UNTUK INDONESIA
Cara Sederhana Merawat Kulit Saat Berolahraga
Ketika berolahraga, penting untuk tetap menjaga kesehatan kulit agar tetap terjaga dan terhindar dari masalah. Ini cara sederhana merawat kulit.
Ilustrasi Berolahraga. (Foto: Pixabay/StockSnap)

Jakarta - Sebelum melakukan aktivitas olahraga, sebaiknya terlebih dahulu memperhatikan kondisi kulit. Ini menjadi salah satu langkah awal untuk menjaga kesehatan kulit agar tidak berdampak buruk ke depannya. 

Ketika sehabis berolahraga keringat menyentuh kulit, kuman dan bakteri pasti akan masuk ke dalam pori-pori. Jadi, disarankan agar Anda melakukan perawatan kulit yang benar dan tepat baik sebelum maupun sesudah berolahraga. Ini bertujuan supaya kesehatan kulit tetap terjaga dan terhindar dari berbagai masalah yang mengganggu.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar berikan ulasan mengenai cara sederhana merawat kulit saat berolahraga.

1. Jangan Gunakan Makeup Jika Memungkinkan

Kulit yang bersih dan terbebas dari makeup menjadi salah satu cara terbaik untuk merawatnya saat berolahraga. Sebab, suhu tubuh akan memanas selama berolahraga dan membuat pori-pori terbuka sehingga apa pun yang ada di permukaan kulit bisa masuk.

Cobalah biarkan kulit bernapas dengan tidak menggunakan produk kecantikan apapun saat berolahraga. Namun jika tidak tahan, Anda bisa mencoba cari produk yang tidak akan menyumbat pori-pori atau non comedogenic.

2. Menggunakan Sunscreen Sebelum Berolahraga

Anda bisa menggunakan sunscreen saat berolahraga baik di dalam ruangan atau di luar ruangan. Ini karena cahaya matahari tetap bisa masuk melalui jendela yang cukup besar saat berolahraga di dalam ruangan.

Kulit yang terpapar sinar UV nantinya bisa meningkatkan risiko kerusakan dan penuaan kulit. Selain itu, paparan sinar matahari yang tercampur keringat juga bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat. Jadi untuk mencegahnya, Anda bisa mengenakan sunscreen dengan SPF anti keringat saat hendak berolahraga.

3. Memakai Handuk yang Tepat

Ketika berolahraga, sebaiknya mengelap keringat yang keluar dengan handuk yang bersih. Cara mengelapnya juga cukup dengan menepuk handuk secara lembut pada bagian yang berkeringat. Jangan menyeka keringat terlalu kencang karena bisa membuat kulit rusak dan kasar nantinya.

4. Cuci Muka Setelah Olahraga

Membersihkan kulit wajah setelah berolahraga menjadi hal penting yang harus dilakukan. Sebab, ini bisa menghilangkan bakteri dan residu keringat yang menumpuk selama berolahraga.

Dengan mencuci muka juga bisa membantu mendinginkan kulit, mencegah pecahnya pembuluh darah, serta mengembalikan suhu kulit ke tingkat normal. Setelah membersihkan wajah, cobalah menggunakan pelembap sebelum memakai produk makeup apapun.

5. Mandi Setelah Keringat Kering

Mandi seusai berolahraga menjadi salah satu cara perawatan kulit yang harus dilakukan. Sebab, saat mandi bisa membilas minyak dan bakteri menumpuk yang bisa menyebabkan jerawat. Bagi yang memiliki kulit sensitif, disarankan menggunakan sabun dan pembersih wajah dengan kandungan ringan sekaligus bebas minyak.

6. Menggunakan Sunscreen Kembali

Setelah mandi, jangan lupa menggunakan sunscreen kembali untuk membantu meratakan warna kulit dan membuat kulit tetap terlindungi dari paparan sinar UV. Namun, dalam kondisi ini tidak perlu mengaplikasikannya terlalu banyak atau tebal.

Nah, itulah beberapa cara sederhana perawatan kulit yang bisa dilakukan saat berolahraga. Dengan begitu, kesehatan kulit akan tetap terjaga dan terhindar dari berbagai masalah yang mengancam. []

Baca juga:

Berita terkait
5 Alasan yang Membuat Kulit Ketiak Hitam
Kulit ketiak hitam bisa diakibatkan adanya kesalahan dalam proses perawatan. Berikut beberapa alasan yang bisa membuat ketiak hitam dan kusam.
Lima Khasiat Oatmeal untuk Mempercantik Wajah
Oatmeal ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan. Berikut sejumlah manfaat oatmeal.
Bahan Alami Berkhasiat Menghaluskan Wajah
Memiliki kulit wajah yang halus bisa dengan mudah menggunakan bahan-bahan alami. Berikut sejumlah bahan alami tersebut.
0
Kota-kota yang Memanjakan Pengguna Sepeda di Uni Eropa
Beberapa kota di Eropa membangun jalur agar ramah bagi sepeda sehingga memanjakan pesepeda yang juga ramah lingkungan