Mengenal Manfaat Alpukat untuk Rambut

Tak hanya bermafaat untuk kesehatan tubuh manusia, tapi alpukat juga bermanfaat kesehatan rambut. Berikut manfaat buah alpukat.
Ilustrasi - Manfaat alpukat untuk rambut. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Tak hanya bermafaat untuk kesehatan tubuh manusia, tapi alpukat juga bermanfaat rambut karena memiliki kandungan yang cukup bagus untuk merawat rambut kita. 

Minyak alami dan vitamin dalam alpukat menjadikan bahan alami yang hebat sehingga mampu mengatasi rambut yang kering atau rusak dan membuat rambut makin berkilau. Berikut manfaat alpukat untuk rambut.


1. Menyehatkan rambut

Buah ini kaya akan protein serta vitamin B, yang merupakan vitamin penting untuk kesehatan rambut yang optimal. Dengan kandungan ini, bersama dengan lemak baik serta vitamin E mampu merawat rambut dengan baik dan benar sekaligus membuat rambut semakin kuat, sehat, dan lembut.


2. Kondisioner alami

Buah alpukat dapat dijadikan kondisioner yang efektif untuk rambut kering, alpukat memiliki kandungan minyak alami sehingga mampu merawat rambut dengan baik dan benar.

Anda juga bisa membuat alpukat menjadi kondisioner alami dengan cara menghancurkan daging buah alpukat, kemudian mengaplikasikannya pada batang rambut mulai dari pangkal hingga ujung.


3. Melembapkan rambut

Alpukat memiliki fungsi untuk melembapkan rambut, buah ini memiliki kandungan minyak yang mampu membantu menembus kutikula dan menghaluskan rambut. 

Selain itu, alpukat dipercaya mampu membantu rambut untuk mendapatkan kelembapannya kembali di saat rambut terpapar polusi yang membuat rambut menjadi kering dan rapuh.


4. Mampu mencegah ketombe

Kandungan minyak pada alpukat bila digunakan secara konsisten pada rambut ketombe, mampu membantu menghilangkannya secara permanen. Buah ini dikenal kaya akan asam amino dan vitamin yang membantu menenangkan dan meningkatkan kesehatan kulit kepala.


5. Melindungi dari sinar matahari

Alpukat juga dikenal dengan ketahanannya terhadap sinar matahari secara alami. Mereka memiliki tindakan sebagai penghalang alami dan mampu membantu melindungi rambut dari terpaparnya sinar UV yang berbahaya untuk rambut, serta bertindak sebagai tabir surya untuk rambut.


6. Membuat rambut lebih berkilau

Manfaat buah ini untuk rambut bisa diperoleh dari minyaknya. Salah satu manfaat minyak alpukat untuk rambut ialah membuat penampilan rambut makin berkilau. Buah ini juga memiliki kandungan mineral yang dapat membantu menutup celah-celah sel kutikula sehingga rambut diyakini lebih lembut dan bersinar.


8. Meningkatkan pertumbuhan dan mencegah kerontokan rambut

Alpukat kaya akan vitamin B dan E yang mampu mengatasi kerontokan rambut. Alpukat membantu melindungi kulit kepala, membalikkan kerusakan yang disebabkannya sambil meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat rambut menjadi lebih halus. []

Berita terkait
5 Bahan Rumahan untuk Atasi Rambut Susah Diatur
Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan 5 bahan yang dapat membantu memperbaiki rambut yang sulit diatur.
Siklus Hidup Kutu Rambut dan Cara Ampuh Membasminya
Kutu kepala memiliki tiga tahapan yakni, telur, nimfe, dan dewasa yang berlangsung sekitar tiga minggu.
Tips Memilih Sampo dengan Bahan Sesuai Jenis Rambut
Berikut tips memilih bahan-bahan dalam sampo yang dibutuhkan oleh jenis rambut tertentu, yang dirangkum Tagar dari laman Healthline.
0
Mengenal Manfaat Alpukat untuk Rambut
Tak hanya bermafaat untuk kesehatan tubuh manusia, tapi alpukat juga bermanfaat kesehatan rambut. Berikut manfaat buah alpukat.