Cara Mengatasi Rambut Kering yang Benar

Rambut menjadi salah satu bagian dari tubuh untuk menunjang penampilan maka dari itu penting menjaga kesehatannya. Berikut atasi rambut kering.
Ilustrasi - Rambut kering. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Rambut menjadi salah satu bagian dari tubuh untuk menunjang penampilan. Maka dari itu, penting menjaga kesehatan rambut agar senantiasa indah dan mudah diatur. Seperti layaknya kulit wajah, rambut juga memiliki jenis berbeda-beda, salah satunya rambut kering.

Rambut yang kering pada dasarnya kurang produksi minyak untuk membuatnya tetap lembap. Kondisi tersebut, membuat lapisan luar rambut mengelupas sehingga rambut terlihat kering dan kusam.

Banyak faktor yang dapat membuat rambut kering seperti polusi, kotoran, hingga cuaca panas dapat membuat rambut menjadi kering. Paparan sinar matahari yang ekstrem merupakan salah satu penyebab rambut kering yang utama. Berikut cara merawat rambut kering.

Hindari kebiasaan mencuci rambut terlalu sering, untuk memperbaiki rambut kering, Anda disarankan untuk mencuci rambut cukup 2 hari sekali atau setiap kali rambut terasa berminyak dan lepek. 

Saat mencuci rambut, gunakan sampo dan kondisioner dengan kandungan dimethicone, zinc pyrithione, dan guar hydroxypropyltrimonium chloride.

Pakai masker rambut, untuk menutrisi rambut dan kulit kepala, Anda bisa gunakan masker rambut dengan bahan-bahan alami, seperti minyak zaitun, lidah buaya, atau minyak kelapa. Bahan-bahan ini bisa membuat rambut menjadi lebih lembut dan melembapkan rambut yang kering.

Jangan sering terpapar panas, hindari terlalu sering melakukan penataan rambut yang menggunakan suhu panas, misalnya dengan pengering, pengeriting, atau pelurus rambut.

Lindungi rambut dari sinar matahari, untuk mencegah terjadinya rambut kering, sebaiknya hindari kebiasaan berjemur terlalu lama di bawah terik matahari. Apabila harus melakukan aktivitas di bawah sinar UV, biasakan untuk mengenakan pelindung rambut, seperti topi atau payung.

Hindari pemakaian produk rambut yang berbahan kimia keras, rambut juga bisa kering karena terlalu sering terpapar bahan kimia keras, seperti alkohol, pewangi, atau pewarna. 

Oleh karena itu, Anda perlu cermat dalam memiliki produk perawatan rambut. Hindarilah produk rambut yang mengandung isopropyl alcohol, propyl alcohol, propanol atau SD alcohol 40.

Bila kondisi rambut kering tidak juga membaik meski telah melakukan cara-cara di atas atau muncul keluhan lain, seperti rambut rontok, kebotakan, atau tubuh cepat lelah, sebaiknya konsultasikan ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

(Azzahrah Dzakiyah Nur Azizah)

Berita terkait
6 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami di Rumah
Kebanyakan perempuan meluruskan rambutnya menggunaan alat penata rambut seperti catokan rambut yang bisa menyebabkan kerusakan.
9 Cara Alami Menumbuhkan untuk Rambut
Rambut yang tebal dan panjang adalah rambut yang banyak diinginkan orang. Ada banyak faktor yang berkontribusi terhadap pertumbuhan rambut.
Mengenal Manfaat Alpukat untuk Rambut
Tak hanya bermafaat untuk kesehatan tubuh manusia, tapi alpukat juga bermanfaat kesehatan rambut. Berikut manfaat buah alpukat.
0
Surya Paloh Sebut Nasdem Tidak Membajak Ganjar Pranowo
Bagi Nasdem, calon pemimpin tak harus dari internal partai. Ganjar Pranowo kader PDIP itu baik, harus didukung. Tidak ada membajak. Surya Paloh.