UNTUK INDONESIA
Klok Dicadangkan, Pluim Siap Perkuat PSM Makassar
Gelandang PSM Makassar Marc Anthony Klok dibangkucadangkan saat lawan Lalenok United FC di playoff Piala AFC. Sebaliknya Wiljan Pluim dimainkan.
Pemain PSM Makassar Mark Anthony Klok bakal dibangkucadangkan saat melawan Lalenok United FC di playoff Piala AFC di Stadion Kapetn i Wayan Dipta, Gianyar, 22 Januari 2020. (Foto: Tagar/Rio Anthony)

Makassar - Gelandang PSM Makassar Marc Anthony Klok kemungkinan dibangkucadangkan saat melawan Lalenok United di playoff Piala AFC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu 22 Januari 2020. Sebaliknya, koleganya Willem Jan Pluim bisa dimainkan.

Klok sedikit bermasalah di bagian kaki. Gara-garanya setelah pulang ke Belanda, dirinya menjalani latihan di tempat yang keras dengan perubahan suhu yang cukup ekstrem. Dari Indonesia dengan suhu yang panas dan kemudian kembali ke Eropa yang memiliki suhu dingin. Akibatnya, otot kaki Klok sempat tegang.  

Saat kembali ke Indonesia, kondisi kaki pemain berusia 26 ini masih tegang dan kaku. Ini mengakibatkan Klok lebih banyak melakukan sesi latihan ringan sekaligus menjalani pemulihan. Dia baru akan menjalani latihan penuh bila kondisinya sudah berangsur membaik.

Meski demikian, saya mungkin tidak menjadikan dia sebagai starter di pertandingan Piala AFC. Namun masih memungkinkan bila dia menjadi pemain pengganti

"Saat kembali ke Indonesia, dia masih merasakan tegang di bagian kaki. Ini bisa saja diakibatkan saat dia latihan di Belanda. Namun kondisinya memang sudah membaik dan dia sudah menunjukkan perkembangan yang bagus," kata pelatih PSM Bojan Hodak di Makassar, 20 Januari 2020.

Meski kondisinya sudah membaik, namun Hodak tak tergesa-gesa atau memaksakan Klok tampil sejak menit pertama saat melawan Lalenok United FC. Menurut Hodak dirinya tak ingin mengambil risiko Klok mengalami cedera serius yang membuat pemainnya absen di kompetisi domestik. 

Namun pelatih masih mempertimbangkan bila Klok dibangkucadangkan dan dimainkan sebagai pemain pengganti. Pasalnya, dia tetap merupakan pilar kekuatan tim Juku Eja. 

"Setelah sempat tegang dan kaku di bagian kaki, kini dia sudah bisa melakukan gerakan-gerakan dengan baik. Meski demikian, saya mungkin tidak menjadikan dia sebagai starter di pertandingan Piala AFC. Namun masih memungkinkan bila dia menjadi pemain pengganti," tutur Hodak. 

Pluim Telah Pulih dan Berpeluang Jadi Starter 

Berbeda dengan Wiljan Pluim yang mengalami cedera serius dan harus mengakhiri kompetisi Liga 1 2019 lebih cepat. Bahkan dirinya harus pulang ke Belanda sebelum kompetisi berakhir karena menjalani proses pemulihan. 

Kini, Pluim sudah sepenuhnya pulih dan kembali bergabung dengan PSM. Gelandang serang berusia 31 ini pun berpeluang dimainkan di laga melawan Lalenok United. 

"Dia (Pluim) sudah kembali berlatih. Dia sudah tidak ada masalah dengan cederanya," kata pelatih asal Kroasia ini yang menyebut Pluim sebagai salah satu pemain PSM yang memiliki kualitas individu sangat bagus. Mantan pelatih tim nasional Malaysia U-19 ini pun berharap kehadiran pemain bernomor punggung 80 ini bisa menjadi pembeda dalam tim.

"Dia pemain yang memiliki kualitas individual yang bagus. Saya tidak banyak minta dia berlari tetapi saya berharap dia banyak memegang bola karena dia bisa jadi pembeda dalam tim," tuturnya.

PSM akan melakoni playoff pertama Piala AFC dengan Lalenok United FC bertindak sebagai tuan rumah. Namun tim Timor Leste ini menggunakan stadion di Gianyar, Bali, untuk menjamu lawannya. 

Di laga kedua yang dilaksanakan pekan berikutnya atau Rabu 29 Januari 2020, giliran PSM yang menjadi tuan rumah. Seperti Lalenok United, mereka juga tak bisa menggunakan stadion sendiri dan akan menjamu lawannya  di Stadion Pakansari, Bogor. []

Berita terkait
Pelatih PSM Makassar Khawatir Kondisi Fisik Pemain
Pelatih PSM Makassar Bojan Hodak khawatir dengan kondisi fisik pemain yang mengalami penurunan. Padahal tim menghadapi Lalenok United di Piala AFC.
Tim Timor Leste, Ujian Pertama PSM di Piala AFC
PSM Makassar menghadapi ujian pertama di Piala AFC. Di laga pertama playoff, mereka menghadapi juara Liga Timor Leste, Laleno United.
Musim Ini, PSM Makassar Miliki Empat Striker Tajam
PSM Makassar punya empat striker setelah mempertahankan Ferdinand Sinaga dan Ezra Walian. Namun hanya Giancarlo Lopes yang merupakan striker murni.
0
Mobil Balap F1 Tes Pramusim di Barcelona
Mobil-mobil baru Formula 1 akan berbarengan membuat bising Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, untuk menjalani tes pramusim