Disebut Kosmetik Tertua, Ini 2 Kegunaan Henna

Henna berasal dari tumbuhan Lawsonia Inermis yang ditemukan di Afrika Timur Laut dan banyak tumbuh di negara timur tengah.
Pemakaian henna atau pacar kuku. (Foto: Tagar/PIxabay)

Jakarta - Bagi kaum wanita, penampilan menarik tidak hanya dilihat dari wajah dan busananya, melainkan kuku dan rambut juga perlu diperhatikan. Perawatan tubuh dilakukan dari kepala hingga ujung kaki. Sebenarnya, untuk mempercantik diri tidak perlu menghabiskan banyak uang dan tidak melulu menggunakan produk berbahan kimia. Ada pilihan lain yang terbuat dari bahan alami, lebih aman dan ketahanannya cukup lama yaitu henna.

Henna berasal dari tumbuhan Lawsonia Inermis yang ditemukan di Afrika Timur Laut dan banyak tumbuh di India, Arab, Pakistan, Indonesia, dan negara timur tengah lainnya. Pembuatan henna cukup mudah, cukup dengan dijemur daunnya dan ditumbuk sampai halus.

Dalam Islam, pemakaian henna atau pacar kuku diperbolehkan dibanding penggunaan kutek karena air wudhu dapat meresap. Selain itu sifatnya yang tidak permanen dapat bertahan hingga satu bulan atau bila warnanya bagus dan lebih gelap dapat tahan lebih lama.

Selain di kuku, henna dapat diaplikasikan di rambut, khususnya rambut yang beruban. Warnanya akan terlihat oranye kemerahan setelah dibilas. Cara mengaplikasikanya sama seperti mengecat rambut.

Bahan yang digunakan adalah bubuk henna dan satu sendok perasan lemon. Setelah diaplikasikan pada rambut, tunggu sampai meresap kemudian bilas sisa-sisa bubuk henna yang tertinggal. Manfaat lain penggunaan henna pada rambut adalah meminimalisir jerawat yang ada di kulit kepala.

Dalam tradisi timur tengah, henna dipakai pada hari penting seperti pernikahan dan hari raya keagamaan. Di Indonesia juga mengadopsi tradisi yang sama di mana pengantin wanita akan dihias tangan sampai kukunya untuk akad dan resepsi pernikahan.

Henna disebut sebagai kosmetik tertua yang masih ada hingga saat ini, walaupun masih simpang siur kapan tepatnya henna ditemukan. Namun, dikisahkan bahwa pada zaman Nabi Muhammad SAW, seseorang menjulurkan tangan dari balik tabir hendak memberikan Rasulullah SAW sebuah surat. Kemudian Nabi Muhammad SAW mengatakan bagaimana dia tau pemberi itu perempuan atau laki-laki. Jika dia perempuan Nabi Muhammad menyarankan menggunakan henna pada kukunya. Oleh sebab, itu Nabi Muhammad tidak menerima surat tersebut.

(Sekar Aqillah Indraswari)


Baca Juga :



Berita terkait
Macam-Macam Jenis Brush Make Up dengan Berbagai Fungsinya
Brush merupakan alat untuk mengaplikasikan make up ke wajah dan jadi salah satu alat make up yang dianggap penting. Berikut macam-macam jenisnya.
Hati-Hati! Bahaya Make Up Kedaluwarsa Bagi Kulit
Jangan sampai lupa bahwasanya menggunakan make up atau produk rias yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa sangat berbahaya bagi kulit.
Cara Membersihkan Make Up dengan Benar
Sebagian orang hanya suka memakai make up dan hannya sedikit yang suka membersihkannya dengan benar. Berikut cara membersihkan make up.