Cara Penggunaan Gua Sha untuk Mengurangi Bengkak pada Wajah

Gua Sha dapat membantu tubuh kita mengedarkan darah lebih efektif yang dapat mengurangi peradangan dan ketegangan pada otot.
Ilustrasi penggunaan Gua Sha pada wajah. (Foto: Tagar/iStockphoto)

Jakarta - Peningkatan stres berakibat nyeri otot atau sakit kepala parah di tubuh. Banyak diantaranya memilih mengkonsumsi obat-obat pereda nyeri atau paracetamol. Padahal jika mengkonsumsi terlalu sering dapat merusak ginjal. Ada salah satu teknik yang direkomendasikan dan sering digunakan dalam akupunktur yaitu penggunaaan Gua Sha.

Gua sha adalah alat lempengan pengobatan tradisional Cina yang berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah, membantu mengurangi bengkak pada wajah, dan aliran limfatik di tubuh. Meskipun bisa menggunakan tanduk tradisional (Tanduk Kerbau Scraping Plate) atau sendok porselen, batu giok yang dingin dan lembut di kulit yang paling sering digunakan.

Gua Sha digunakan pada tubuh untuk meredakan nyeri, ketegangan, kekakuan, demam dan menggigil, Gerakan menggores di sepanjang kulit menimbulkan petekie ringan dan kemerahan karena pelepasan dan pergerakan darah terjadi di bawah kulit. Kemerahan pada tubuh itu dapat bertahan beberapa jam hingga beberapa hari tergantung pada tingkat keparahan dan kronisitas kondisi yang sedang dirawat.

Gua Sha dapat membantu tubuh kita mengedarkan darah lebih efektif yang dapat mengurangi peradangan dan ketegangan pada otot serta membantu pada sistem limfatik atau sistem getah bening. Jadi jika Anda tidak berolahraga secara teratur, sistem limfatik bisa menjadi lamban dan bekerja kurang optimal. Ketika getah bening bersirkulasi dan mengalir seperti seharusnya pengguna Gua Sha akan melihat pengurangan peradangan dan peningkatan kemampuan tubuh untuk mengeluarkan cairan dan racun yang menumpuk di daerah itu.

Seorang akupunturis, Julie Shillabeer R.Ac, memberikan tata cara pemakaian Gua Sha pada wajah. Dia menggunakan dua buah Gua Sha dalam sekali praktik yang dapat kalian tiru sebagai berikut.

1. Oleskan minyak oil pada seluruh wajah hingga leher agar kulit tidak perih dan tergores saat batu bersentuhan dengan kulit.

2. Pijat perlahan wajah dan leher agar minyak oil teraplikasikan merata.

3. Gunakan sisi Gua Sha yang panjang dan melengkung ke dalam, tarik dari leher bawah ke atas sampai tulang rahang sebanyak 5 kali.

4. Gunakan sisi yang membetuk dua punggungan di atas, tarik antara tulang rahang dari tengah ke luar menuju telinga sebanyak 3-4 kali.

5. Lanjutkan dengan memijat pada bagian samping leher yang sejajar dengan telinga. Lakukan gerakan memutar tanpa memindahkan posisi Gua Sha dengan 2 arah putaran berbeda masing-masing sebanyak 5 kali putaran.

6. Gunakan sisi Gua Sha yang panjang dan melengkung ke dalam untuk memijat dari garis senyuman atau samping bibir ke tulang pipi. Pertama, lakukan dari bawah ke atas menghadap hidung (gerakan ke dalam). Kedua, menghadap pipi (gerakan ke luar). Masing-masing dilakukan sebanyak 3 kali.

7. Gunakan bagian bawah Gua Sha yang satu punggungan, pijat dari atas tulang rahang ke tulang pipi sebanyak 3-5 kali.

8. Lanjutkan dengan memijat melingkari bibir sebanyak 3-5 kali.

9. Gunakan bagian 2 punggungan untuk memijat tulang pipi dari luar hidung sepanjang pipi ke arah pelipis sebanyak 3-5 kali.

10. Gunakan bagian bawah Gua Sha yang membentuk satu punggungan, pijat melingkari mata dan alis sebanyak 3-5 kali.

11. Lanjutkan dengan memijat di antara alis dari sisi ke sisi dan atas-bawah.

12. Gunakan bagian dua punggungan, pijat dari area luar alis ke arah kulit kepala di sepanjang pelipis sebanyak 3-5 kali.

13. Gunakan bagian Gua Sha yang melengkung ke dalam untuk memijat dahi atas-bawah dan sisi ke sisi sebanyak 3-5 kali.

14. Terakhir, gunakan bagian bawah Gua Sha yang satu punggungan untuk memijit dari kulit kepala dekat pelipis hingga atas kepala.

(Sekar Aqillah Indraswari)


Baca Juga









Berita terkait
7 Kesalahan Ini Dapat Memperbesar Pori-Pori Kulit Wajah
Kita bisa mengatur kebiasaan sehari-hari yang menyumbat pori-pori dan menimbulkan komedo.
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah Di Kulit Wajah
Memang jerawat cepat hilang tetapi bekas jerawat akan terus berada di kulit lebih lama dibanding jerawat itu sendiri.
Tips Cantik yang Masih Dipercaya, Bahaya bagi Kulit Wajah
Memiliki kulit cantik pasti sangat diidam-idamkan oleh kaum hawa. Tak heran, berbagai tips kecantikan bisa dengan mudah didapatkan di internet.
0
Cara Penggunaan Gua Sha untuk Mengurangi Bengkak pada Wajah
Gua Sha dapat membantu tubuh kita mengedarkan darah lebih efektif yang dapat mengurangi peradangan dan ketegangan pada otot.