UNTUK INDONESIA
Malaysia Sebut Klaster Baru Covid-19 dari Magetan
Malaysia mengumumkan klaster baru penularan virus corona (Covid-19) di negeri itu yaitu melalui seorang mahasiswa Malaysia yang pulang dari Magetan
Tentara berjaga di jalanan Kuala Lumpur pada Minggu, 22 Maret 2020 saat wabah Covid-19 merebak di Malaysia. Militer Malaysia ditugaskan membantu Kepolisian Kerajaan Malaysia untuk menegakkan "lockdown" dalam meredam penularan Covid-19. (Foto: ANTARA FOTO/REUTERS/Lim Huey Teng/pras).

Kuala Lumpur - Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) mengumumkan klaster baru orang-orang yang terjangkit virus corona (Covid-19) dari pelajar Malaysia yang baru pulang dari sebuah pesantren di Temboro, Magetan, Jawa Timur.

"Sebuah klaster baru telah dideteksi di pintu masuk internasional, yaitu warga Malaysia yang pulang dari Indonesia melalui Lapangan Terbang Kuala Lumpur (KLIA) pada 16 April 2020," ujar Dirjen Kesehatan KKM Dr Noor Hisham Abdullah di Kuala Lumpur, Minggu, 19 April 2020, seperti dilaporkan Antara.

Klaster itu terdiri dari 43 orang yang dinyatakan positif Covid-19 di kalangan pelajar yang pulang dari Temboro, salah satu daerah yang telah dinyatakan sebagai zona merah di daerah Magetan. "Masih terdapat beberapa kasus yang masih menunggu keputusan," katanya.

Dia mengatakan sebanyak 34 orang dari keseluruhan 43 kasus tersebut telah dikarantina di Negara Bagian Melaka dan sembilan orang di Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur dan Putrajaya. "Ini menunjukkan bahwa tindakan pemerintah untuk mengambil langkah karantina dan menyaring semua warga Malaysia yang pulang dari luar negeri adalah tepat," katanya.

Pada kesempatan yang sama, KKM menyampaikan terdapat 95 orang yang telah pulih dan diizinkan pulang pada Minggu, 19 April 2020, sehingga menjadikan jumlah kumulatif kasus yang telah pulih sepenuhnya dari Covid-19 adalah sebanyak 3.197 atau 59,32 persen dari jumlah keseluruhan kasus. []

Berita terkait
Kondisi Warga Aceh Saat Malaysia Lockdown Corona
Masyarakat Aceh di Malaysia mulai kelaparan akibat lockdown corona yang diterapkan pemerintah Malaysia.
TKI dari Malaysia Diminta Tes Virus Corona
Mendagri Tito Karnavian meminta TKI yang pulang dari Malaysia dites virus corona.
0
Relaksasi Kredit, Bank di Daerah Masih Saja Menagih
Presiden Jokowi membuat kebijakan relaksasi kredit saat pandemi Covid-19, praktiknya petugas bank milik negara masih ada yang menagih bunga kredit.