UNTUK INDONESIA
Tips Cegah Virus Corona Terhadap Manula
Manula atau orang tua sangat rentan terhadap virus Corona atau Covid-19 yang sedang mewabah di sejumlah negara.
Ilustrasi cegah virus Corona atau Covid-19 terhadap manula atau orang tua. (Foto: scoopwhoop.com)

Jakarta - Manula atau orang tua sangat rentan terhadap virus Corona atau Covid-19 yang sedang mewabah di sejumlah negara. Sehingga, sekarang ini penting untuk melakukan upaya pencegahan penularan virus tersebut. 

Virus Covid-19 sangat mudah untuk menyerang orang tua terlebih yang memiliki riwayat penyakit lain, seperti kanker, paru-paru atau diabetes

World Health Organization (WHO) mengatakan orang tua atau orang yang memiliki kondisi kesehatan tersebut mudah terinfeksi Covid-19 karena sistem kekebalan tubuhnya lebih rendah.

Dilansir dari Boldsky, berikut Tagar berikan ulasan mengenai cara mencegah virus Corona terhadap manula atau orang tua.

1. Hindari Pertemuan Sosial

Pertemuan sosial berpeluang untuk bertemu lebih banyak orang, berjabat tangan, dan sentuhan langsung dengan orang lain. Sehingga hal itu mampu mengakibatkan penyebaran penyakit tersebut. 

Saat adanya interaksi itu kemungkinan besar seseorang bisa saja menyentuh barang-barang yang sudah terkena virus Corona atau Covid-19 tersebut.

Jadi, orang dewasa atau manula harus menjaga kesehatan dan waspada dengan kondisi negara yang sedang menghadapi wabah Corona. 

Apabila mengalami gejala virus Corona, diwajibkan untuk segera melakukan konsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Jika terlambat ditangani medis dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi kesehatan.

2. Tidak Melakukan Perjalanan

Dianjurkan untuk sementara waktu bagi manula tidak melakukan perjalanan terlebih dahulu. Sebab, mereka mudah terpapar virus Covid-19. Apalagi ketika berada di tengah kerumunan banyak orang.

Bepergian menggunakan kendaraan umum atau hotel yang tidak dibersihkan dengan benar juga menjadi peluang penyebaran virus Corona dan ini dapat meningkatkan risiko seseorang terinfeksi.

3. Tunda Pemeriksaan Rutin

Manula atau orang tua lebih banyak memiliki masalah kesehatan, sehingga mereka diharuskan untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter. Namun di tengah virus Corona sekarang ini, alangkah baiknya menunda kegiatan itu terlebih dahulu.

Tetapi bila ingin mengunjungi rumah sakit atau dokter, disarankan saat situasi mendesak saja. Pastikan juga tangan mereka dicuci dan peralatan yang digunakan sudah diberikan disinfektan berbasis alkohol dengan baik sebagai upaya penyebaran virus Covid-19.

4. Tunda Menerima Kunjungan Cucu

Ketika situasi seperti ini, para manula harus menghindari atau menunda untuk mengunjungi cucu. Hal ini karena anak-anak sangat mudah terserang virus lantaran kekebalan tubuhnya yang lemah.

Ketika orang tua sudah terinfeksi virus Covid-19, kemudian berkunjung menemui anak atau cucunya yang terbilang muda, kemungkinan besar peluang penyebarannya bisa semakin meluas.

5. Beralih ke Pertemuan Virtual

Orang tua atau manula sangat sulit untuk menjauhkan diri dari interaksi sosial karena bisa menimbulkan masalah kesehatan mental yang dialami nantinya. 

Namun, jangan khawatir, mereka tetap bisa melakukan interaksi dengan mengatur pertemuan virtual (video call) bersama kerabat atau teman. Cara ini bisa meminimalisir penularan virus kepada orang lain. 

6. Larang Kunjungan ke Rumah Jompo

Panti jompo bermanfaat untuk memberikan perawatan dan perhatian kepada lanjut usia (Lansia). Di tempat ini, para lansia dipantau kesehatannya secara rutin. 

Namun, saat seperti ini pengunjung nonmedis termasuk anggota keluarga ke panti jompo harus dibatasi. Sebab, mereka (lansia) memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. Sehingga sangat rentan dengan penularan virus Corona.

7. Ajarkan Kebersihan pada Pengasuh

Pengasuh umumnya seseorang atau sekelompok profesional yang berpengalaman memberikan perawatan dengan obat-obatan, serta kebutuhan lainnya dengan tepat waktu kepada orang tua.

Situasi seperti saat ini penting untuk memeriksa kembali kebersihan pengasuh dan pastikan mereka mencuci tangan dengan benar dan belum mengunjungi daerah yang terinfeksi wabah Corona.

8. Jangan Kompromi pada Rutinitas Harian

Virus Covid-19 yang menjadi pandemi turut mempengaruhi aktivitas masyarakat di luar sana. Dengan begitu, orang-orang harus memperhatikan kebiasan rutin anggota keluarga, khususnya mereka yang lebih tua, seperti mengonsumsi makanan sehat, istirahat tepat waktu, dan berolahraga setiap hari. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Terhindar dari Corona di Tempat Gym
Virus Corona atau Covid-19 bisa menular di mana saja, termasuk di tempat gym atau pusat kebugaran. Berikut tips terhindar dari virus Corona.
Tips Bagi Penderita Jantung Menghindari Virus Corona
dr. Vito A Damay mengatakan penderita jantung dan paru-paru berisiko terinfeksi virus Corona.
Lima Olahraga Ideal untuk Manula Hindari Corona
Olahraga menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan oleh para manula untuk menghindari virus Corona.
0
Ganjar Pranowo, Gubernur Paling Sigap Atasi Covid-19
Ganjar Pranowo dinobatkan sebagai gubernur paling sigap dalam mengatasi pandemi Covid-19. Ini profil Gubernur Jawa Tengah tersebut.