UNTUK INDONESIA
Video Xanana Gusmao Jenguk BJ Habibie di Akhir Hayat
Video berisi momen Presiden Timor Leste Xanana Gusmao menjenguk Presiden ke-3 RI BJ Habibie, viral di media sosial.
BJ Habibie mengucapkan sumpah saat menjadi Presiden ke-3 RI menggantikan Soeharto di Istana Merdeka, Jakarta (21/5/1998). (Foto: Antara/Ali Anwar)

Jakarta - Video berisi momen mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao menjenguk Presiden ke-3 RI BJ Habibie, viral di media sosial. Xanana nampak menangis tersedu disamping Habibie yang tengah terbaring lemah karena sakit, sebelum akhirnya meninggal dunia pada Rabu petang, 11 September 2019.




Diketahui, BJ Habibie merupakan presiden yang membuka peluang bagi kemerdekaan Timor Leste, sebuah wilayah yang tadinya merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan nama Timor Timur.

Dalam buku Detik-Detik yang Menentukan, Habibie mengatakan memerdekakan Timor Timur melalui referendum, merupakan jalan yang harus dipilih. Pasalnya, hal itu telah lama diminta oleh berbagai pihak dalam forum internasional, sebagai jalan penyelesaian status di wilayah itu.

Kedubes RI di Timor LesteBendera Setengah Tiang oleh kedua negara di Kedubes RI di Timor Leste. (Foto: Twitter/Sever1no)

Timor Timur memilih pisah setelah 23 tahun bergabung dalam bingkai NKRI, melalui jajak pendapat pada 30 Agustus 1999. Sebanyak 78,5 persen masyarakat di sana, lebih mantap memilih merdeka ketimbang menerima tawaran status khusus dengan otonomi luas dari pemerintah Indonesia.

"Seperti telah saya nyatakan dalam pidato pertanggungjawaban, betapa pun pahit dan pedihnya kita menyaksikan kekalahan rakyat Timor Timur yang prointegrasi dalam jajak pendapat tersebut, namun kita sebagai bangsa yang besar yang menjunjung tinggi nilai-nilai dasar yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945- yang dalam era baru sekarang ini berketetapan hati untuk memajukan demokrasi dan pelaksanaan hak asasi manusia- harus menerima dan menghormati hasil jajak pendapat itu," kata Habibie dalam bukunya.

Karangan Bunga XananaKarangan Bunga dari Presiden Timor Leste Xanana Gusmao di kediaman mendiang BJ Habibie. (Foto: Twitter/Seve1no)

BJ Habibie meninggal dunia pada Rabu sore, 11 September 2019 dalam usia 83 tahun. Sebelumnya, ia sempat mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto karena kondisi kesehatannya menurun.

Baca juga: Jembatan dan Taman BJ Habibie di Timor Leste

Pemerintah Timor Leste mengirimkan karangan bunga sebagai ungkapan duka cita ke kediaman Habibie.

Selain itu, bendera Timor Leste juga dikibarkan setengah tiang di kantor Kedutaan Republik Indonesia di Timor Leste, sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada BJ Habibie.[]

Berita terkait
Megawati dan SBY Datang ke Pemakaman BJ Habibie
Dua Kepala Negara Tanah Air datang ke upacara pemakaman Presiden ke-3 Republik Indonesia (RI) BJ Habibie.
Upacara Pelepasan BJ Habibie, Warga: Selamat Jalan Pak
Upacara pelepasan jenazah Presiden ketiga RI dari rumah duka ke TMP Kalibata, Jakarta, Kamis siang, menjadi perhatian warga.
Seluruh Rakyat NTT Berduka Atas Berpulanya BJ Habibie
Pemerintah Provinsi dan seluruh rakyat Nusa Tenggara Timur menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya BJ Habibie
0
Dosen UNS Ciptakan Alat Bantu Nafas Menangkal Asap
Dosen Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, membuat alat bantu pernafasan menangkal paparan asap akibat kebakaran hutan.
Babi di Masjid