UNTUK INDONESIA
Olahraga Jalan Kaki yang Benar untuk Kesehatan Tubuh
Salah satu jenis olahraga kardio yang mudah untuk dilakukan, yaitu berjalan kaki. Berikut cara olahraga jalan kaki yang benar untuk Kesehatan.
Ilustrasi Jalan Kaki. (Foto: Pixabay/MabelAmber)

Jakarta - Salah satu jenis olahraga kardio yang mudah untuk dilakukan, yaitu berjalan kaki. Jika aktivitas fisik ini dijalankan dengan benar dan rutin, tentu memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

Meski olahraga ringan ini tidak membutuhkan alat pendukung lainnya, namun tidak banyak yang tahu bagaimana cara aman untuk menjalankan olahraga jalan ini. Akibatnya banyak yang melakukan kesalahan, sehingga membuat jalan kaki menjadi kurang efektif dan menyenangkan. 

Menurut Indian Express yang dilansir dari Antara, berikut cara olahraga jalan kaki yang benar untuk kesehatan tubuh.

1. Gunakan Sepatu 

Meski hanya berjalan, Anda tetap membutuhkan sepatu agar selalu aman dan nyaman melakukan olahraga yang satu. Ingat, jangan menggunakan sandal jepit atau sandal. 

Sepatu akan memberikan bantalan yang baik dan melindungi kaki Anda dari cedera. Jika Anda sering berjalan untuk jarak yang jauh, Anda harus membeli sepatu yang berkualitas terbaik. 

2. Hindari Berjalan Terlalu Cepat

Meski jalan cepat adalah aktivitas fisik yang direkomendasikan oleh para ahli, tetapi jika berjalan terlalu cepat juga tidak baik dan itu dilarang. Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi seperti olahraga dasar di pusat kebugaran, jalan kaki juga memiliki teknik tertentu. 

Berjalanlah dengan cepat, tetapi hindari mengambil langkah panjang, karena dapat menyebabkan cedera kaki dan membuat Anda kehilangan keseimbangan. Jadi ambil langkah kecil sebagai gantinya.

3. Hindari jalan lambat 

Sama seperti berjalan cepat, berjalan lambat juga harus dihindari. Jangan sampai tertukar dengan jalan-jalan, berjalan lambat bisa membuat Anda kehilangan perspektif tentang tujuan Anda dalam hal kebugaran.

4. Istirahat

Para ahli mengatakan bahwa mengambil interval teratur saat berjalan, dapat membantu Anda membakar lebih banyak lemak dan meningkatkan kebugaran, dan stamina tubuh Anda.

5. Bedakan Jalan Santai dan Jalan Bugar

Anda harus bisa membedakan antara berjalan santai dengan berjalan untuk kebugaran. Berjalan santai itu sifatnya hanya untuk aktivitas rekreasi, sedangkan berjalan untuk kebugaran akan mendatangkan banyak manfaat, terutama dalam menjaga kesehatan tubuh.

Saat Anda berjalan untuk kebugaran, pastinya darah mengalir dari kepala hingga ujung kaki. Kondisi ini sangat baik untuk melancarkan peredaran darah Anda. []

Baca juga:

Berita terkait
Syarat Berolahraga di Gym Selama New Normal
Memasuki era new normal, pusat kebugaran atau gym mulai dibuka kembali. Namun, sebaiknya tetap menerapkan protokol kesehatan saat berada di sana.
Tips Turunkan Berat Badan Tanpa Diet dan Olahraga
Kebanyakan orang melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badan, mulai dari diet ketat hingga olahraga. Berikut cara menurunkan berat badan.
Begini Cara Olahraga Pagi yang Tepat dan Benar
Olahraga dapat memperbaiki mood dan mengembalikan keceriaan yang sempat hilang karena stres.
0
Kronologi Kebakaran Tewaskan Nenek di Padang Sumbar
Polsek Lubuk Begalung, Padang belum mengetahui penyebab kebakaran yang menewaskan seorang nenek 90 tahun.