5 Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Kinerja Otak

Makanan yang Anda konsumsi dapat meningkatkan fungsi otak, seperti memori yang kuat dan konsentrasi yang baik.
ILustrasi makanan terbaik untuk kinerja otak. (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta - Otak adalah salah satu organ vital yang paling kompleks dalam tubuh manusia. Sebagai pusat kendali tubuh, bertugas menjaga detak jantung dan pernapasan paru-paru dan memungkinkan manusia untuk bergerak, merasakan, dan berpikir.

Itulah mengapa pentingnya untuk menjaga organ vital ini, karena jika otak mengalami gangguan hal tersebut dapat berdampak besar bagi tubuh manusia tersebut. Makanan yang Anda konsumsi dapat berperan dalam menjaga kesehatan otak dan dapat meningkatkan fungsi otak, seperti memori yang kuat dan konsentrasi yang baik.

Dilansir dari laman Harvard Heatlh, Para ahli gizi menjelaskan bahwa mengikuti pola diet sehat yang seperti mengkonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian adalah hal paling penting untuk meningkatkan fungsi kerja otak. Karena dari jenis makanan yang sudah disebutkan tersebut mengandung banyak sekali protein dan lemak tak jenuh yang sangat baik untuk meningkatkan daya kerja otak

Penelitian juga menunjukkan bahwa makanan yang dapat meningkatkan kerja otak dan memori adalah makanan yang sama untuk melindungi jantung dan pembuluh darah. Contohnya adalah berikut ini.


1. Coklat

Antioksidan dalam coklat sangat penting untuk kesehatan otak, karena otak sangat rentan terhadap stres oksidatif, yang berkontribusi terhadap penurunan kognitif terkait usia dan penyakit otak. Kandungan yang ada di coklat sangat baik untuk meningkatkan daya kerja otak. Coklat dapat mendorong pertumbuhan neuron dan pembuluh darah di bagian otak yang terlibat dalam memori dan pembelajaran serta juga dapat merangsang aliran darah di otak.


2. Buah berry

Siapa sangka buah berry juga dapat membantu meningkatkan daya ingat, Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard's Brigham menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi dua porsi stroberi dan blueberry setiap minggu dapat menunda penurunan memori hingga dua setengah tahun. Buah berry juga sangat mudah ditemui di pasar atau swalayan, sehingga cocok di konsumsi setiap hari.


3. Brokoli

Brokoli memiliki antioksidan dan vitamin K yang sangat tinggi. Menkonsumsi (160 gram) brokoli matang dapat memberikan lebih dari 100% dari Recommended Daily Intake (RDI) yang dibutuhkan manusia pada umumnya sehingga dapat memenuhi vitamin yang baik untuk kerja otak.

Vitamin yang larut dalam lemak ini sangat penting untuk membentuk sphingolipids, sejenis lemak yang dikemas padat ke dalam sel-sel otak. Beberapa penelitian pada orang dewasa yang lebih tua telah membuktikan asupan vitamin K yang lebih tinggi akan berdampak penguatan memori dan status kognitif yang lebih baik.


4. Kacang

Mengonsumsi kacang juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Memiliki jantung yang sehat terkait dengan memiliki otak yang sehat. Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi kacang secara teratur dapat dikaitkan dengan risiko penurunan kognitif yang lebih rendah pada orang yang tidak mengonsumsi. Beberapa nutrisi dalam kacang-kacangan, seperti lemak sehat, antioksidan, dan vitamin E, juga sama menguntungkannya dan berdampak baik pada kesehatan otak.


5. Alpukat

Alpukat bermanfaat sebagai sumber lemak tak jenuh yang sehat, alpukat dapat mendukung kinerja memori otak dalam hal ingatan. Mengonsumsi makanan lemak tak jenuh juga dapat mengurangi tekanan darah, dan tekanan darah tinggi dikaitkan dengan penurunan kognitif. Jadi, dengan mengurangi tekanan darah tinggi, lemak tak jenuh dalam alpukat dapat menurunkan risiko penurunan kognitif.


(Fauzi Maulana Rizqi)


Berita terkait
Nutrisi dan Manfaat Kesehatan Susu Oat
Susu oat bebas dari alergen yang ditemukan pada susu jenis lain yang membuatnya lebih unik.
7 Manfaat Semangka yang Manis dan Penuh Nutrisi
Letakkan semangka di dalam suhu ruangan agar kandungan likopen dan beta karotennya meningkat.
Mitos-Mitos Seputar Nutrisi dan Pola Diet yang Menyesatkan
Menerpakan pola diat yang salah akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda.
0
5 Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Kinerja Otak
Makanan yang Anda konsumsi dapat meningkatkan fungsi otak, seperti memori yang kuat dan konsentrasi yang baik.