Jakarta, (Tagar 8/11/2018) - Semua orang pasti tahu manfaat olahraga pagi bagi kesehatan. Tetapi lebih banyak orang tidak tahu bagaimana berolahraga di pagi hari dengan cara yang benar.

Bila mengetahui teknik olahraga yang benar dapat membuat badan sehat, segar, dan kebugaran tubuh menjadi meningkat. Selain itu, olahraga dapat memperbaiki mood dan mengembalikan keceriaan yang sempat hilang karena stres.

Manfaat melakukan olah raga pagi dapat membantu terhindar dari berbagai penyakit. Mulai dari sakit ringan seperti flu, demam, atau pun batuk, sampai penyakit ganas seperti serangan jantung, stroke, maupun gangguan pernapasan.

Berikut beberapa tips yang redaksi Tagar News berhasil kumpulkan, mengenai cara berolahraga pagi yang tepat dan benar.

Awali dengan Minum Air

Biasakan untuk meminum air putih atau air mineral sebelum berangkat berolahraga. Bahkan, akan lebih baik jika rajin minum air putih setelah bangun tidur.

Sebelum memulai olahraga, minumlah dua sampai tiga gelas air putih. Agar tubuh tidak kekurangan cairan (dehidrasi) sekaligus menjaga daya konsentrasi otak saat berolahraga.

Mulai dari Jam 6 Pagi

Namanya juga olahraga pagi, tentunya harus dilakukan pagi-pagi, bukan siang atau sore hari. Waktu terbaik untuk memulai yaitu sekitar jam 6 pagi.

Selain karena hawanya masih sejuk, kondisi udara pada jam 6 akan menyehatkan organ paru-paru. Anda akan terhindar dari gangguan pernapasan.

Lakukan Pemanasan

Setelah semalaman otot tubuh beristirahat, tiba-tiba langsung memaksanya lari keliling kompleks, tentu otot akan kaget, kemudian berisiko terkena kram atau bahkan akan merasa pusing.

Biasakan melakukan pemanasan atau stretching 5 sampai 10 menit dengan gerakan sederhana.

Lanjut ke Joging Ringan

Setelah meregangkan otot melalui pemanasan, tahap selanjutnya adalah joging mengelilingi kompleks atau cukup sekitar rumah saja.

Berolahraga Pagi Sesuai Hobi

Apakah Anda tahu badan sehat hanya satu-satunya manfaat dari olahraga pagi? Sedangkan manfaat yang paling utama dari berolahraga di pagi hari adalah kondisi jiwa dan mental yang sehat.

Percuma melakukan olahraga tanpa perasaan senang. Karena itu, pilih jenis olahraga yang disukai dan sesuai dengan hobi. Bisa bersepeda, bulu tangkis, bola basket atau sekadar lari beberapa kali putaran. []