UNTUK INDONESIA
Girls! 5 Bahan Kosmetik Ini Bahaya untuk Kesehatan
Kosmetik kini mudah didapatkan di mana pun. Bagi penggunanya harus jeli, karena bahan dasar kosmetik ada yang memiliki efek bahaya bagi tubuh.
(Foto: Pixabay/4956365/Kosmetik Berbahaya).

Jakarta - Kosmetik yang menjadi perlengkapan wajib bagi kaum hawa kini mudah didapatkan di mana pun. Bagi penggunanya harus jeli, karena bahan dasar kosmetik ada yang memiliki efek bahaya bagi tubuh.

Bila mengetahui produk kosmetik tertentu mengandung bahan yang terindikasi berbahaya bagi tubuh jangan dipaksakan untuk digunakan. Dengan begitu, kesehatan kulit maupun tubuh bisa tetap terjaga.

Berikut lima bahan kosmetik yang berbahaya bagi kesehatan:

1. Merkuri

Sudah menjadi rahasia umum jika senyawa merkuri kerap disalahgunakan menjadi salah satu bahan untuk lotion dan krim pemutih. Nyatanya, hal tersebut bisa berbahaya untuk kesehatan jika digunakan secara terus menerus.

Sebab, merkuri merupakan logam berat yang bersifat karsinogenik, sehingga penggunaan sekecil apapun bisa menyebabkan alergi, gangguan perkembangan janin. Bahkan, senyawa tersebut bisa membuat kerusakan permanen pada susunan saraf otak jika digunakan secara terus menerus.

2. Hidrokinon

Hidrokinon merupakan zat kimia yang biasa digunakan untuk pengeras kuku. Namun, kandungan satu ini seringkali disalahgunakan sebagai bahan krim pemutih kulit lantaran kemampuannya dalam menghambat pembentukan melanin.

Padahal, penggunaan hirokinon dalam jangka panjang dan dosis tinggi bisa menyebabkan hiperpigmentasi terutama pada kulit yang terpapar sinat matahari langsung dan bersifat irreversible (tidak dapat pulih). Nantinya, krim yang mengandung hidrokinon akan terakumulasi dalam kulit, sehingga membuat kerusakan DNA, bahkan lebih buruknya lagi meningkatkan risiko terkena kanker bagi penggunanya.

Ilustrasi KosmetikIlustrasi Kosmetik. (Foto: loveandlavender.com)

3. Pertrolatum

Belakangan ini, beberapa produk pelembab berbahan petrolatum atau petrolium jelly sering dibicarakan oleh banyak orang khususnya kaum hawa. Sejumlah produk tersebut menyatakan jika bisa melembabkan bibir, kulit kering, hingga kaki pecah-pecah.

Namun, di balik beragam manfaatnya, petrolatum dalam jumlah tertentu bisa menjadi zat berbahaya lantaran dapat terkontaminasi dengan hidrokarbon aromatik polisklik yang bersifat karsinogen menurut daftar yang dikeluarkan Uni Eropa. Sehingga, dianjurkan untuk membeli produk berbahan petrolatum dari merk terpercaya agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

4. Triclosan

Triclosan merupakan antibakteri yang kerap berada di dalam sabun cair, obat kumur, deodoran, dan pasta gigi. Namun, bahan satu ini ternyata tidak hanya membunuh bakteri jahat melainkan juga menyingkirkan semua bakteri baik.

Terlebih penggunaan triclosan pada pasta gigi, selain mengatasi masalah gigi nyatanya juga dapat mengganggu hormon pada manusia. Sehingga, nantinya bisa menimbulkan alergi dan berisiko terkena beberapa jenis kanker jika digunakan secara terus menerus.

5. Paraben

Paraben merupakan zat kimia yang bermanfaat untuk mengawetkan produk kecantikan. Terdapat beberapa jenis paraben yang tercantum dalam komposisi produk kecantikan, seperti butylparaben, ethylparaben, methylparaben, dan proplyparaben.

Tetapi, beradasrkan penelitian zat satu ini bisa mengganggu fungsi hormon bahkan meningkatkan risiko kanker payudara jika digunakan secara terus menerus. Oleh karena itu, cobalah cari produk kecantikan berlabel paraben free yang tentunya aman untuk digunakan agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Nah, itulah beberapa bahan kosmetik yang berbahaya untuk kesehatan jika digunakan secara terus menerus. Alangkah baiknya menghindari pembelian produk yang memiliki kandungan tersebut agar kesehatan tubuh tetap terjaga nantinya.

Baca Juga:

Berita terkait
Risiko Mencabut Bulu Ketiak yang Harus Diwaspadai
Mencabut bulu ketiak mungkin telah menjadi hal yang sudah biasa dilakukan wanita. Namun, ini bisa menimbulkan risiko buruk terhadap kesehatan.
Kebiasaan Tak Disadari Bisa Bikin Badan Cepat Kurus
Mungkin banyak orang tidak tahu ternyata ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari bisa membuat badan cepat kurus dan ramping. Ini penjelasannya.
Cara Mudah Pakai Blush On Sesuai Bentuk Wajah
Blush on atau perona pipi bisa digunakan sesuai dengan bentuk wajah seseorang agar tampak lebih cantik. Berikut cara mengaplikasikannya.
0
Girls! 5 Bahan Kosmetik Ini Bahaya untuk Kesehatan
Kosmetik kini mudah didapatkan di mana pun. Bagi penggunanya harus jeli, karena bahan dasar kosmetik ada yang memiliki efek bahaya bagi tubuh.