UNTUK INDONESIA
Tujuh Makanan dan Minuman Pemicu Kanker Otak
Kanker otak menjadi salah satu penyakit yang menakutkan bagi banyak orang. Berikut Tagar ulas Makanan yang dapat memicu kanker.
Tujuh Makanan dan Minuman Pemicu Kanker Otak. (Foto: lawankanker)

Jakarta - Kanker otak menjadi salah satu penyakit yang menakutkan bagi banyak orang, risikonya kematian. Ada beberapa faktor yang bisa memicu penyakit ini, salah satunya dari makanan dan minuman.

Penyakit mematikan ini bisa menyerang akibat dari pertumbuhan sel yang tidak normal di otak, bersifat ganas. Kanker otak memiliki kecenderungan bertumbuh lebih cepat dan menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Berikut Tagar rangkumkan dari berbagai sumber makanan pemicu kanker otak.

1. Daging Olahan

Daging OlahanTujuh Makanan dan Minuman Pemicu Kanker Otak. (Foto: simplyrecipes)

Produk daging olahan, seperti nugget, sosis, bacon, dan jenis lainnya memiliki risiko memicu kanker otak. Sejumlah makanan ini menggunakan bahan pengawet, sehingga tampak selalu segar dan menarik.

Kandungan pengawet bisa menjadi salah satu faktor penyebab kanker otak. Dianjurkan memilih produk daging olahan yang tidak diawetkan.

2. Popcorn Instan

PopcornTujuh Makanan dan Minuman Pemicu Kanker Otak. (Foto: ichkoche)

Popcorn menjadi camilan yang paling dicari ketika menonton film. Belum banyak yang tahu bila wadah yang digunakan untuk popcorn mengandung bahan kimia. Zat karsinogen dalam wadah popcorn dapat pemicu tumor hingga kanker.

Selain itu, ada bahan kimia diacetly yang digunakan dalam popcorn, bisa menyebabkan kerusakan paru-paru.

3. Alkohol

AlkoholTujuh Makanan dan Minuman Pemicu Kanker Otak. (Foto: todayifoundout)

Makanan atau minuman yang mengandung alkohol tinggi bisa menjadi faktor penyebab timbulnya kanker. Sejumlah jenis kanker yang harus diwaspadai antara lain, kanker hati, payudara, dan usus besar.

Dianjurkan untuk membatasi makanan atau minuman yang mengandung alkohol seperti bir, tape, dan masih banyak lainnya.

4. Gula Halus

Gula HalusTujuh Makanan dan Minuman Pemicu Kanker Otak. (Foto: nofritaningtyas01.blogspot)

Gula halus bisa menjadi salah satu faktor penyebab kanker. Bahan pemanis yang digunakan menjadi sumber insulin, dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Umumnya, gula halus terdapat dalam kue, saus, sereal, dan makanan instan.

5. Minuman Bersoda

Minuman BersodaTujuh Makanan dan Minuman Pemicu Kanker Otak. (Foto: 1health/Unsplash/Rawpixel)

Minuman bersoda menjadi salah satu bahan perdebatan sebagai penyebab utama kanker. Minuman ini mengandung sirup jagung frutkosa (HFCS), pewarna, serta bahan kimia lainnya.

Bagi para pecinta soda, alangkah baiknya untuk mengurangi mengonsumsi minuman bersoda. Selain memiliki dampak buruk bagi kesehatan, soda juga mencuri nutrisi dari tubuh.

6. Makanan Berpestisida

Makanan BerpestisidaTujuh Makanan dan Minuman Pemicu Kanker Otak. (Foto: diahayuastriniwebblog.blogspot)

Bahan makanan khususnya sayur dan buah yang terkontaminasi pestisida sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi. Zat kimia yang terkandung dapat meningkatkan risiko terkena kanker.

7. Olahan yang Dibakar

Sate AyamTujuh Makanan dan Minuman Pemicu Kanker Otak. (Foto: lawankanker)

Makanan yang dibakar dengan suhu tinggi bisa menjadi salah satu pemicu kanker. Proses pembakaran menimbulkan zat karsiogenik yang disebut polycyclic aromatic hydrocarbon (PAHs).

Alangkah baiknya untuk membatasi mengonsumsi makanan yang serba dibakar. Disarankan mengganti cara memasak dengan merebus, atau memanggang dengan suhu rendah. []

Berita terkait
Lima Cara Sederhana Kurangi Risiko Kanker
Kanker salah satu penyakit paling menakutkan di dunia, ternyata ada langkah sederhana untuk meminimalisir terkena kanker.
Tips Menjaga Kesegaran Sayuran Saat Proses Memasak
Kesegaran sayuran bisa dijaga saat proses memasak, trik yang tepat perlu dilakukan untuk mempertahankan warna dari sayuran.
5 Alasan Cukup Tidur Tapi Masih Terus Mengantuk
Mengantuk adalah hal yang wajar saat merasa lelah dan membutuhkan istirahat. Namun apa yang terjadi jika cukup tidur tapi masih mengantuk.
0
Viral Hewan Mati Mendadak di Bekasi Bukan Hoaks
Polisi membenarkan video viral hewan mati di Cibarusah, Bekasi, benar terjadi dan bukan hoaks.