UNTUK INDONESIA
Ferdinand Hat-trick, PSM Tundukkan Lalenok United FC
PSM Makassar menundukkan Lalenok United FC dengan skor telak 4-1 di playoff Piala AFC. Striker Ferdinand Sinaga mencetak hat-trick di laga itu.
Kapten PSM Makassar Willem Jan Pluim (kedua kiri) dihadang pemain Lalenok United, Francisco Savio (kiri) dan Francisco Da Costa (kedua kanan) di playoff Piala AFC di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu 22 Januari 2020. PSM menang 4-1 di laga itu. (Foto: ANTARA/Nyoman Budhiana)

Gianyar - PSM Makassar menundukkan tuan rumah Lalenok United FC dengan skor cukup telak 4-1 pada laga pertama babak playoff Piala AFC di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Rabu 22 Januari 2020. Striker Ferdinand Sinaga langsung menunjukkan ketajamannya dengan mencetak hat-trick yang membuka peluang PSM lolos ke babak utama kompetisi kasta kedua Asia ini. 

Ferfdinand menjadikan PSM mengawali pertarungan di Piala AFC dengan hasil memuaskan. Meski melakukan persiapan yang singkat dan fisik pemain belum sesuai harapan, namun mereka meraih kemenangan di laga perdana musim ini. 

Pelatih Bojan Hodak tak kuasa memuji penampilan pemain. Dalam kondisi seperti itu, mereka tampil bagus. Padahal, mereka melakoni laga resmi yang menentukan langkah tim ke babak selanjutnya.  

Saat menghadapi pertandingan resmi, kami menjalani latihan 10 hari. Secara fisik dan teknik tentu masih jauh dari apa yang diharapkan. Namun mereka bermain luar biasa

"Ini baru pertandingan pertama kami. Dan, ini bukan pertandingan persahabatan tetapi resmi pertama yang harus kami jalani. Saat menghadapi pertandingan resmi, kami menjalani latihan 10 hari. Secara fisik dan teknik tentu masih jauh dari apa yang diharapkan. Namun mereka bermain luar biasa," kata Hodak. 

“Dalam tim ada tujuh pemain baru. Mereka sepertinya butuh waktu untuk saling mengerti dan memahami satu sama lain," ujarnya. 

Menurut dia tim menunjukkan semangat pantang menyerah. Hanya, pelatih asal Kroasia ini tak ingin pemain merasa puas dengan kemenangan besar ini. Pasalnya, mereka masih melakoni laga kedua playoff. 

Meski demikian kemenangan di laga pertama ini menjadi modal berharga tim Juku Eja saat menjamu lawannya. Di laga kedua PSM yang akan bertindak sebagai tuan rumah. Namun PSM bernasib sama dengan Lalenok United FC yang harus memakai stadion lain. Menurut rencana, laga kedua digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Rabu 29 Januari 2020. 

"Apa pun, hasil yang kami raih di pertandingan ini menunjukkan semangat pantang menyerah dan berusaha keras selama 90 menit. Laga tersebut memang berjalan ketat dan panas. Tetapi tim kami menunjukkan karakter yang kuat," tutur dia lagi. 

Lalenok United Langsung Tekan Pertahanan PSM

Di laga itu, Lalenok United yang bertindak sebagai tuan rumah langsung menggebrak dan menekan pertahanan PSM. Hanya dalam tempo dua menit, mereka sudah unggul lewat Daniel Adade. 

PSM yang dikejutkan gol cepat dari tuan rumah langsung tancap gas. Keunggulan kualitas dari materi pemain menjadikan PSM tak kesulitan bangkit dan berbalik menekan pertahanan Lalenok United. 

Ferdinand SinagaStriker PSM Makassar Ferdinand Sinaga mencetak hat-trick sekaligus membawa timnya menang 4-1 atas Lalenok United FC di playoff Piala AFC di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu 22 Januari 2020. (Foto: PSM Makassar)

Hanya, Wiljan Pluim dkk harus bersabar untuk dapat membongkar pertahanan Lalenok United. Apalagi mereka memaksimalkan jebakan offside

Meski demikian PSM tak butuh lama untuk untuk menyamakan kedudukan. Ferdinand sukses membobol gawang lawan yang mengubah skor menjadi 1-1 di menit 12. 

Gol eks striker tim nasional ini menaikkan semangat tim untuk membalikkan keadaan. Serangan bergelombang PSM akhirnya tak bisa dibendung Lalenok United. 

Petaka bagi tuan rumah karena kiper Agbozo Nathaniel diganjar kartu merah oleh wasit Chen Hsin Chuan. Dia terpaksa diusir setelah melakukan pelanggaran terhadap Ferdinand yang berhasil lolos dari jebakan offside.
 
Unggul jumlah pemain membuat PSM semakin meningkatkan serangan. Hasilnya, mereka menambah gol melalui pemain anyar asal Brasil Giancarlo Rodrigues. Gol tercipta di menit 41 dan tak lama kemudian babak pertama berakhir dengan kedudukan 2-1 untuk PSM. 

Di babak kedua, PSM tetap bersabar dalam menjalankan strategi yang diinstruksikan pelatih Bojan. Mereeka menunggu para pemain Laleno United melakukan kesalahan sampai akhirnya Ferdinand mencetak gol keduanya di menit 69. 

Selanjutnya pemain berusia 31 itu melengkapi hat-trick dia saat kembali mencetak gol di menit 72. Gol itu menjadikan PSM unggul 4-1 dan skor itu bertahan sampai akhir pertandingan. 

Pelatih Hodak berharap pemain tak lengah setelah menyelesaikan pertandingan pertama dengan kemenangan besar. Menurutnya tim harus fokus menghadapi laga kedua. 

"Pertandingan ini belum selesai. Masih ada 90 menit lagi ke depan. Meski demikian, saya senang dengan hasil tersebut. Namun masih ada pertandingan selanjutnya yang menentukan nasib kami," ucapnya. []

Berita terkait
PSM Tetap Yakin Meski Persiapan Minim di Piala AFC
PSM Makassar hanya memiliki waktu persiapan 10 hari sebelum menghadapi Lalenok United di playoff Piala AFC. Namun PSM optimistis menang.
Pelatih Lalenok United Waspadai Ketajaman Pemain PSM
PSM Makassar bukan lawan ringan bagi Lalenok United FC. Namun mereka optimistis meraih hasil maksimal di playoff pertama Piala AFC.
Klok Dicadangkan, Pluim Siap Perkuat PSM Makassar
Gelandang PSM Makassar Marc Anthony Klok dibangkucadangkan saat lawan Lalenok United FC di playoff Piala AFC. Sebaliknya Wiljan Pluim dimainkan.
0
2 Motor Tabrakan di Simalungun, 1 Tewas 2 Luka-Luka
Dua unit sepeda motor terlibat kecelakaan di Simalungun. Satu pengemudi sepeda motor tewas.