UNTUK INDONESIA

Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah

Mengutip informasi dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkumkan sejumlah manfaat dari jambu biji untuk kesehatan dan kecantikan kulit.
Ilustrasi Jambu Biji. (Foto: Freepik)

Jakarta - Jambu biji (Psidium guajava) merupakan buah yang mengandung segudang manfaat bagi tubuh. Buah ini mengandung serat yang tinggi, nutrisi, rendah kalori, dan vitamin.

Tidak hanya baik untuk kesehatan, jambu biji juga bagus untuk perawatan kulit karena banyak mengandung vitamin A, B, C, dan antioksidan. Karena hal ini jambu biji seringkali digunakan untuk produk kecantikan.

Mengutip informasi dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkumkan sejumlah manfaat dari jambu biji untuk kesehatan dan kecantikan kulit:

Ilustrasi Jambu BijiIlustrasi Jambu Biji. (Foto: Pixabay/6437364)

1. Mencerahkan Kulit

Jambu biji dapat memperbaiki kulit dan membantu meningkatkan warna kulit. Tidak hanya buahnya saja, daun jambu biji juga dapat membantu mengeluarkan sel kulit mati.

Hal ini karena pada daun jambu biji mengandung antioksidan dan zat lain yang membantu menumpas bakteri, dan menjadikan kulit lebih sehat, halus, dan mencerahkan kulit.

Caranya dengan mencampurkan beberapa daun jambu biji dengan sedikit kunyit dan air mawar. Oleskan campuran ini ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

2. Mengatasi Komedo

Manfaat lain dari daun jambu biji, yakni dapat mengatasi komedo. Anda bisa mengambil beberapa helai daun, lalu tumbuk daun tersebut. Setelah itu campurkan tumbukan daun jambu biji dengan sedikit air dan oleskan ke hidung.

Selain itu, Anda juga bisa campurkan air rebusan daun jambu biji dengan sedikit kunyit. Kemudian oleskan ke wajah dan gosok perlahan, lalu cuci wajah hingga bersih.

3. Memperlambat Penuaan Dini

Salah satu penyebab penuaan dini adalah paparan sinar matahari. Jambu biji mengandung vitamin A, B, C dan potassium yang merupakan antioksidan yang baik dan berperan sebai pendetoks tubuh.

Kandungan tersebut juga dapat melawan radikal bebas, menunda keriput, garis-garis halus, dan tanda penuaan dini. Anda bisa merebus daun jambu biji, lalu air rebusan tersebut digunakan untuk mencuci dan membasuh wajah.

4. Melembabkan Kulit

Jambu biji merupakan sumber air dengan 81 persen dari buahnya terdiri dari air yang tak hanya memberikan kelembapan tetapi juga meproduksi dan menciptakan sel-sel baru kulit. []

(Cherryn Lagustya)

Berita terkait
9 Manfaat Masker Yogurt untuk Kecantikan Kulit Wajah
Berikut Tagar rangkumkan 9 manfaat masker yogurt untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah.
Lima Kebiasaan yang Dapat Memicu Kerusakan Kulit Wajah
Berikut ini Tagar rangkumkan sederet kebiasaan yang menjadi penyebab kerusakan pada kulit wajah.
Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah
Berikut Tagar rangkumkan lima 5 manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah.
0
Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah
Mengutip informasi dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkumkan sejumlah manfaat dari jambu biji untuk kesehatan dan kecantikan kulit.