UNTUK INDONESIA

Punya Kantung Mata Hitam? Ini Penyebabnya

Kantung mata hitam bisa disebabkan oleh terlalu banyak bersenang-senang hingga larut malam atau stres.
Ilustrasi kantung mata hitam. (Foto: Freepik)

Jakarta - Dalam hidup tiap orang, pasti pernah mengalami masa-masa memiliki mata panda alias kantung mata yang menghitam. Bahkan mungkin sebagian orang masih berjuang menghilangkan mata panda tersebut dari wajah. Biasanya, kantung mata hitam dikarenakan kurangnya waktu tidur.

Hal ini bisa disebabkan oleh terlalu banyak bersenang-senang hingga larut malam, stres karena banyak urusan yang harus dikerjakan, atau persoalan sepele seperti menonton serial drama yang tidak selesai-selesai.

Dengan munculnya lingkaran hitam di bawah mata, itu berarti tanda bahwa sudah seharusnya Anda untuk memprioritaskan tubuh agar segera beristirahat.

Meskipun kini sudah banyak dijual krim untuk kantung mata, akan lebih baik untuk mengatur jadwal tidur atau bahkan menambah jam istirahat (jika memungkinkan) untuk menghapus fitur mata panda tersebut.

Mengutip informasi dari laman Healthdigest, Mayo Clinic mengatakan bahwa lingkaran hitam yang tiba-tiba muncul di bawah mata biasanya disebabkan oleh kelelahan.

Terkadang lingkaran hitam ini merupakan sebuah ilusi yang disebabkan oleh bayangan yang muncul dari kelopak mata yang bengkak.

Dengan tidak memiliki cukup waktu untuk tidur, bisa mengakibatkan cairan menumpuk di bawah kelopak mata dan membuatnya bengkak hingga mulai membentuk bayangan.

Selain itu, Mayo Clinic juga berbagi penyebab lain dari munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Penyebab tersebut bisa dari alergi, eksim, pigmen kulit yang tidak teratur, dan paparan sinar matahari. Faktor genetik pun juga bisa mempengaruhi.

"Area bawah mata adalah salah satu area yang lebih tipis dan mudah diabaikan dalam perawatan kulit dasar. Ada komponen genetik yang kuat pada lingkaran hitam, yang di luar kendali manusia," kata Paul Jarrod Frank, dokter kulit kosmetik di Kota New York, Amerika Serikat.

Penyebab lain dari mata panda adalah tanda penuaan yang terjadi secara alami. Seiring bertambahnya usia, kulit akan menjadi lebih tipis. Lemak dan kolagen yang dibutuhkan untuk menjaga elastisitas kulit dapat berkurang seiring berjalannya waktu.

Saat hal tersebut terjadi, pembuluh darah gelap di bawah kulit akan lebih terlihat dan mulai membuat area di bawah mata menjadi gelap.

Jadi, entah itu karena kurang tidur, faktor genetik, atau hanya proses penuaan alami, lingkaran hitam ini bukan tanda dari adanya kondisi kesehatan yang mengkhawatirkan.

Untuk mencegah atau menghilangkannya tanpa bantuan krim apa pun, disarankan untuk memiliki cukup waktu tidur. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
Sering Begadang? Ini Cara Ampuh Hilangkan Kantung Mata Wanita
Bagi wanita memiliki kantung mata yang besar dan agak kehitaman merupakan masalah yang sangat menjengkelkan.
Tips Menggunakan Eyeliner Sesuai Bentuk Mata
Namun, perlu diketahui, memakai eyeliner tidak bisa sembarangan, harus disesuaikan dengan bentuk mata.
Manfaat Positif dan Negatif Jus Seledri untuk Kesehatan
Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan beberapa manfaat positif dan negatif jus seledri untuk kesehatan tubuh.
0
Hotman Paris Beri Saran ke Pemerintah Cara Mempercepat Vaksinasi
Hotman Paris Hutapea memberikan solusi kepada pemerintah untuk memperlancar proses impor vaksin Covid-19 kepada masyarakat Indonesia.