Tips Mudah Meningkatkan Imunitas Tubuh Cegah Corona

Virus Corona sangat rentan menyerang sistem kekebalan tubuh yang lemah. Berikut Tagar berikan Tips meningkatkan imun tubuh.
Ilustrasi penuhi cairan tubuh. (Foto: marinij.com/Daria Shevtsova/Pexels)

Jakarta - Virus Corona atau Covid-19 sangat rentan menyerang sistem kekebalan tubuh yang lemah. Sehingga, disarankan meningkatkan imunitas tubuh dengan cara mudah dan sehat agar terhindar dari upaya penyebaran virus mematikan tersebut.

Berikut Tagar rangkumkan mengenai cara meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah terserang virus Corona.

1. Pola Makan Teratur

IlustrasiIlustrasi pola makan teratur. (Foto: ponguniverse.com)

Makan teratur dan tepat waktu mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Hal ini karena asupan vitamin mineral dalam makanan bisa membantu kondisi tubuh kembali pulih, dikala memiliki imunitas tubuh yang kurang baik.

Memilih bahan makanan yang dikonsumsi juga sangat penting dan pastikan mengandung antioksidan, vitamin A, C, E, serta nutrisi lainnya. Namun, tetap memperhatikan pola makan meski memiliki kegiatan yang padat.

2. Konsumsi Sayur dan Buah

Ilustrasi Sayur dan BuahIlustrasi sayur dan buah. (Foto: health.harvard.edu/tvirbickis/Thinkstock)

Memperbanyak konsumsi sayur dan buah sangat membantu menjaga dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Sebab, kandungan vitamin dan mineral di dalam sayuran serta buah memiliki khasiat melawan virus atau bakteri yang menyebabkan timbulnya penyakit.

Sebuah penelitian mengatakan orang yang banyak mengonsumsi sayur dan buah cenderung tidak mudah terserang penyakit. Jadi, usahakan konsumsi sayur setiap makan siang dan malam, serta buah untuk sarapan. 

3. Rutin Konsumsi Vitamin C

Ilustrasi Vitamin CIlustrasi Vitamin C. (Foto: britannica.com)

Vitamin C atau asam askorbat sudah sejak lama dipercaya dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Nutrisi ini mampu menstimulasi sistem imun saat melawan sel-sel asing yang masuk ke dalam tubuh.

Sebuah penelitian menyebutkan suplemen vitamin C bisa meningkatkan jumlah antibodi yang diproduksi tubuh. Sehingga, dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin C secara rutin, seperti jeruk, jambu biji, stroberi, dan pepaya.

4. Penuhi Cairan Tubuh

IlustrasiIlustrasi penuhi cairan tubuh. (Foto: marinij.com/Daria Shevtsova/Pexels)

Memenuhi cairan tubuh bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi air putih. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. 

Air mampu membawa oksigen ke sel-sel dalam tubuh, sehingga sistem organ menjadi lancar. Bahkan, bisa membantu proses pembersihan racun-racun berbahaya yang ada dalam tubuh. 

Jadi, konsumsilah air setidaknya delapan gelas per harinya agar cairan tubuh terpenuhi dan tidak mudah terserang penyakit berbahaya, seperti Corona atau Covid-19. 

5. Olahraga Rutin

IlustrasiIlustrasi Olahraga. (Foto: runtastic.com)

Selain menyehatkan, olahraga rutin dan teratur juga mampu melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Dengan melakukan aktivitas olahraga, tentu dapat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melancarkan peredaran darah.

Beragam jenis olahraga bisa dipilih untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Disarankan memilih yang mudah dan tidak terlalu berat, seperti jalan kaki, lari, dan lompat tali dengan waktu 30 menit.

6. Istirahat yang Cukup

IlustrasiIlustrasi istirahat cukup. (Foto: timesnownews.com/Getty Images)

Sebuah penelitian mengungkapkan kurang istirahat atau tidur sangat rentan terserang penyakit, lantaran sedikitnya antibodi yang dihasilkan. Namun untuk mencegahnya, istirahat atau tidur yang cukup agar sistem imunitas tubuh bisa meningkat dan tidak terganggu.

Kurang istirahat bisa membuat seseorang rentan mengalami stres hingga insomnia. Sebaiknya mencukupi kebutuhan waktu tidur sesuai dengan usia, idealnya untuk orang dewasa 7 sampai 8 jam setiap harinya.

7. Hindari stres

IlustrasiIlustrasi menghilangkan stress. (Foto: roberthalf.com)

Menghindari stress menjadi kunci utama untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kondisi ini bila tak terkendali dapat  mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh.

Meluangkan waktu untuk bersantai serta melepas lelah sejenak bisa menjadi cara untuk menghindari stres. Misalnya, menonton film, mendengarkan musik, berendam di air hangat, hingga meditasi. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Mencegah Corona Saat di Transportasi Umum
Cegah penularan Corona di transportasi umum sangat penting dilakukan. Berikut tips yang harus diperhatikan ketika berada di transportasi umum.
Tips Terhindar dari Corona di Tempat Gym
Virus Corona atau Covid-19 bisa menular di mana saja, termasuk di tempat gym atau pusat kebugaran. Berikut tips terhindar dari virus Corona.
Tips Sehat Jaga Imun di Kantor Mencegah Corona
Merebaknya virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, semua masyarakat tak terkecuali para pekerja kantor sudah harus meningkatkan kesehatan.
0
Aguero Berharap Bisa Bermain Dengan Messi di Barcelona
Sergio Aguero jadi rekrutan musim panas pertama Barcelona pada musim 2021/2022 dengan transfer bebas dari Manchester City