UNTUK INDONESIA
Menikmati Pesona Objek Wisata Bur Telege di Aceh
Pesona Aceh memang tiada habisnya untuk diselami, memukau dan memikat mata, salah satunya adalah Bur Telege (1.360 mdpl) di Takengon, Aceh Tengah.
Wisatawan berfoto di objek wisata Bur Telege di Kampung Bale Bujang, Kecamatan Laut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. (Foto: Tagar/Muhammad Fadhil).

Banda Aceh - Bumi Aceh seolah tak ada habisnya untuk ditelusuri. Selain kaya akan objek wisata pantai, provinsi paling ujung Sumatera ini juga memiliki segudang objek wisata alam lainnya seperti Bur Telege.

Bur Telege merupakan sebuah objek wisata di Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Lokasi wisata yang berada pada ketinggian 1.360 meter di atas permukaan laut ini terletak di Kampung Bale Bujang, Kecamatan Laut Tawar.

Beberapa waktu lalu Tagar berkesempatan mengunjungi objek wisata menawan ini. Dari Jalan Medan-Banda Aceh, pelancong akan menempuh rute darat selama dua jam dari Jalan KKA Kabupaten Aceh Utara-Bener Meriah, Kabupaten Aceh Tengah

Untuk mengeksplorasi Bur Telege, pelancong hanya perlu mengeluarkan kocek Rp 2.500. Kemudian, tapakkan kaki pada jalur menanjak sepanjang 50 meter.

Jika pagi hari memang pemandangan sangat indah, kita seperti berada di atas awan.

Begitu tiba di puncak, di ketinggian 1.360 meter itu, wisatawan akan disuguhi pemandangan indah, jendela alam Aceh terbuka lebar, pesona Kota Takengon dan luasnya Danau Lut Tawar akan terlihat jelas sejauh mata memandang. Sesekali angin gunung berdesir, serasa menusuk hingga ke tulang.

Selain tersedia sejumlah spot untuk berswafoto, pengunjung juga bisa menikmati kopi khas yang dijajakan di warung Bur Telege, sayang apabila tidak mencicipi aromanya.

Bur TelegeGerbang masuk objek wisata Bur Telege di Kampung Bale Bujang, Kecamatan Laut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. (Foto: Tagar/Muhammad Fadhil)

Salah seorang pengunjung, Maulana Ibrahim mengaku sudah lama berkeinginan berwisata ke sini, tetapi baru tahun 2019 bisa tercapai. Bagi dia, Bur Telege bagaikan negeri di atas awan yang tidak bisa terlupakan.

"Jika pagi hari memang pemandangan sangat indah, kita seperti berada di atas awan," ucapnya tersenyum.

Maulana datang dari Kabupaten Bireuen. Bersama teman-temannya, ia juga mengunjungi sejumlah objek wisata lainnya di Kota Takengon, seperti Pantan Terong yang juga terletak di perbukitan ini.

"Bisa dibilang kalau Takengon memang menjadi tujuan para wisatawan saat musim liburan," kata dia.

Warga yang bermukim di sini, Anita Sari, menuturkan, Bur Telege memang menjadi magnet wisata anak muda di Kota Takengon untuk menghabiskan waktu akhir berkhir pekan maupun tamasya panjang.

Ia bersyukur lokasi itu kini mulai dibenahi. Dulu, kata Anita, Bur Telege hanya hutan dan sangat semak, ditumbuhi ilalang tidak terurus.

"Sekarang juga jalan akses menuju puncak masih rusak dan licin jika musim hujan, semoga juga cepat dibenahi," tutur Anita. []

Baca juga: DPRD dan Tokoh Adat di Tobasa Tolak Wisata Halal

Berita terkait
Potensi Gua Eek Lunthie Aceh Jadi Objek Wisata
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo mengungkap potensi Gua Eek Lunthie Aceh jadi objek wisata.
Asyik Akan Ada Wisata Jembatan Kaca di Sumatera Selatan
Di Sumatera Selatan bakal ada objek wisata baru berupa jembatan kaca sepanjang 250 meter dengan ketinggian 15 meter.
Wisata Halal, Quo Vadis Pariwisata Danau Toba
Daerah tujuan wisata (DTW) di Indonesia dihadapkan dengan politik agama, wisata halal. Jika ini diterapkan di Danau Toba merusak pranata adat
0
iPhone 11 Dijual Resmi di Indonesia 6 Desember 2019
Mulai 6 Desember 2019 Teletama Artha Mandiri (TAM) akan memasarkan iPhone 11 di Indonesia. Berikut harga jualnya,