UNTUK INDONESIA
Lima Tips Menjaga Kesehatan Otak Bagi Lansia
Salah satu organ yang harus dijaga khususnya bagi orang lanjut usia adalah otak. Karena otak menjalankan peran kesadaran dan kemampuan berfikir.
Ilustrasi lansia. (Foto: Pixabay/Rottonara)

Jakarta - Seiring berjalannya usia, kemampuan otak manusia akan selalu mengalami perubahan. Semakin lanjut usia (Lansia) seseorang, kondisinya bakal cenderung terus menurun. Padahal, otak lah yang berfungsi menjalankan peran kesadaran dan kemampuan berfikir.

Karenanya, otak menjadi organ yang harus dijaga, terlebih untuk orang-orang lanjut usia.

Berikut ini 6 tips menjaga kesehatan otak versi Harvard University.

1. Terus Belajar

Ada pepatah yang mengatakan jika semua orang adalah guru dan semua tempat adalah sekolah. Mungkin kalimat bijak tersebut mencoba mengajak kita untuk terus belajar tanpa mengenal waktu dan tempat.

Aktivitas belajar dapat merangsang otak untuk terus berfikir. Selain itu, bagi orang yang berusia lanjut, belajar dapat menjadi sarana yang tepat untuk mencegah penyakit termasuk pikun, atau bahkan alzheimer.

Belajar juga dapat membangun mental sehingga tidak mudah dipengaruhi hal-hal yang tidak benar.

2. Menggunakan Panca Indra

Tetap menggunakan panca indra hingga usia lanjut dapat menjaga kesehatan otak. Selain itu, melatih kemampuan indra di usia yang tak lagi muda juga dapat membantu seseorang untuk mengelola daya ingat, emosi, dan empati.

Dalam beberapa penelitian menunjukkan beberapa orang berusia lanjut mengalami kesulitan untuk mengenali bau dan suara karena tidak terbiasa melatih indra penciuman dan pendengarannya.

Salah satu cara melatih dan menggunakan panca idera adalah dengan memainkan berbagai permainan ketangkasan bersama keluarga.

OtakIlustrasi - Otak. (Foto: Pixabay)

3. Tetap Percaya Diri

Ada anggapan (stereotip) yang mengatakan jika orang-orang berusia lanjut sulit mengikuti perkembangan zaman. Acapkali orang-orang berusia lanjut mempercayai ini dan bersikap pasrah dengan keadaan.

Namun, hal tersebut ternyata berpengaruh pada kesehatan otak. Tetaplah percaya diri untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan mengikuti perkembangan zaman selama kondisi fisik memungkinkan.

Meski begitu, perlu diingat juga bahwa rasa percaya diri tidak boleh dikeluarkan secara berlebihan.

4. Biasakan Menggunakan Fungsi Otak

Otak memiliki fungsi utama untuk merawat ingatan. Kebiasaan memelihara fungsi otak adalah hal yang baik, khususnya bagi orang-orang berusia lanjut. Biasakan untuk mengingat sesuatu seperti mengingat letak, bentuk, dan sebagainya.

Jangan terburu-buru menyuruh orang lain untuk mengambilkan sesuatu. Upayakan untuk mengingat terlebih dahulu sembari mencari barang yang hendak Anda ambil.

5. Mengulangi Hal-Hal yang Wajib Diketahui

Ada beberapa hal yang harus tetap diketahui atau diingat bagi orang-orang berusia lanjut, seperti alamat, keluarga terdekat, maupun nomor telepon. Hal ini dapat membantu Anda jika tersesat di suatu tempat atau tidak tahu jalan pulang.

Hal ini juga dapat membantu orang berusia lanjut dari risiko menderita alzheimer. []

Berita terkait
Menjaga Kesehatan Bagi yang Suka Begadang
Ada kalanya kegiatan melek sampai pagi harus kita lakukan karena suatu pekerjaan.
Enam Tips Agar Mudah Bangun Lebih Pagi
Selain tidur dengan batas waktu yang ideal sebanyak delapan jam, berikut enam tips agar mudah bangun lebih pagi.
Hari Jantung Sedunia 2018: Tips Menjaga Jantung Sehat
Di seluruh dunia, tanggal 29 September diperingati sebagai Hari Jantung Sedunia. Berikut lima tips menjaga jantung sehat.
0
Kabut Asap Kebakaran Hutan Mulai Mengepung Aceh
Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di sejumlah daerah di Pulau Sumatera mulai meluas ke Banda Aceh. Diharapkan masyarakat memakai masker.