UNTUK INDONESIA
Minum Air Es Bikin Gemuk, Ahli: Tidak Ada Hubungannya
Kebanyakan orang sekarang ini masih mempercayai minum air es bisa membuat badan menjadi gemuk. Padahal itu mitos. Ini penjelasan dari para ahli.
Ilustrasi Air Es. (Foto: blog.titipku.com)

Jakarta - Kebanyakan orang sekarang ini masih mempercayai minum air es bisa membuat badan menjadi gemuk. Padahal sejumlah ahli menyebutkan hal itu hanya sekedar mitos saja. 

"Air es biasa tidak ada hubungannya dengan tubuh menjadi gemuk. Kalorinya nol," ujar Nutrition and Health Science Manager dari Nutrifood Research Center, Astri Kurniati ST MAppSc, beberapa waktu lalu, seperti yang diberitakan Antara

Astri mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir dengan mitos ini selama air yang dikonsumsi itu air bening dan tidak mengandung gula atau kalori tinggi.  

Air es biasa tidak ada hubungannya dengan tubuh menjadi gemuk.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism 2006 menyebutkan minum air dingin justru membantu menurunkan berat badan

Senada hal itu, ahli gizi dari India Swati Kapoor menegaskan minum air es tidak akan membuat tubuh seseorang menjadi gemuk. Itu karena air tidak memiliki kandungan karbohidrat atau lemak. 

"Meskipun jumlah kalori yang terbakar tidak terlalu banyak," ucap Swati Kapoor. 

Kata dia, menyesuaikan 500 mililiter air dingin ke suhu hangat, tubuh nantinya akan membakar 17 kalori saja. Memang kalori yang dibakar tidak banyak, tetapi bila dikalikan dengan banyaknya Anda konsumsi air es, tentu  jumlah kalori yang terbakar bisa lebih banyak. 

Jadi, hal ini perlu diingat agar semua orang memahami jika minum air es tidak ada hubungannya dengan berat badan. Tetapi, pastikan air es yang Anda minum tidak dicampur dengan gula, sirup, dan sebagainya. []

Baca juga:

Berita terkait
Lima Khasiat Minum Air Hangat Setiap Pagi
Minum air hangat setiap pagi memiliki manfaat terbaik untuk kesehatan. Mau tau apa saja?
Efek Minum Air Dingin Bagi Ibu Hamil
Berbagai mitos beredar di kalangan ibu hamil, salah satunya perihal konsumsi minuman dingin.
7 Manfaat Air Dingin untuk Kecantikan Kulit Wajah
Air dingin bermanfaat untuk kecantikan wajah. Berikut sejumlah manfaat air dingin yang ampuh untuk mempercantik kulit wajah.
0
Minum Air Es Bikin Gemuk, Ahli: Tidak Ada Hubungannya
Kebanyakan orang sekarang ini masih mempercayai minum air es bisa membuat badan menjadi gemuk. Padahal itu mitos. Ini penjelasan dari para ahli.