UNTUK INDONESIA
Video Pembebasan Kemerdekaan Aceh Darussalam yang Viral
Para penguna media sosial di Aceh dihebohkan beredarnya video sekelompok orang menutupi wajah dengan menggunakan kain serban, berseragam loreng.
Video viral yang menggembarkan masyarakat Aceh. (Foto: Screenshot video viral)

Aceh - Para penguna media sosial di Aceh dihebohkan beredarnya video sekelompok orang dengan menutupi wajah menggunakan kain serban dan berseragam loreng.

Dalam video berdurasi sekitar lima menit lebih itu terlihat enam orang pria berdiri rapi di sebuah ruangan. Seorang di antaranya tepat di barisan tengah. Pria itu tanpa mengenakan penutup wajah. Ia menyampaikan maklumat dengan serius ditujukan kepada warga non-Aceh untuk segera keluar dari daerah berjuluk Serambi Mekkah. 

Belum diketahui di mana video tersebut dibuat. Video beredar luas, viral di internet, Kamis, 19 September 2019.

Enam pria yang ada dalam di video itu mengatasnamakan PKAD/AM dan pembebasan kemerdekaan Aceh Darussalam/Aceh Merdeka, dan Tentara Islam Aceh Darussalam.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Aceh, Komisaris Besar Ery Apriono, mengaku telah menerima video itu. Namun ia belum memberikan informasi lebih lanjut terkait video yang beredar tersebut.

“Nanti saya konfirmasi dulu,” katanya saat dihubungi Tagar, Kamis, 19 September 2019.

Direktur Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Aceh, Komisaris Besar Agus Sartijo, secara terpisah dihubungi Tagar, menyatakan hal sama. Phaknya kini tengah mencari dan menyelidiki video tersebut.

“Kita sedang selidik,” katanya Agus Sartijo.

Kita sedang selidik.

Berikut isi kutipan dalam video tersebut:

Hari ini bertepatan dengan 18 Muharram sebagai bangsa yang mempunyai adat, budaya dan etika di dalam bernegara, maka kami bangsa Aceh Darussalam menyerukan kepada seluruh bangsa-bangsa yang ada di Aceh Darussalam saat ini untuk keluar dari Aceh Darussalam selain dari pada bangsa Aceh Darussalam.

Yang merasa diri bukan bangsa Aceh Darussalam kami persilakan untuk sementara waktu untuk keluar daripada negeri kami, negeri Aceh Darussalam karena kami ingin menyelesaikan persoalan bangsa kami untuk mendirikan hukum Allah di bumi Aceh Serambi Mekah bumi Aceh Darussalam.

Maka dari itu kami atas nama PKAD/AM dan Pembebasan Kemerdekaan Aceh Darussalam/Aceh Merdeka dan Tentara Islam Aceh Darussalam menyerukan kepada seluruh bangsa selain daripada bangsa Aceh Darussalam untuk keluar dari Aceh Darussalam sementara waktu yang kami memberi masa tenggang waktu paling lama 4 Desember 2019 dan bila pada tanggal tersebut orang-orang yang tidak berkepentingan dan berkenaan dengan Aceh Darussalam tidak keluar dari Aceh Darussalam maka jangan salahkan kami untuk mengambil satu tindakan terhadap orang-orang yang memang tidak berkepentingan di Aceh Darussalam.

Bila penyelesaian perkara-perkara yang menyangkut Aceh Darussalam sudah selesai, kami persilakan kepada bangsa-bangsa yang lain untuk masuk lagi kembali ke negeri Aceh Darussalam karena mengingat hal tersebut adalah menentukan dari segala hal, terutama hal yang menyangkut kedaulatan Aceh Darussalam. Kami tidak mau bangsa-bangsa di luar Aceh Darussalam ikut campur dalam penyelesaian hak kedaulatan bangsa kami Aceh Darussalam. []


Berita terkait
Duduk Perkara Video Viral Lucinta Luna Pukuli Orang
Lucinta Luna kembali menebar sensasi. Video berisi adegan dia memukuli seorang lelaki, viral di berbagai media sosial.
Video Xanana Gusmao Jenguk BJ Habibie di Akhir Hayat
Video berisi momen Presiden Timor Leste Xanana Gusmao menjenguk Presiden ke-3 RI BJ Habibie, viral di media sosial.
Indahnya Ketika Islam dan Kristen Bernyanyi di Gereja, Lihat Videonya
Paduan Suara Bahana Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, menunjukkan indahnya arti toleransi beragama. Lihat videonya berikut ini.
0
Unik Peragaan Busana di Kulon Progo
Peragaan busana biasanya dilakukan di gedung-gedung mewah, namun di Kulon Progo peragaan busana diselenggarakan di kebun teh.