4 Jenis Olahraga yang Baik Anda Lakukan Malam Hari

Biasanya Anda melakukan olahraga pada waktu siang hari dan hanya sedikit yang melakukan olahraga pada waktu malam hari. Berikut jenis olahraganya.
Ilustrasi - Olahraga malam hari. (Foto: Tagar/Shutterstock)

Jakarta - Pandemi yang masih saja meradang membuat semua orang beralih gaya pada gaya hidup sehat, salah satunya dengan rajin berolahraga guna menjaga kekebalan tubuh. 

Biasanya Anda melakukan olahraga pada waktu siang hari, terutama pada waktu pagi dan waktu-waktu tertentu. Namun, hanya sedikit yang melakukan olahraga pada waktu malam hari.

Karena masih ragu akan efek olahraga malam sebelum tidur. Padahal, menurut studi pada Journal Of Sleep Research menunjukkan olahraga malam dengan intensitas sedang hingga tinggi tidak mengganggu kualitas tidur seseorang. Olahraga pada malam bahkan bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Selain itu, berolahraga malam juga mencegah Anda dari risiko serangan panas (heat stroke) ketika melakukan aktivitas fisik di bawah panas terik matahari. Berikut jenis olahraga yang baik dilakukan pada malam hari.


1. Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang terbilang cukup aman Anda lakukan pada malam hari. Gerakan yoga bisa membantu melepaskan lelah dan membuat tubuh serta pikiran rileks sebelum Anda bersiap tidur. 

Anda bisa melakukan pose yoga yang mudah dan sederhana, seperti child’s pose atau forward fold. Anda tak perlu berolahraga dengan matras, cukup berlatihlah di atas kasur. 

Selain bermanfaat untuk menghilangkan penat, jenis olahraga malam hari ini juga bisa melancarkan peredaran darah, dan mengatur pernapasan sehingga tidur pun akan nyenyak.


2. Fitness

Pilihan berikutnya adalah melakukan fitness, latihan angkat beban, atau latihan kekuatan di gym setelah pulang bekerja. Banyak kalangan pada masa kini yang mengatur waktu untuk olahraga setelah bekerja atau melakukan rutinitas hariannya. Namun, sebaiknya hal ini Anda lakukan dengan intensitas yang ringan.


3. Jalan santai

Jalan kaki juga bisa menjadi salah satu alternatif olahraga malam hari yang sama amannya. Terlebih jika Anda jarang bergerak pada siang hari, berjalan kaki selama 30 menit pada malam hari bisa jadi pilihan olahraga yang cukup memadai.

Ada banyak manfaat jalan kaki bagi kesehatan fisik maupun mental Anda, mulai dari membantu menurunkan berat badan, melawan stres dan depresi, hingga sebagai sarana meditasi mengusir pikiran negatif sebelum beranjak tidur.


4. Latihan pernapasan

Latihan pernapasan nyatanya juga bisa memberikan manfaat maksimal sebelum Anda terlelap. Latihan pernapasan dalam bisa Anda lakukan sambil berbaring di tempat tidur atau duduk tegak sehingga kondisi tulang punggung lurus.

Lakukan pernapasan perut dengan menarik napas dalam, lambat, dan berkelanjutan. Tarik napas perlahan, tahan, dan buang napas secara perlahan pula. Latihan pernapasan membuat pikiran Anda rileks untuk beristirahat dan mempersiapkan aktivitas pada hari berikutnya. []

Berita terkait
Sejumlah Manfaat Terapi Lintah Bagi Kesehatan
Banyak dokter merekomendasikan terapi lintah, karena sejumlah studi dan laporan ilmiah telah mengkonfirmasi manfaat metode perawatan ini.
Perut Buncit? Berikut Olahraga untuk Mengecilkan Perut
Timbunan lemak di perut akan mengakibatkan munculnya beragam penyakit, sehingga harus dilakukan olahraga untuk membakar lemak perut.
7 Cara Mengecilkan Perut Tanpa Olahraga
Perut kecil menjadi impian semua perempuan berbagai cara dilakukan untuk mendapatkannya bukan? Berikut cara mengecilkan perut tanpa olahraga.
0
4 Jenis Olahraga yang Baik Anda Lakukan Malam Hari
Biasanya Anda melakukan olahraga pada waktu siang hari dan hanya sedikit yang melakukan olahraga pada waktu malam hari. Berikut jenis olahraganya.