5 Aturan Diet Makanan Mentah dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Metode diet ini diklaim dapat memberikan Anda energi lebih banyak, memperbaiki penampilan dan kesehatan kulit.
Ilustrasi diet makanan mentah. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Diet makanan mentah (raw food diet) adalah salah satu jenis diet yang diklaim dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Metode diet ini ada karena proses pemanasan yang digunakan saat memasak makanan akan mengurangi kadar zat gizi dan enzim-enzim yang terdapat di dalam makanan. Padahal enzim-enzim tersebut baik bagi pencernaan dan membantu melawan berbagai macam penyakit terutama yang bersifat kronis, inilah yang dimanfaatkan orang-orang yang menjalani raw food diet.

Dalam diet makanan mentah juga terdapat beberapa aturan yang harus dijalankan agar hasilnya maksimal.


1. Jangan konsumsi makanan yang dimasak

Pengolahan makanan dalam raw food diet biasanya menggunakan prosesor makanan (food processor), dehidrator, dan blender. Jika Anda menjalani diet makanan mentah 100%, maka makanan yang diproses lebih dari suhu 46 derajat celcius tidak boleh Anda konsumsi. Karena makanan yang dimasak atau diolah dengan suhu lebih dari 46 derajat celcius akan kehilangan sebagian enzimnya sekaligus membuat makanan lebih sulit untuk dicerna. 


2. Gunakan air yang sudah difilter atau didistilasi

Karena penyajiannya yang dalam bentuk mentah, maka kebersihan menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Penggunaan air yang tidak steril dapat meningkatkan risiko munculnya racun atau parasit dalam makanan dan berpotensi menyebabkan penyakit. Untuk membuat smoothies dan jus, menggunakan air yang sudah difilter atau didistilasi merupakan pilihan yang terbaik.

3. Gunakan bahan-bahan makanan organik

Anda harus memastikan bahan makanan yang digunakan bebas dari berbagai jenis toksik, salah satunya yang berasal dari pestisida. Karena, pengolahan dan pemasakan makanan menggunakan panas sebenarnya dapat membunuh berbagai macam toksik dan racun yang terdapat pada bahan makanan, tetapi jika Anda memutuskan untuk menjalani diet makanan mentah, maka memilih bahan baku yang dari sananya sudah ‘aman’ tentu akan lebih baik.

4. Konsumsi kacang-kacangan yang sudah direndam terlebih dahulu

Kacang-kacangan adalah salah satu jenis bahan makanan yang banyak digunakan dalam raw food diet, karena itulah pengolahan kacang-kacangan juga perlu diperhatikan. Kacang seperti kacang mede, kacang almond, atau hazelnut sebaiknya direndam dalam air yang sudah difilter terlebih dahulu. Perendaman ini berfungsi untuk menghilangkan rasa pahit serta menjadikan kacang lebih mudah dicerna meskipun dikonsumsi mentah. Proses perendaman ini dapat menggantikan proses pemanggangan yang biasanya digunakan untuk mengolah kacang.

5. Menghindari jenis makanan tertentu

Biasanya, jenis makanan yang biasanya tidak diikutsertakan dalam diet makanan mentah ini adalah produk telur serta susu dan olahannya karena cenderung berbahaya jika dikonsumsi tanpa proses pengolahan terlebih dahulu. Untuk mensiasatinya, Anda bisa mengonsumsi susu yang terbuat dari kacang-kacangan misalnya susu kacang mede atau susu almond. Biji-bijian juga biasanya dihindari karena biasanya harus dimasak terlebih dahulu, jenis produk biji-bijian yang umum digunakan dalam raw food diet adalah oat mentah atau quinoa mentah yang harus direndam terlebih dengan air yang sudah difilter terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Manfaat raw food diet

Konsep utama dari diet makanan mentah adalah pentingnya enzim-enzim alami yang terdapat dalam makanan. Adanya enzim alami ini membuat tubuh kita tidak perlu memproduksi enzim berlebihan hanya untuk mencerna makanan. 

Diet makanan mentah juga mempercayai bahwa pengolahan makanan menggunakan panas dapat mengurangi nilai gizi suatu makanan karena hilangnya sebagian besar vitamin dan mineral. Makanan yang diolah juga cenderung memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna dan dapat menyumbat saluran pencernaan dan pembuluh arteri Anda dengan lemak, protein, dan karbohidrat yang dicerna secara kurang sempurna. 

Metode diet ini juga diklaim dapat memberikan Anda energi lebih banyak, memperbaiki penampilan dan kesehatan kulit, meningkatkan efektivitas kerja sistem pencernaan, menurunkan berat badan, dan menurunkan risiko Anda menderita penyakit degeneratif terutama penyakit yang berhubungan dengan kesehatan kardiovaskular. []

Berita terkait
7 Bahaya Diet Keto, Pertimbangkan Sebelum Mencobanya
Jika Anda berniat untuk melakukan diet ketogenik ini sebaiknya konsultasikan pada dokter dan ahli gizi.
Cara Menjalani Diet Telur, Pilih Versi yang Paling Aman
Ada berbagai versi diet telur dan tidak semuanya sehat, bahkan mungkin tidak bekerja juga.
Lima Tips Diet Sehat yang Baik dan Benar
Diet sehat yang baik dan benar harus diketahui oleh semua orang yang memiliki bentuk tubuh besar. Berikut tips diet sehat yang baik dan benar.
0
5 Aturan Diet Makanan Mentah dan Manfaatnya untuk Kesehatan
Metode diet ini diklaim dapat memberikan Anda energi lebih banyak, memperbaiki penampilan dan kesehatan kulit.