Rumah Kedua Pemain Keturunan Kanada Timnas U-16

Victor Jonson Benjamin Dethan pemain keturunan Kanada asal akademi klub PSM Makassar mengikuti pemusatan latihan Timnas U-16 terbaru.
Victor Jonson Benjamin Dethan pemain keturunan Kanada asal akademi klub PSM Makassar. (kanan). (Foto: Tagar/PSSI.org)

Jakarta- Pelatih Kepala Timnas U-16 Bima Sakti, kembali memanggil pemain keturunan ke untuk memperkuat skuad Garuda Muda pada pemusatan latihan (Training Centre/TC) di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, yang sudah dimulai sejak 6 Desember 2020.

Sebelumnya, Bima Sakti telah memanggil Ronaldo Joybera Kwateh keturunan Afrika dari sang ayah Roberto Kwateh, yang sudah bergabung di TC terdahulu.

Rangkaian TC ini dilakukan dalam upaya untuk mempersiapkan skuat Garuda Muda Asia jelang putaran final Piala AFC U-16 yang rencananya akan berlangsung di Bahrain tahun 2021 mendatang.

Kini, nama Victor Jonson Benjamin Dethan pemain keturunan Kanada asal akademi klub PSM Makassar pun, turut dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas U-16 terbaru. Sebetulnya dia pernah mendapat panggilan ke Timnas Indonesia U-16 pada Januari lalu. Namun, pada saat itu dirinya tidak bisa bergabung, karena masih cedera. Victor memiliki darah keturunan Kanada dari sang Ibu, sedangkan ayahnya asli Kupang.

“Ayah saya asli Kupang, NTT (Nusa Tenggara Timur), sedangkan ibu saya berasal dari Kanada. Saya lahir di Kupang, dan tinggal di Malang,” kata Victor dilaman resmi PSSI.

Victor sudah bergabung bersama Timnas U-16 sejak tim melakukan TC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, dari tanggal 6 Desember 2020. Dirinya mengakui sangat senang bisa ikut latihan bersama 25 temannya yang lain, serta dilatih legenda Timnas Indonesia Bima Sakti.

Baca juga: Ada Ronaldo, Pemain Blasteran Liberia di Timnas U-16
Baca juga: Pandemi Covid-19, Timnas U-16 Ubah Program Latihan

Bicara mengenai timnas U-16, Victor sudah menganggap sebagai rumah kedua setelah PSM Makassar. “Saya nyaman berada disini, ini merupakan rumah kedua bagi saya di sepak bola, tentu setelah klub saya. Semua disini menyambut saya dengan tangan terbuka dan diperlakukan sama seperti yang lainnya,” kata dia.

Victor merasa dirinya sudah mulai terbiasa dan akrab dengan para pemain Timnas U-16 lainnya. Apalagi, dengan adanya aturan rotasi saat makan dan tidur membuat dirinya semakin kenal satu sama lain dengan para pemain Timnas U-16.

Training Center Timnas U-16 ini akan berlangsung hingga tanggal 23 Desember 2020. Rangkaian TC ini dilakukan dalam upaya untuk mempersiapkan skuat Garuda Muda Asia jelang putaran final Piala AFC U-16 yang rencananya akan berlangsung di Bahrain tahun 2021 mendatang. []

(Erwin Nugraha/Magang)

Berita terkait
26 Pemain Timnas U-16 yang Mengikuti Latihan di Yogyakarta
Dalam ajang Piala AFC U-16 nanti, Indonesia merupakan satu-satunya negara dari ASEAN dan tergabung di Grup D bersama Jepang, Cina dan Arab Saudi.
Ada Ronaldo, Pemain Blasteran Liberia di Timnas U-16
Tim nasional Indonesia U-16 juga memiiki pemain blasteran. Pelatih Bima Sakti memanggil Ronaldo Kwateh, pemain blasteran Indonesia dan Liberia.
3 Pemain PSS Sleman Dipanggil Timnas U-16
Pemain muda PSS Sleman mendapat panggilan tim nasional U-16. Ini jadi kehormatan karena program usia muda PSS memunculkan pemain bertalenta.
0
DPR RI: Indonesia Tak Dapat Kuota Haji 2021
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Indonesia tidak mendapat kuota haji 2021 dari Pemerintah Arab Saudi.