Cara Membersihkan Make Up dengan Benar

Sebagian orang hanya suka memakai make up dan hannya sedikit yang suka membersihkannya dengan benar. Berikut cara membersihkan make up.
Ilustrasi - Membersihkan make up. (Foto: Tagar/Dok SehatQ)

Jakarta - Memakai make up tentu sudah menjadi kebiasaan bagi sebagain orang, tapi sebagian hanya suka gunakan make up tanpa membersihkannya dengan benar dan berakibat pada timbulnya jerawat di wajah. 

Banyak orang berpikir bahwa menggunakan make up remover saja sudah cukup untuk menghilangkan make up. Padahal, sisa make up masih dapat tertinggal di pori-pori kulit, terutama bila Anda tidak membersihkan make up dengan cara yang tepat. Berikut cara membersihkan make up dengan benar.


1. Membersihkan area mata 

Make up mata umumnya lebih sulit dibersihkan, khususnya bila Anda menggunakan maskara dan eyeliner tahan air. Kulit mata juga lebih tipis dan sensitif, jadi Anda tidak disarankan membersihkan area ini dengan cara menggosoknya. Untuk membersihkan make up mata, ikuti langkah di bawah ini.

  • Basahi kapas dengan make up remover berbahan minyak.
  • Tempelkan kapas pada mata selama 20 detik agar make up terserap.
  • Usap make up ke arah bawah mata dengan lembut.
  • Balik kapas, lalu gunakan bagian kapas yang bersih untuk membersihkan kelopak mata. Usap lembut ke arah atas.
  • Baca Juga: Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah


2. Membersihkan seluruh foundation

Setelah menghilangkan make up mata, Anda juga perlu membersihkan seluruh foundation pada wajah dengan cara yang benar. Ambil krim pembersih seujung jari, lalu tempelkan pada seluruh wajah Anda secara merata. Pijat lembut selama 45 detik.

Basahi spons, kain bersih, atau bola kapas dengan sedikit air hangat. Setelah itu, usapkan pada seluruh permukaan dahi, pipi, dan dagu hingga rata. Usapkan dengan gerakan memutar secara perlahan hingga wajah bersih dari seluruh make up dan krim.


3. Bersihkan bibir

Beberapa jenis lipstik bersifat tahan air sehingga lebih sulit dibersihkan. Oleh sebab itu, Anda perlu menggunakan make up remover ataupun krim pembersih berbahan minyak.

Anda juga bisa menggunakan petroleum jelly atau makeup remover alami seperti minyak kelapa untuk membersihkan lipstik seperti ini. Untuk membersihkan riasan pada area bibir Anda.


4. Mencuci muka untuk membersihkan sisa minyak

Walaupun Anda telah menghapus make up dengan cara yang benar, krim pembersih dan minyak yang tersisa pada wajah dapat menyumbat pori-pori. Jadi, pastikan Anda mencuci muka untuk membersihkan sisa krim dan minyak pada wajah. []


Berita terkait
Cara Menghilangkan Garis Senyum Agar Wajah Tampak Mulus
Garis senyum biasanya muncul begitu seseorang menginjak usia paruh baya. Untuk mencegahnya, Berikut caranya.
Cara Mengurangi Lemak Berlebih di Wajah
Penumpukan lemak di wajah disebabkan oleh kenaikan berat badan yang berlebihan.
Manfaat Tidur Menggunakan Masker Wajah
Perawatan wajah dengan masker wajah semalam juga cocok dirangkaikan dengan pelembab malam hari.
0
Cara Membersihkan Make Up dengan Benar
Sebagian orang hanya suka memakai make up dan hannya sedikit yang suka membersihkannya dengan benar. Berikut cara membersihkan make up.