UNTUK INDONESIA
Cara Aman Memilih Kosmetik Bagi Kulit Sensitif
Pemilik kulit sensitif perlu berhati-hati saat memilih kosmetik, ini karena jika salah memilih bisa menyebabkan iritasi. Berikut penjelasannya.
Ilustrasi Alat Kosmetik atau Makeup. (Foto: Pixabay/pompi)

Jakarta - Bagi kaum hawa memilih kosmetik atau riasan wajah yang sesuai jenis kulit sangatlah penting. Khususnya pemilik kulit sensitif juga perlu berhati-hati ketika hendak mengaplikasikan kosmetik ke wajah karena jika salah memilih bisa menyebabkan kulit iritasi. 

Kulit yang sensitif biasanya ditandai dengan munculnya kemerahan, gatal, kulit mengelupas, merasakan sensasi terbakar, dan permasalahan kulit lainnya. Bila hal itu terjadi tentu harus mendapatkan perhatian ekstra dalam merawat kulit sensitif agar terbebas dari permasalahan kulit serta tetap membuatnya tampak cantik dan sehat.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar berikan ulasan mengenai cara aman memilih kosmetik bagi yang memiliki kulit sensitif.

1. Hindari Produk Kosmetik Berpengawet

Tak sedikit produk kosmetik menambahkan pengawet seperti zat paraben untuk mencegah terjadinya pertumbuhan bakteri dan jamur. Bagi yang memiliki kulit sensitif seharusnya menghindari produk yang mengandung zat tersebut karena berbahaya bagi kulit dan bisa menimbulkan iritasi.

Disarankan bagi semua perempuan untuk memeriksa label kosmetik yang ingin dibeli. Selain itu, pastikan jika produk tersebut tidak mengandung zat paraben seperti metil, etil, isopropil, propil, butil, dan isobutilparaben.

2. Pilih Produk Mengandung Pelembap

Kulit sensitif biasanya dialami oleh pemilik kulit kering dan rentan iritasi. Sehingga, Anda diingatkan untuk memilih makeup yang memiliki kandungan pelembap seperti asam hialuronat (hyalurionic acid).

Sekarang ini tak sedikit produk kecantikan, seperti foundation atau BB cream yang mengandung zat tersebut. Selain itu, Anda juga bisa memilih produk dengan pelembap dari bahan alami, misalnya shea butter atau chamomile.

Bahan-bahan tersebut ternyata bisa mengurangi risiko iritasi pada wajah dan membantu meningkatkan penampilan kulit yang kering atau rusak. Sehingga, kulit bisa terlihat lebih kenyal dari sebelumnya.

3. Hindari Makeup atau Kosmetik Bersifat Waterproof

Meski makeup yang bersifat waterproof atau tahan air bisa bertahan lebih lama saat digunakan, tetapi nyatanya produk tersebut tidak cocok bagi yang memiliki kulit sensitif. Sebab, produk yang tahan air membutuhkan pembersih makeup ekstra yang justru bisa merusak kulit.

Pembersih makeup merupakan salah satu produk yang berpotensi menimbulkan reaksi alergi dan iritasi bagi pemilik kulit sensitif. Bila memang Anda membutuhkannya, sebaiknya coba gunakan yang berbentuk krim. Sebab, makeup remover berbentuk krim bisa mencegah kulit kering sehabis riasan wajah dibersihkan. Namun, terlepas dari alasan tersebut, memilih makeup yang tidak tahan air menjadi cara terbaik.

4. Pilih Produk Kosmetik Mengandung Fragrance-Free

Tak sedikit produk kecantikan mengandung fragrance atau pewangi. Namun, beberapa zat yang digunakan sebagai pewangi bisa menimbulkan reaksi alergi bagi sebagian orang.

Apalagi jika Anda memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya hindari produk yang mengandung pewangi. Cobalah gunakan produk makeup yang memiliki label fragrance-free agar aman saat digunakan.

5. Uji Makeup atau Kosmetik Terlebih Dahulu

Ketika memilih makeup, disarankan untuk mencobanya terlebih dahulu, apakah cocok untuk jenis kulit Anda atau tidak. Sebab, satu merek makeup yang cocok pada kulit seseorang, belum tentu cocok di kulit Anda.

Caranya, cobalah gunakan produk makeup tersebut di bagian kulit lain, seperti tangan atau leher. Jika tidak menimbulkan reaksi alergi, artinya produk tersebut aman untuk digunakan.

Jadi sebelum Anda hendak membeli kosmetik, sebaiknya memeriksa kandungan dan menguji produk kecantikan tersebut terlebih dahulu. Sebab, ada sejumlah kandungan tertentu bisa berbahaya bagi kulit sensitif.

Nah, itulah beberapa cara aman saat memilih makeup bagi yang memiliki kulit sensitif. Selain membuat tampak lebih cantik, produk yang aman digunakan tentu bisa membuat Anda terhindar dari berbagai permasalahan kulit. []

Baca Juga:

Berita terkait
Manfaat Menakjubkan Minyak Almond untuk Rambut
Minyak almond bisa digunakan sebagai bahan alami menjaga kesehatan rambut. Berikut sejumlah khasiatnya yang Perlu diketahui.
Lima Khasiat Oatmeal untuk Mempercantik Wajah
Oatmeal ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan. Berikut sejumlah manfaat oatmeal.
Manfaat Menakjubkan Stroberi untuk Mempercantik Diri
Stroberi bisa digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan. Berikut sejumlah manfaat stroberi untuk mempercantik diri.
0
Kronologi Pengeroyokan Remaja di Pasangkayu Sulbar
Polsek Baras Pasangkayu, Sulawesi Barat menangkap lima orang pelaku pengeroyokan terhadap seorang remaja do Desa Kasano.