UNTUK INDONESIA
CIMB Niaga Syariah Bukukan Laba Rp 536 Miliar
CIMB Niaga Syariah melalui Unit Usaha Syariah (UUS) membukukan perolehan laba sebesar Rp 536,38 miliar pada semester pertama tahun 2019
Direktur Syariah Bangking CIMB Niaga Panji P. Djajanegara di Makassar, Rabu 21 Agustus 2019. (Foto: Tagar/Aan Febriansyah)

Makassar - CIMB Niaga Syariah melalui Unit Usaha Syariah (UUS) membukukan perolehan laba sebesar Rp 536,38 miliar pada semester pertama tahun 2019, pendapatan ini naik sebanyak 64,0%. Pertumbuhan laba tersebut utamanya di kontribusi oleh pemyaluran pembiayaan yang meningkat dan sistem bagi hasil.

“Alhamdulillah, perbankan Syariah kini sudah menjadi salah satu alternatif utama bagi masyarakat untuk memenuhi beragam kebutuhan finansial mereka agar sesuai prinsip Syariah,” kata Direktur Syariah Bangking CIMB Niaga Panji P. Djajanegara di Makassar, Rabu 21 Agustus 2019.

Panji mengatakan, konsistensi CIMB Niaga Syariah dalam meraih kinerja positif tersebut menunjukkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan produk-produk Syariah yang mulai tumbuh. Hal ini lanjut Dia sejalan dengan inisiatif Syariah First dan program edukasi yang terus dilakukan.

Ia juga menjelaskan, pada enam bulan pertama tahun 2019 pembiayaan CIMB Noaga Syariah tumbuh 31,6% menjadi Rp 27,96 triliun yang ditopang dari segmen business bangking sebesar Rp 16,33 triliun dan Consumer Bangking Rp 11,63 triliun.

“Di segmen pembiayaan Consumer, saat ini kami juga tengah mengenjot personal financing syariah X-Tra Dana iB sebagai alternatif bagi nasabah untuk membiayai beragam kebutuhan personal,” ujarnya.

Pada saat yang sama lanjut Panji, penyaluran pembiayaan di imbangi dengan kemampuan CIMB Niaga Syariah dalam menjaga kualitas pembiayaan. Per 30 Juni 2019, non-performing financing (NPF) gross dan net dapat dijaga masing-masing pada level 1,22 % dan 0,52 %.

“Dari sisi pendanaan, per 30 Juni 2019 CIMB Niaga Syariah berhasil menghimpun dana pihak ketiga (DPK) sebesar Rp 27,17 triliun atau tumbuh 37,6% dibandingkan periode yang sama di 2018,” kata Panji.

Dengan realisasi kinerja tersebut, pada semester I 2019 CIMB Niaga Syariah dapat menambah aset menjadi Rp 38,22 triliun atau naik 56,9%. Raihan tersebut berkontribusi 14,06% terhadap total aset induk usaha dan sekaligus menempatkan CIMB Niaga sebagai bank syariah dengan aset terbesar keempat di Indonesia. []

Baca juga:

Berita terkait
Video: DPRD Kota Makassar Tersandung Kasus Narkoba
Seorang oknum calon legislatif (caleg) terpilih DPRD Makassar 2019, tersandung kasus peredaran dan penyalahgunaan narkoba.
Legislator Makassar yang Ditangkap, Putra Legend PSM
Politikus muda. RTQ, calon legislatif terpilih DPRD kota Makassar yang ditangkap polisi ternyata anak mantan legenda PSM Makassar.
Positif Narkoba, Anggota DPRD Makassar Terancam Dipecat
Status RTQ sebagai Calon Legislatif (Caleg) terpilih DPRD Kota Makassar 2019-2024, kini diujung tanduk. Ia terancam dipecat oleh partainya.
0
Ikut Kemah, Pelajar Pematangsiantar Tewas di Danau Toba
Putri Sinambela, 16 tahun, seorang pelajar asal Kota Pematangsiantar ditemukan tewas di perairan Danau Toba.