan makanan kaya serat juga dapat meningkatkan rasa kenyang, sehingga mencegah Anda makan berlebihan. Studi juga menunjukkan bahwa satu jenis serat, serat larut, sangat membantu menurunkan berat badan. Ia meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan makanan.

Serat larut ini membentuk gel saat bersentuhan dengan air. Gel ini meningkatkan waktu penyerapan nutrisi dan memperlambat pengosongan perut. Serat larut hanya ditemukan pada makanan nabati. Contohnya termasuk kacang-kacangan, sereal gandum, asparagus, jeruk, dan biji rami. Suplemen penurun berat badan yang disebut glukomanan juga sangat tinggi serat kental.


5. Manfaatkan cuka apel

Cuka apel sering disebut sebagai minuman yang menyehatkan. Pasalnya, asam asetat dalam cuka apel memiliki banyak manfaat, termasuk membantu mengecilkan perut buncit. Ada pendapat, mengonsumsi satu sendok cuka apel selama 12 minggu setiap hari bisa mengecilkan lingkat perut hingga 1,4 cm.


6. Minumlah Air Secara Teratur

Minum air putih dapat membantu kamu makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan, terutama jika kamu meminumnya sebelum makan. Satu studi pada orang dewasa menemukan bahwa minum setengah liter air sekitar 30 menit sebelum makan mengurangi rasa lapar dan mengurangi asupan kalori. Peserta yang minum air sebelum makan kehilangan 44 persen lebih banyak berat badan selama periode 12 minggu dibandingkan dengan mereka yang tidak.


7. Tidur Teratur dan Hindari Stres

Orang sering kali mengabaikan tidur dan stres. Padahal, keduanya sebenarnya memiliki efek kuat pada nafsu makan dan berat badan. Kurang tidur dapat mengganggu hormon pengatur nafsu makan leptin dan ghrelin. Hormon lain, kortisol, meningkat saat kamu stres.

Hormon-hormon ini berfluktuasi dapat meningkatkan rasa lapar dan keinginan akan makanan yang tidak sehat, yang mengarah ke asupan kalori yang lebih tinggi. Terlebih lagi, kurang tidur dan stres kronis dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit, termasuk diabetes tipe 2 dan obesitas


8. Hindari makanan dan minuman manis 

Kelebihan asupan gula dari makanan dan minuman manis akan diubah menjadi tumpukan lemak di tubuh, salah satunya di sekitar perut. Karena itulah, Anda harus membatasi konsumsi makanan dan minuman manis.


Baca juga:








Berita terkait
Perut Buncit? Berikut Olahraga untuk Mengecilkan Perut
Timbunan lemak di perut akan mengakibatkan munculnya beragam penyakit, sehingga harus dilakukan olahraga untuk membakar lemak perut.
Cara Kecilkan Perut Buncit dengan Bersepeda
Bersepeda bisa menjadi pilihan yang tepat untuk masyarakat yang ingin mengecilkan perut buncit. Berikut ulasannya.
10 Tips Mudah Meratakan Perut Buncit Tanpa Olahraga
Perut buncit tentu menjadi masalah besar bagi sebagian orang, terutama kaum hawa. Berikut cara meratakan perut buncit tanpa olahraga.
0
8 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga dan Diet
Perut buncit juga harus diiwaspadai karena merupakan salah satu tanda yang mengarah pada masalah kegemukan atau obesitas.