UNTUK INDONESIA
Rupanya Minuman Bandrek Mampu Mencegah Virus Corona
Dokter spesialis penyakit dalam, dr Suherdy mengatakan minuman bandrek mampu mencegah virus corona.
Minuman Bandrek dipercaya dapat mencegah virus corona atau covid-19 karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh. (Foto: Pixabay License)

Aceh Barat Daya - Dokter spesialis penyakit dalam pada Rumah Sakit Umum Teungku Peukan (RSUTP), Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh, dr Suherdy mengatakan salah satu cara untuk menghindari virus corona atau covid-19 dengan meminum bandrek, sebab, minuman ini dinilai mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

"Untuk meningkatkan kekebalan tubuh bisa dengan minum bandrek, sebab minuman ini memiliki proteksi (perlindungan) yang paling bagus," kata Suherdy kepada Tagar, Jumat, 6 Maret 2020.

Kenapa bandrek, lanjut Suherdy, hal ini tidak terlepas dari hasil penelitian ahli Mikrobiologi Universitas Indonesia (UI) di Jakarta yang menyatakan bahwa rempah-rempah memiliki faktor proteksi yang paling bagus dan bandrek dibuat dengan beragam jenis rempah-rempah, termasuk pinang dan jahe.

"Makanya ahli Mikrobiologi UI menyatakan rempah-rempah itu ternyata faktor proteksi yang paling bagus, contohnya yang terkandung dalam bandrek selain itu bandrek memiliki antioksidannya," ujar Suherdy.

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh bisa dengan minum bandrek, sebab minuman ini memiliki proteksi (perlindungan) yang paling bagus.

Suherdy menambahkan, mengkonsumsi bandrek juga tidak perlu berlebihan, minuman ini boleh dikonsumsi sekali dalam satu hari untuk meningkatkan daya tahan tubuh. "Satu kali sehari Insyaallah daya tahan tubuh meningkat, bisa juga tambah telur bebek," katanya.

Dokter spesialis penyakit dalamDokter spesialis penyakit dalam pada Rumah Sakit Umum Teungku Peukan (RSUTP), Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh, dr Suherdy saat bertemu Tagar di Aceh. (Foto: Tagar/Syamsurizal)

Untuk menyerumput minuman tradisional asal Sunda Jawa Barat ini, tentu tidak perlu jauh-jauh ke tempat asalnya, sebab, minuman ini sudah banyak pedagangan yang mampu meracik untuk dijual, tidak terkecuali pedagang di kabupaten/kota Provinsi Aceh.

Seperti di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), minuman ini sudah sangat mudah didapat, sebab, sejumlah warung di pusat kota Blangpidie sejak lama menjual minuman ini lantaran laku.

Masyarakat Abdya, mengkonsumsi minuman ini lantaran dirasa sangat efektif untuk menghangatkan tubuh, mencegah kembung dan banyak manfaat lainya untuk kesehatan tubuh. Minuman ini bisa didapat di sejumlah warung pusat Kota Blangpidie, salah satunya di jalan Kesehatan, tepatnya depan Arena Motel, Desa Kuta Tuha, Kecamatan Blangpidie.

Baca juga: 

Selain itu dr Suherdy menambahkan sebenarnya langkah utama untuk pencegahan yang harus dilakukan oleh seseorang agar tidak terjangkit oleh penyakit menular atau virus corona ialah dengan menerapkan pola hidup sehat, yakni dengan meningkatkan imunitas, konsumsi makanan yang cukup serat, istirahat yang cukup, minum vitamin, makan buah dan maka sayur serta olahraga.

"Kalau kekebalan tubuh rendah, akan sangat mudah terjangkit walau menggunakan masker," kata Suherdy. []

Berita terkait
Terkait Corona, Tidak Ada Pembagian Masker di Aceh
Dinas Kesehatan Provinsi Aceh tidak akan membagikan masker dan diimbau kepada masyarakat agar selalu bergaya hidup sehat.
Polisi Aceh Razia Toko dan Apotek Penimbun Masker
Polresta Banda Aceh, Aceh mulai mengantisipasi penimbunan masker pasca munculnya dua orang yang positif virus corona di Indonesia.
Stok Kosong, BPBK Abdya Aceh Butuh 10 Ribu Masker
Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Aceh Barat Daya kekosongan stok masker saat ini.
0
Es Pisang Ijo, Menu Buka Puasa Khas Makassar
Salahs atu takjil yang paling laris dan paling diburu warga Makassar saat berbuka puasa adalah es pisang ijo