UNTUK INDONESIA
Tips Penting Supaya Tetap Sehat Selama Ada Corona
Selama ada wabah virus corona atau Covid-19, memperhatikan makanan dan gaya hidup sehat tentu sangat penting dilakukan seseorang.
Ilustrasi. (Foto: Pixabay/Olya Adamovich)

Jakarta - Selama ada wabah virus corona atau Covid-19, memperhatikan makanan dan gaya hidup sehat tentu sangat penting dilakukan seseorang. Hal ini berguna untuk membantu menjaga kesehatan tubuh agar tidak rentan sakit, hingga kemungkinan terburuknya terpapar virus mematikan tersebut.

Dilansir dari Indian Express, Ahli Gizi di India Nikhil Chaudhary mengatakan makanan sangat memengaruhi tingkat energi manusia.

"Hindari makanan yang memberi Anda euforia sementara, karena setelah itu tingkat energi akan turun tajam. Sebagai gantinya, konsumsi makanan yang tidak tiba-tiba diikuti oleh (datangnya) depresi mendadak," katanya.

Baca juga: Tips Hilangkan Stres dalam Lima Menit Akibat Corona

Setiap kali merasa lelah, tubuh cenderung tertarik dengan makanan tinggi gula yang bisa memberi perasaan bahagia. Kafein yang terkandung di dalam kopi, digadang-gadang bisa memberikan hal tersebut.

Di sisi lain, ahli gizi dr. Tirta Prawita mengungkapkan pentingnya keseimbangan asupan gizi dan kebutuhan tubuh seseorang. Hal tersebut guna menjaga sistem imunitas tubuh menghadapi infeksi virus.

Baca juga: Tips Sembuh dari Covid-19 Ala Pasien Positif Sumbar

"Diet yang baik optimal agar status gizi baik, supaya jadi kontributor pada sistem imun. Untuk perbaiki fungsi kekebalan tubuh yang harus dikerjakan ialah menyediakan makronutrien, berusaha meminimalisir stres dan mikronutrien," kata dr. Tirta.

Berikut Tagar berikan ulasan beberapa hal yang bisa diperhatikan seseorang untuk tetap hidup sehat di masa pandemi corona.

1. Tahan diri dari makanan kemasan, bergula, dan junk food

Hamburger Monster Laba-LabaHamburger monster laba-laba, makanan unik dan aneh saat perayaan Halloween. (Foto: Instagram/@yvrbcbro)

Jangan sampai merasakan lapar berlebih. Sebab, kelaparan memicu seseorang malahan mengonsumsi lebih banyak junk food dan menyebabkan episode pesta makan yang tidak lagi menyehatkan bagi tubuh.

Makanan-makanan tersebut hanya memberikan kebahagiaan semu dan membuat tingkat energi turun. Seseorang nantinya akan merasa sengsara dan akhirnya makan lebih banyak atau jatuh ke dalam depresi.

Menghindari sama sekali untuk mengonsumsi junk food menjadi salah satu cara agar tidak menimbulkan rasa kecanduan terhadap makanan kurang sehat.

2. Tetap terhidrasi dengan air mineral

Minum Air PutihIlustrasi. (Foto: Reader's Digest)

Setidaknya cara ini bisa membantu menghilangkan keinginan seseorang untuk mengonsumsi kopi, teh, alkohol, dan soda. Manfaat air mineral paling utama yaitu sebagai penghilang haus. Kekurangan air akan membuat dehidrasi yang menyebabkan tubuh lemas. 

Mengonsumsi air mineral dapat menjaga kekuatan otak, karena bisa membantu kamu lebih fokus, mudah berpikir, dan berkonsentrasi. Kinerja otak akan berkurang ketika kamu mengalami dehidrasi.

3. Beraktivitas fisik bisa meningkatkan level kebahagiaan seseorang

IlustrasiIlustrasi olahraga di rumah. (Foto: womenshealthmag.com/FILADENDRON/GETTY IMAGES)

Melakukan aktivitas fisik secara teratur sangat disarankan untuk mewujudkan gaya hidup sehat dan juga meningkatkan kualitas hidup. Tanpa aktivitas fisik, risiko berbagai penyakit dapat meningkat dan mengintai kapan saja.

Beragam hal bisa dilakukan, seperti yoga, latihan kekuatan, lari, dan masih banyak yang lainnya. Seseorang yang memiliki berat tubuh berlebihan atau obesitas, umumnya memiliki risiko lebih tinggi terkena berbagai penyakit. 

Salah satu manfaat aktivitas fisik adalah membantu dalam penurunan berat tubuh dan mencegah penambahan berat tubuh yang berlebihan.

Ketika melakukan aktivitas fisik, tubuh akan melepaskan hormon yang membantu otot dalam penyerapan asam amino. Aktivitas fisik juga membantu menjaga kelenturan sendi sehingga dapat terus berfungsi dengan baik.

4. Konsumsi buah dan sayur secara rutin

Ilustrasi Mencuci SayuranIlustrasi mencuci sayur dan buah. (Foto: modernfarmer.com)

Mengonsumsi buah dan sayur setiap hari dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, kanker, melancarkan sistem pencernaan, membantu meningkatkan fungsi penglihatan dan memori, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menguatkan tulang dan gigi.

Buah dan sayuran merupakan sumber energi alami yang sangat dibutuhkan oleh mereka yang sangat sibuk dan memerlukan makanan bergizi. Tingginya serat alami dalam sayur dan buah menyebabkan proses metabolisme berjalan lancar. Sehingga proses pembuangan kotoran tubuh menjadi mudah.

5. Camilan kacang-kacangan memiliki sumber lemak yang baik

Kacang-kacangEnam Makanan untuk Penderita Maag. (Foto: garmin)

Selain bisa membuat merasa kenyang, makanan ini juga mampu meningkatkan kesehatan otak dan sistem saraf, serta membantu menghindari mengonsumsi camilan goreng dan junk food.

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan dua sumber makanan nikmat yang mudah ditemui dimanapun. Tak hanya nikmat, kacang-kacangan juga punya segudang manfaat untuk kesehatan.

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung cukup banyak serat yang dapat membantu melancarkan dan membersihkan saluran pencernaan, serta membantu menurunkan berat badan

Selain menawarkan asupan serat, kacang-kacangan dan biji-bijian juga memiliki kadar protein yang tinggi yang mampu memberikan cukup energi untuk beraktivitas dan membantu dalam pembentukan otot. []

Berita terkait
Tips Diet Sehat Cegah Gemuk Selama Work From Home
Berat badan bisa bertambah sejak diberlakukannya work from home dan physical distancing sebagai upaya pencegahan Corona.
Tips Menyimpan Cabai yang Benar Saat Pandemi Corona
Pandemi Corona sekarang ini masyarakat diharuskan menyimpan bahan pangan hingga bumbu dapur seperti cabai dengan benar agar tetap awet.
Tips Cegah Iritasi Wajah Akibat Sering Pakai Masker
Memakai masker dalam jangka waktu yang lama di tengah pandemik coronavirus Covid-19 bisa menimbulkan masalah pada kulit.
0
Sektor Usaha Penerima Fasilitas Pajak Ditambah
Pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah menambah jumlah sektor usaha yang dapat menerima fasilitas pajak.