UNTUK INDONESIA
Harga Bahan Pokok di Abdya Aceh Naik, Kecuali Jahe
Khasiat jahe yang ampuh mencegah virus Corona atau Covid-19 belum berdampak pada kenaikan harga jual terkhusus di Kabupaten Aceh Barat Daya.
Jahe yang dijual pedagang di pasar tradisional Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh. (Foto: Tagar/Syamsurizal)

Aceh Barat Daya - Khasiat jahe yang ampuh mencegah virus Corona atau Covid-19 belum berdampak pada kenaikan harga jual terkhusus di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh. Rempah-rempah satu ini masih dijual dengan harga normal yakni Rp 28 ribu perkilogramnya.

"Kalau di luar daerah kabarnya sudah mahal, namun kita masih jual dengan harga standar," kata Anis, pedagang jahe di pasar kota Blangpidie, Senin, 9 Maret 2020 di Aceh Barat Daya.

Menurut Anis, jahe yang di pasok dari Sumatra Utara (Sumut) itu masih didapatkan dengan harga standar atau tidak mengalami kenaikan, apalagi, permintaan untuk rempah-rempah ini masih tergolong tidak melonjak. "Yang beli pun jumlahnya sedikit, jadi stok kita aman," ujar Anis.

Kalau di luar daerah kabarnya sudah mahal, namun kita masih jual dengan harga standar.

Menurutnya, pasca merebaknya isu virus corona yang dikabarkan sudah masuk ke Indonesia sejumlah bahan dapur mengalami kenaikan harga, seperti cabai merah kering, bawang merah, bawang putih dan beberapa jenis bahan dapur lainnya, namun begitu tidak untuk jahe.

"Kalau jahe tidak naik, mungkin karena pasokan kita tidak dari luar negeri," katanya.

Baca juga:

Dijumpai terpisah, seorang ibu rumah tangga, Lely, mengaku tidak mempersoalkan tentang kenaikan harga, menurutnya yang paling penting adalah ketersediaan bahan, sebab, jika bahan ada ibu rumah tangga bisa membeli dengan jumlah lebih sedikit.

"Yang kita takutkan bahan tidak ada, kalau ada bahan bisa kita beli sedikit," kata Lely.

Lely juga membenarkan bahwa memasuki awal tahun 2020, sejumlah bahan dapur mengalami kenaikan harga. Cabai merah kering menjadi yang termahal naiknya, bawang merah dan bawang putih tidak terlalu naik.

"Cabai merah kering mahal sekali sekarang, dulu sangat murah. Kami sekarang sudah beralih ke cabai merah segar," katanya. []

Berita terkait
Warga Aceh Singkil Dilarang Bikin Hiburan Malam
Masyarakat Aceh Singkil dilarang menyelenggarakan hiburan saat malam, kecuali pemerintah, partai politik dibolehkan hingga pukul 24.00 WIB.
418 Ribu Batang Rokok Luffman Amerika Masuk ke Aceh
Bea Cukai Provinsi Aceh menyita sebanyak 418 ribu batang rokok ilegal merek Luffman dari Amerika Serikat.
Ada Kondom, Kompak Janda dan Duda Pesta Sabu di Aceh
Kompak, polisi menangkap sepasang kekasih yang berstatus janda dan duda di Aceh yang sedang asyik mengisap sabu.
0
Hore, UMKM Dapat Pembebasan PPh Final 0,5 Persen
Pemerintah memberikan insentif pajak kepada wajib pajak terkena dampak pandemi virus corona Covid-19 termasuk usaha mikro kecil dan menengah.