Kenali 4 Efek Samping Diet Mayo Sebelum Anda Memulainya

Saat menjalani diet ini Anda akan kehilangan asupan garam dan kandungan air dari dalam tubuh, sehingga berat badan akan turun dengan cepat.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta – Diet mayo merupakan salah satu diet yang sangat populer. Jenis diet ini menekankan untuk mengurangi konsumsi garam, baik itu makanan yang diolah menggunakan garam atau berbagai makanan lainnya yang memiliki kandungan garam.

Saat menjalani diet ini Anda akan kehilangan asupan garam dan juga kandungan air dari dalam tubuh, sehingga berat badan Anda akan turun dengan cepat. Hal itu disebabkan garam memiliki sifat yang mengikat air, maka jika Anda tidak mengonsumsi garam tubuh akan melepaskan banyak air. Namun, ternyata diet ini memiliki efek samping jika tidak dilakukan dengan benar. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 4 efek samping diet mayo.


1. Masalah pencernaan

Jika pola makan Anda beralih secara drastis ke diet mayo, maka tidak menutup kemungkinan Anda akan mengalami masalah pencernaan. Hal ini dikarenakan tubuh menerima asupan yang berbeda dari biasanya dan hal ini umum terjadi pada seseorang yang baru menjalankan diet.


2. Dehidrasi

Diet mayo utamanya adalah menekankan untuk mengurangi konsumsi garam. Padahal, garam merupakan zat yang memiliki peran dalam tubuh untuk osmosis atau menyerap air dalam tubuh. Akibatnya, pelaku diet justru bisa terserang dehidrasi.


3. Gula darah naik

Efek samping yang berkaitan dengan konsumsi buah sebagai menu diet mayo adalah peningkatan gula darah. Kebanyakan pelaku diet mayo mengonsumsi satu buah tertentu secara berlebihan dan mengurangi asupan makanan lainnya. Namun, pola makan seperti ini ternyata bisa menjadi boomerang bagi pelaku diet, terutama kalau pelaku diat mempunyai riwayat penyakit diabetes. Oleh sebab itu, aplikasi diet mayo yang salah bisa berpotensi bahaya.


4. Mual dan kelelahan

Selama periode diet, hampir tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan padat dan hanya disarankan mengonsumsi sayur dan buah. Nutrisi tubuh justru tidak terpenuhi dan pelaku diet hanya kelebihan beberapa nutrisi saja. Jika Anda merasakan efek samping ini ketika melakukan diet mayo, hentikan! Ini bukan pola diet yang benar dan bisa berujung pada malapetaka. Segera konsultasikan dengan ahli gizi untuk penanganan tepat dan pemilihan pola diet yang sesuai kebutuhan. []

(Fadhil Ramadhan)


Baca Juga


Berita terkait
Kenali 4 Efek Samping Diet Vegan Sebelum Anda Memulainya
Para peminat metode diet ini benar-benar menghindari segala asupan yang berasal hewan, termasuk madu, telur, dan produk susu.
6 Cara Memperbaiki Pola Diet Agar Lebih Sehat
Pola diet yang salah akan merugikan kesehatan Anda.
Ciri-ciri Diet yang Merugikan Menurut Para Ahli
Melakukan diet dengan metode yang tidak benar bisa memberikan dampak negatif pada tubuh Anda.
0
Kenali 4 Efek Samping Diet Mayo Sebelum Anda Memulainya
Saat menjalani diet ini Anda akan kehilangan asupan garam dan kandungan air dari dalam tubuh, sehingga berat badan akan turun dengan cepat.