UNTUK INDONESIA

5 Tips Menghilangkan Noda Gelap Bekas Jerawat di Wajah

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah cara memudarkan bintik hitam akibat jerawat dengan pengobatan rumahan dan produk yang dijual bebas:
Ilustrasi bekas jerawat. (Foto: Freepik)

Jakarta - Saat kulit sedang berjerawat, hampir setiap orang pasti menginginkan hal itu bisa segera menghilang dari wajah. Namun setelah jerawat tersebut hilang, kita akan menghadapi masalah baru yaitu noda bekas jerawat yang berwarna gelap.

Namun, sebelum menghilangkan bintik-bintik hitam tersebut, ada baiknya untuk memahami penyebabnya terlebih dahulu. Saat jerawat muncul di kulit, secara teknis itu adalah bentuk peradangan. Kemudian ketika peradangan tersebut sudah pulih dan sel kulit baru terbentuk, mungkin saja sel tersebut mengandung terlalu banyak melanin.

Melanin inilah yang memberi warna pada kulit. Ketika sel-sel tertentu memiliki lebih banyak melanin, hasilnya adalah bercak kulit yang lebih gelap. Ini disebut sebagai hiperpigmentasi pasca inflamasi.

Mengobati flek hitam akibat jerawat berbeda dengan mengobati bekas jerawat. Bekas luka sulit dihilangkan sepenuhnya. Meskipun memudar seiring waktu, biasanya tetap terlihat.

Sebaliknya, bintik-bintik hitam akibat jerawat rata di permukaan kulit. Mereka tidak menunjukkan kerusakan jangka panjang pada sel kulit, pori-pori, atau folikel.

Ini bisa memakan waktu cukup lama, tetapi bintik hitam cenderung menjadi lebih terang dari waktu ke waktu, dan akhirnya hilang seluruhnya. Diperlukan waktu sekitar 3 bulan hingga 2 tahun sampai itu menghilang secara total.

Meskipun begitu, bukan berarti Anda harus menunggu selamanya dengan harapan bintik hitam akan memudar. Terdapat beberapa cara pengobatan rumahan dan produk-produk yang dijual bebas yang dapat membantu memudarkan bintik hitam tersebut.

Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan sejumlah cara memudarkan bintik hitam akibat jerawat dengan pengobatan rumahan dan produk yang dijual bebas:

Wajah Tanpa Jerawat

Ilustrasi wajah tanpa bekas jerawat. (Foto: Freepik)

1. Vitamin C

Jus lemon kaya akan vitamin C yang dapat mencerahkan kulit, meratakan warna kulit dan menurunkan pembentukan melanin.

2. Lidah Buaya

Banyak orang menggunakan lidah buaya untuk menyembuhkan flek hitam akibat jerawat. Faktanya, lidah buaya memang obat alami yang luar biasa, terutama jika menyangkut kulit.

3. Ekstrak Biji Anggur

Tidak ada penelitian tentang penggunaan topikal ekstrak biji anggur untuk memudarkan noda hitam. Namun, ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa ekstrak biji anggur yang dikonsumsi secara oral selama 6 bulan bermanfaat bagi orang yang memiliki kondisi kulit melasma. Ini mirip dengan hiperpigmentasi pasca-inflamasi.

4. Perlindungan dari Matahari

Menurut riset, perawatan bintik hitam harus dimulai dengan rutinitas perlindungan matahari. Diharuskan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap harinya, terlepas dari cuaca hujan atau panas. Ini akan membantu mencegah lebih banyak kerusakan pada kulit Anda.

Selain beragam cara rumahan yang disebutkan di atas, ada juga perawatan dengan menggunakan produk yang dijual bebas. Cara ini bisa Anda lakukan apabila pengobatan rumahan tersebut tidak efektif di kulit.

Bahan-bahan ini menghentikan sintesis melanin di bintik-bintik hitam sekaligus mengelupas kulit lama dan mendorong pertumbuhan baru. Namun, beberapa produk memiliki risiko menghilangkan terlalu banyak pigmen dari kulit yang mengakibatkan hipopigmentasi.

Maka, disarankan untuk konsultasi dengan dokter kulit sebelum mencoba produk-produk untuk menghilangkan flek hitam akibat jerawat. Setelah menerima persetujuan dokter, Anda bisa cari produk yang mengandung campuran bahan-bahan berikut.

  • Retinoids (vitamin A)
  • Vitamin E (tocopherol)
  • Hydroquinone
  • Alpha hydroxy acids (AHA), contohnya seperti mandelic acid
  • Kojic acid
  • Azelaic acid

Namun, perlu diingat untuk berhati-hati saat menggunakan produk tertentu yang mengklaim dapat mengatasi flek hitam akibat jerawat. Salah satunya, beberapa produk ini mengandung bahan retinol yang kuat. Bahan-bahan ini bekerja dengan menipiskan lapisan kulit.

Meskipun hal itu dapat membuat kulit terasa lebih halus dan tampak lebih kencang, Anda lebih rentan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Selain itu, ingatlah bahwa tidak semua produk kosmetik diatur oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Beberapa kosmetik juga mengandung bahan berbahaya seperti merkuri, meskipun bahan tersebut tidak akan dituliskan pada label. Jadi harus berhati-hati dan bijaksana dalam memilih produk yang dibeli dari negara lain atau dijual secara online.

Jika merasa khawatir terhadap bintik hitam yang tidak kunjung memudar dan justru bertambah parah hingga memengaruhi kegiatan sehari-hari, disarankan untuk segera konsultasi ke dokter kulit.

Ini dimaksudkan agar dokter kulit dapat memberikan penjelasan lebih lengkap dan mungkin saran pengobatan terbaik yang cocok untuk kulit Anda. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
Tips Menghadapi Gempa Bumi Saat Mengemudi
Ketika seseorang mengemudi dan terjadi gempa, maka akan dirasakan sentakan tiba-tiba.
Tips Kulit Wajah Glowing dan Awet Muda dengan Acai Berry
Mengutip informasi dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkumkan 3 manfaat buah acai berry bagi kesehatan kulit wajah.
8 Tips Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Insomnia
Mengutip informasi dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkumkan 8 pengobatan rumahan untuk mengatasi insomnia.
0
5 Tips Menghilangkan Noda Gelap Bekas Jerawat di Wajah
Berikut Tagar rangkumkan sejumlah cara memudarkan bintik hitam akibat jerawat dengan pengobatan rumahan dan produk yang dijual bebas: