Filosofi Logo dan Makna Haornas ke-38 Tahun 2021

Perayaan Haornas bukan hanya sekadar seremoni belaka, dengan mengambil tema Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Menuju Indonesia Maju.
Haornas 2021. (Foto: Tagar/Kemenpora)

Jakarta - Ketua Pelaksana Haornas ke-38 Raden Isnanta mengatakan, logo Haornas kali ini penuh makna serta berunsurkan elemen penting, seperti medali serta goresan empat warna yakni hijau, biru, kuning dan merah yang memiliki arti bagi kemajuan olahraga Indonesia ke depannya melalui DBON.

"Dari logo Haornas kali ini sudah menggambarkan kandungan dari DBON. Pondasinya diwakilkan dengan warna hijau dan biru, di mana warna hijau mewakili olahraga akar rumput, massal dan massif untuk mencapai sebuah kebugaran yang biasa kita sebut sebagai olahraga rekreasi,"  kata Raden dalam Perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 tahun 2021 di GOR POPKI Cibubur, Jakarta Timur, Kamis, 9 September 2021.

"Sedangkan goresan warna biru menggambarkan proses olahraga di pendidikan yang nanti akan juga menghasilkan bibit-bibit unggul," sambungnya.

Dalam perayaan Haornas ke-38 ini menjadi titik awal dimulainya DBON dan hal ini menjadi momentum yang sangat stragis karena melibatkan tiga komponen besar, seperti olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, dan olahraga prestasi.

"Di dalam perayaan Haornas pasti kami melibatkan komponen Formi, para pendidik, induk organisasi, bahkan ada KOI, KONI, NPC, artinya secara bersama-sama menerima estafet dan arahan dari Peraturan Presisden ini. Benar-benar titik nolnya melalui Haornas kali ini," ujarnya.

Menurut Raden, perayaan ini bukan hanya sekadar seremoni belaka, dengan mengambil tema Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Menuju Indonesia Maju.

Haornas kali ini dianggap sangat monumental, seiring dengan diluncurkannya Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang dilahirkan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di bawah pimpinan Menpora Zainudin Amali, di mana peluncuran tersebut akan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo. 


Di dalam perayaan Haornas pasti kami melibatkan komponen Formi, para pendidik, induk organisasi, bahkan ada KOI, KONI, NPC, artinya secara bersama-sama menerima estafet dan arahan dari Peraturan Presisden ini. Benar-benar titik nolnya melalui Haornas kali ini.


Lahirnya DBON itu pun sekaligus sebagai jawaban atas arahan Presiden Joko Widodo dalam perayaan Haornas ke-37 tahun 2020 lalu, di mana pesan pentingnya adalah harus dilakukan perombakan total terhadap ekosistem olahraga Indonesia.[]

Baca Juga:

Berita terkait
4 Jenis Olahraga yang Baik Anda Lakukan Malam Hari
Biasanya Anda melakukan olahraga pada waktu siang hari dan hanya sedikit yang melakukan olahraga pada waktu malam hari. Berikut jenis olahraganya.
Prestasi Olahraga Payah, Kadisparpora Subang Harus Dicopot
Koordinator Provinsi Jawa Barat Lingkar Wajah Kemanusiaan (LAWAN Institute) Bangkit Akbar Gemilang kecewa dengan rendahnya kualitas olahraga.
Pemerintah Siap Gelar Pekan Olahraga Nasiona XX Papua
Pemerintah siap melaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Tahun 2021 di Papua.
0
Filosofi Logo dan Makna Haornas ke-38 Tahun 2021
Perayaan Haornas bukan hanya sekadar seremoni belaka, dengan mengambil tema Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Menuju Indonesia Maju.